PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND EXPERIENCE, DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Studi Empiris Kopi Janji Jiwa Magelang

Authors

  • Nova Resmita Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Diesyana Ajeng Pramesti universitas muhammadiyah magelang

DOI:

https://doi.org/10.32477/jkb.v32i1.846

Keywords:

Brand Awareness, Brand Experience, Brand Personality, Purchase Interest, Purchase Decision

Abstract

The purpose of this research is to see how brand awareness, experience with the brand, and brand personality influence purchasing decisions with purchase intention as a mediating variable. The general public who have purchased Kopi Janji Jiwa products are the subjects of this study. Using a purposive sampling method consisting of 105 respondents. Multiple linear regression was used in conjunction with the SPSS version 25.0 program. This study shows that purchasing interest is not influenced by brand awareness; Purchase interest is influenced by brand experience and brand personality; purchasing decisions are influenced by brand awareness; purchasing decisions are not influenced by brand experience and brand personality; and purchase interest does not mediate the influence of brand awareness, brand experience, and brand personality.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviororganizational Behavior and Human Decision Processes (50(2)).

Amanah, R. H., & Damastuti, R. (2022). Pengaruh Brand Personality terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Produk Kosmetik Somethinc.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. 4.

Ayu Paramita, Hapzi Ali, & Fransiskus Dwikoco. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Chanaya, N. (2020). Pengaruh Brand Experience dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Wedding Organizer Perfect Moment. Agora, 8(1), Article 1.

Fahlevie, R. A. N., & Fikry, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kredibilitas Serta Brand Personality Terhadap Keputusan Pembelian Garnier Men Facial Wash di Kota Samarinda. 10(2).

Fitriany, F., & Amijaya Kamaluddin, L. O. (2022). Pengaruh Korean Wave Brand Ambassador dan Brand Personality Terhadap Minat Beli Produk Laneige Pada Wanita Generasi Milenial di Kota Makassar. Nobel Management Review, 3(1), 39–51.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IMB SPSS 21 Uptade PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, 8, VIII.Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayati, R. & Dahrani. (2022). Pengaruh Brand Awareness terhadap Minat Beli Konsumen pada Sova Kopi. 3(2).

Hidayati, N., Gita Ginting, & Kurniawati. (2022). Pengaruh Relationship Quality, Brand Experience dan Desain Produk Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Produk Peralatan Rumah Tangga. 7(1).

Indah, K., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Nusantara Sakti di Kota Semarang).

Jogiyanto. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Edisi 6 (6 ed.). Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Kasman, K., & Amirulmukminin, A. (2021). Pengaruh Brand Personality Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Busana Az-Zahra Kabupaten Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), Article 5.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1 (13 ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2016). Marketing Managemen. 15 Edition (15 ed.). Pearson Education Limited.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25.

Meme, R., & Byre, R. O. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Oleh Minat Beli Konsumen Roxy Swalayan Ende. ANALISIS, 10(2), 1–13.

Naibaho, A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Brand Personality Terhadap Minat Beli Produk Body Mist (Studi pada The Body Shop di Trans Studio Mall Bandung).

Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44–57.

Pamungkas, A., & Pramesti, D. A. (2021). Pengaruh Atmosfir Store, Brand Identity, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Mediasi Minat Beli (Studi Empiris Pada Kedai Kopi Janji Jiwa). Borobudur Management Review, 1(1), 12-31.

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298.

Salsabiela, F. H., Listyorini, S., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Pemilihan Brand Ambassador dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Konsumen Kopi Lain Hati Wonosobo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 504–513.

Saputra, A. R., Nursanti, A., & Musfar, T. F. (2022). Pengaruh Brand Experience dan Product Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Pada Produk Sepeda Motor Honda di Kota Pekanbaru. 9.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis, 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alvabeta, CV.

Triningsih, M. T. (2017). Pengaruh Brand Personality Tupperware Terhadap Minat Beli Masyarakat Purworejo. Jurnal Ilmu Pendidikan Ekonomi, 1(2), 25-28.

Yucha, N., & Safitri, S. N. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran, Suasana Kafe dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian di Intano Coffee Shop and Roastery Krian. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 3(1), 180.

Downloads

Published

25-01-2024

How to Cite

Resmita , N., & Ajeng Pramesti, D. (2024). PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND EXPERIENCE, DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI: Studi Empiris Kopi Janji Jiwa Magelang. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 32(1). https://doi.org/10.32477/jkb.v32i1.846