PERAN MEDIASI KEPUASAN KONSUMEN PADA DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG WEDANG UWUH HALAL

  • Dwi Karti Handayani
  • Lukia Zuraida
Keywords: Trust, Satisfaction, Repurchases Decision, Quality

Abstract

A brand trust that has been highly expected by consumers indicates the brand
image of the product is also high, thus moving consumers to make a purchase of
a product. The research method used in this study is quantitative with a cross
sectional design. The sampling technique in this study used convenience side
techniques with 100 respondents. The data collection method used a closed
questionnaire and the analysis technique used is PLS. The results showed that
product quality has a positive effect on customer satisfaction and repurchase
decision. Brand trust has a positive effects on customer satisfaction but has no
effect on repurchase decision. Consumer satisfaction has a positive effect on
repurchase decision. Consumer satisfaction mediates product quality and brand
trust on the repurchases decision of wedang uwuh halal.

Author Biographies

Dwi Karti Handayani

Alumnus Prodi Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

Lukia Zuraida

Prodi Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

References

Amalia. A.Z.. Waluyo. H.D.. Dewi. R.S. (2014). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Kartu GSM Prabayar Simpati (Studi Kasus Pada Konsumen Kecamatan Pedurungan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 3. 45–56.
Ghozali. I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali. I. Latan. H. (2014). Partial Least Squares Konsep. Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program PLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Handayani. V. (2015). Pengaruh Citra Merek. dan Kepercayaan merek Terhadap Niat Beli Konsumen di Outlet Pizza Hut Delivery Delta Sari Waru. Sidoarjo 18.
Hidayat. R. (2015). Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Lampi Philips (Studi Kasus pada Mahasiswa Telkom University). Ecodemica 3. 6.
Jahanshahi. A.A. Gashti. M.A.H.. Mirdamadi. S.A.. Nawaser. K. Khaksar. S.M.S. (2011). Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humanities and Social Science 1. 8.
Khoerunnisa. T.. Puspaningrum. A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Agama. Logo Halal. Pemaparan. dan Alasan Kesehatan terhadap Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian Makanan Halal pada Penduduk Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis 21. 10.
Koto. D.K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk. Harga. Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Star Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Medan. Skripsi Univesitas Sumatera Utara. Medan.
Laely. N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen 3. 14.
Mahendra. K.P., Indriyani. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. AGORA 7.
Nugrahanto. N.F.R., Farida. N. Listyorini. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Yamaha Vixion PT. Mataram Sakti Setiabudi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 4. 178–185.
Putro. S.W., Samuel. H., Brahmana. R.K.M.R. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran 2. 1–9.
Sandi. A.S.P., Rahmawanto. D., Marsudi. (2011). Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berenergi. Jurnal Manajemen Bisnis 1. 9.
Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.
Supriyadi. S., Marlien. M. (2015). Analisis Kepercayaan. Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi pada Kreditur Pd. Bkk Dempet Kota Kabupaten Demak). in: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2015. Presented at the Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2015. Universitas Stikubank.
Tjiptono. F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi. Yogyakarta.
Yafie. A.S., Suharyono. Abdillah. Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 35. 9.
Yusuf. N. (2014). Strategi Membanggun Nilai Jasa Dan Kepercayaan Pelanggan. Deepublish. Yogyakarta.
Published
2021-01-25
How to Cite
Handayani, D., & Zuraida, L. (2021). PERAN MEDIASI KEPUASAN KONSUMEN PADA DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG WEDANG UWUH HALAL. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 29(1), 30-42. https://doi.org/10.32477/jkb.v29i1.236