PENINGKATAN KINERJA UMKM DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI LABELISASI PRODUK DI DESA NGAMPO SEMANU

Authors

  • Muhammad Robi’ Nurwahyudi Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Widiastuti Prodi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia
  • Agung Slamet Prasetyo Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia
  • Rafif Raditya Muhrizal Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia
  • Maudys Pratyas Hakim Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Teknologi, Pemasaran, Peningkatan Kinerja, Pengembangan Bisnis

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya labeling dan packaging sebagai daya tarik pembeli agar lebih dikenal di pasar dan membantu membuat logo produk. Peserta dalam kegiatan ini adalah warga pelaku UMKM di Dusun Ngampo Semanu Gunung Kidul. Kegiatan ini dikoordinir oleh UKM HMJA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) STIE Widya Wiwaha. Metode pelaksanaan PkM dilakukan dengan wawancara, metode ini diharapkan dapat membantu memberi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi peserta. Berbagai macam strategi diberikan kepada peserta agar profitabilitas UMKM meningkat.

References

[1] P. Afandi, Manajemen sumber daya manusia : Teori, konsep dan indikator. Pekanbaru: Zanafa, 2018.

[2] Y. F. Taopan, M. R. Oedjoe, and A. N. Sogen, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.33394/jk.v5i1.1395.

[3] Almira Amelia and JE Sutanto, “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 250–259, 2018.

[4] W. Mokobombang, S. Syafaruddin, A. R. A. Syafaruddin, K. Khaeriyah, and N. Natsir, “Dampak Perubahan Layanan Publik Yang Disebabkan Oleh Teknologi Dan Media Sosial,” J. Business, Financ. Econ., vol. 4, no. 1, pp. 348–359, 2023, doi: 10.32585/jbfe.v4i1.4180.

[5] N. K. Virmayanti, I. W. Suastra, and I. K. Suma, “Inovasi dan Kreativitas GuruDalamMengembangkanKeterampilan Pembelajaran Abad21,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 515–527, 2023, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/20138/14577

[6] R. A. Riza and R. Mutiarni, “Kinerja Karyawan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 : Systematic Literature Review (Slr),” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 5, no. 1, pp. 35–44, 2022, doi: 10.26533/jmd.v5i1.992.

[7] T. Haryati, M. Melinda, R. Santoso, A. B. Dahliana, and S. Suwandi, “Potret Kompetensi Intelektual Pelaku Ukm Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Usaha,” Komitmen J. Ilm. Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 73–80, 2023, doi: 10.15575/jim.v4i1.23656.

[8] F. P. W. Lusianingrum, A. W. Purbohastuti, and A. A. Hidayah, “Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 2, pp. 624–632, 2021.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Nurwahyudi, M. R., Widiastuti, N., Prasetyo, A. S., Muhrizal, R. R., & Hakim , M. P. (2025). PENINGKATAN KINERJA UMKM DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI LABELISASI PRODUK DI DESA NGAMPO SEMANU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 3(2), 85–90. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/1227