PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI DESA WISATA TLATAR KANDANGAN
Keywords:
Strategi Pemasaran, Pelatihan, Teknologi Digital, Produk Lokal, Desa Wisata.Abstract
Strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Salah satu alasan mengapa strategi pemasaran penting agar dapat meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran yang baik dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan. Dengan menargetkan pasar yang tepat dan menyampaikan pesan yang persuasif, dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Desa Wisata Tlatar Kandangan merupakan desa yang terletak di Kabupaten Sleman, salah satu komoditas hasil pertanian adalah buah salak dan beberapa produk olahan dari buah salak, untuk itu perlu strategi pemasaran dalam penjualan produk-produk tersebut dengan memanfaatkan teknologi digital. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, dosen memberikan beberapa pelatihan strategi pemasaran untuk Ibu-Ibu PKK di Desa Wisata Tlatar Kandangan, dengan tujuan agar penjualan hasil komoditas dan produk olahan dapat terus meningkat. UNMAHA telah bermitra dengan Desa Wisata Tlatar Kandangan dalam kegiatan tri dharma, salah satu kegiatan yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Suasana Desa Wisata Tlatar Kandangan yang sejuk dan asri dengan pemandangan khas dataran tinggi dikelilingi tanaman salak menambah keindahan desa tersebut. Untuk itu diperlukan pendampingan dalam rangka pengembangan potensi di Desa Wista Tlatar Kandangan, salah satunya pengembangan produk hasil olahan masyarakat setempat.
References
[1] ZZ Noor, Strategi Pemasaran. 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZHBREQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=strategi+pemasaran+dan+prinsipnya&ots=5IT4-3RHLj&sig=xuZ6_ndZ6QxhotzY_yxeVHp7o4g&redir_esc=y#v=onepage&q=strategi pemasaran dan prinsipnya&f=false
[2] D. Rahmawati Anwar, M. Lutfi Uluelang, and R. Amalia, “YUME : Journal of Management Perencanaan Manajemen Keuangan Berbasis Syariah Pada Koperasi,” YUME J. Manag., vol. 7, no. 2, pp. 1168–1177, 2024.
[3] N. Sombang, “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan(Studi di Desa Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara),” J. Polit., vol. 10, no. 3, pp. 1–13, 2021.
[4] D. Azmi Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 17–22, 2021, doi: 10.32670/coopetition.v12i1.279.
[5] I. Handaruwati, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online,” BBM (Buletin Bisnis Manajemen), vol. 3, no. 1, pp. 41–52, 2018, doi: 10.47686/bbm.v3i1.36.
[6] E. Dwisnu, O. Charolina, Y. Yusnita, N. Riandita, A. Hestiana, “Pelatihan Pembuatan Titik Google Maps Untuk Perangkat Desa Di Kabupaten Lebong,” pp. 15–18, 2025.
[7] M. Rifdan Musyaffa, E. H. Lukitasari, and A. Yulianto, “Fotografi Produk Sebagai Media Promosi Banyumili Store,” Jurnal Kemadha, vol. 13, no. 1. pp. 27–50, 2023. doi: 10.47942/ke.v13i1.1322.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Triana, Anik Widiyanti, Khorifah Arum, Lucia Sandra Budiman, Elfi Ekawati, P. Sulistyo, A.S., Linawati, Unggul Widyanarko, Adesty Lasally, Lesan Permonojati, Vaniloran Elysa Andriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.