PENINGKATAN KINERJA UMKM DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI LABELISASI PRODUK DI DESA NGAMPO SEMANU
Keywords:
Teknologi, Pemasaran, Peningkatan Kinerja, Pengembangan BisnisAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya labeling dan packaging sebagai daya tarik pembeli agar lebih dikenal di pasar dan membantu membuat logo produk. Peserta dalam kegiatan ini adalah warga pelaku UMKM di Dusun Ngampo Semanu Gunung Kidul. Kegiatan ini dikoordinir oleh UKM HMJA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) STIE Widya Wiwaha. Metode pelaksanaan PkM dilakukan dengan wawancara, metode ini diharapkan dapat membantu memberi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi peserta. Berbagai macam strategi diberikan kepada peserta agar profitabilitas UMKM meningkat.
References
[1] P. Afandi, Manajemen sumber daya manusia : Teori, konsep dan indikator. Pekanbaru: Zanafa, 2018.
[2] Y. F. Taopan, M. R. Oedjoe, and A. N. Sogen, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.33394/jk.v5i1.1395.
[3] Almira Amelia and JE Sutanto, “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 250–259, 2018.
[4] W. Mokobombang, S. Syafaruddin, A. R. A. Syafaruddin, K. Khaeriyah, and N. Natsir, “Dampak Perubahan Layanan Publik Yang Disebabkan Oleh Teknologi Dan Media Sosial,” J. Business, Financ. Econ., vol. 4, no. 1, pp. 348–359, 2023, doi: 10.32585/jbfe.v4i1.4180.
[5] N. K. Virmayanti, I. W. Suastra, and I. K. Suma, “Inovasi dan Kreativitas GuruDalamMengembangkanKeterampilan Pembelajaran Abad21,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 515–527, 2023, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/20138/14577
[6] R. A. Riza and R. Mutiarni, “Kinerja Karyawan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 : Systematic Literature Review (Slr),” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 5, no. 1, pp. 35–44, 2022, doi: 10.26533/jmd.v5i1.992.
[7] T. Haryati, M. Melinda, R. Santoso, A. B. Dahliana, and S. Suwandi, “Potret Kompetensi Intelektual Pelaku Ukm Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Usaha,” Komitmen J. Ilm. Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 73–80, 2023, doi: 10.15575/jim.v4i1.23656.
[8] F. P. W. Lusianingrum, A. W. Purbohastuti, and A. A. Hidayah, “Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 2, pp. 624–632, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Robi’ Nurwahyudi, Muhammad Rahid Akbarudin, Vanisa Rahma Anindya, Sermi, Denanda Ayu Putri Guritno, Nur Adira Priyawina, Adi Wibowo Mubarok, Ivana Dwi Kurnia Sissastra, Aprilia Uswatun Khasanah, Darmawan, Abdullah Hasan Algifari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.