PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO SECONDSHITSTUFF DI YOGYAKARTA

Authors

  • Amira Hamidah Putri Asiken Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Muhammad Subkhan Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1010

Keywords:

marketing mix, repurchase intention, and consumer satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of marketing mix on repurchase intention with consumer satisfaction as an intervening variable at Secondshitstuff stores in Yogyakarta. The population in this study were consumers of Secondshitstuff stores in Yogyakarta with a sample taken of 110 respondents. This study uses a quantitative descriptive method using primary data obtained from distributing questionnaires. In this study using non-probability sampling technique. The results of this study indicate that product has no positive effect on repurchase intention, price has a positive effect on repurchase intention, promotion has no positive effect on repurchase intention, place has a positive effect on repurchase intention, consumer satisfaction has a positive effect on repurchase intention, product has an effect positive effect on consumer satisfaction, price does not have a positive effect on customer satisfaction, promotion has a positive effect on customer satisfaction, place has a positive effect on customer satisfaction, and consumer satisfaction is able to mediate product, promotion, and place on repurchase intention while consumer satisfaction is not able to mediate price on repurchase interest.

References

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9647

Arifah, N. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Repurchase Intention Pada Toko Akuniwashop Klaten Di Marketplace Shopee. In Repository IAIN Surakarta (Vol. 21, Issue 1). IAIN SURAKARTA.

Bagus, A., Ratna, N., & Imam, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 32–38. https://journal.actual-insight.com/index.php/equilibrium/article/view/55/44

Desy, Gusrita R. R. (2018). Pengaruh Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita Di Kota Padang. EcoGen, 1, 944-954.

Dewi, A. R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Di Thrift Shop Not Bad Secondhand. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11.

Fahmi, S. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Soto Ayam Kampung Sido Marem Pak Ji, Desa Kalangbret Kabupaten Tulungagung).

Gunawan3, G. A. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Di Era Pandemi (Studi Pada Konsumen The Body Shop Kota Manado). Jurnal EMBA Vol. 10 No. 1 Januari 2022, Hal. 208 - 219, 10, 208-219.

Hapsari, B. C., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang di Toko Online Lazada dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Irma Yanti Febrini1, R. W. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10 No.1, 35-54.

M Hanis Elang Pahlevi, R. A. (n.d.). Pengaruh Sosial Media Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pada Bisnis Thrift Shop (Studi Thrift shop D_dalbow Kota Batu_secondbrand Kota Batu). e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 1-14.

Renata, M. (2020). Pengaruh ketersediaan produk dan harga terhadap pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dalam study kasus air minum dalam kemasan (AMDK) Cleo di Kelurahan Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 11.

Sugiharto, S. (2015). Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Dalam Studi Kasus Air Minum Dalam Kemasan(Amdk) Cleo Didaerah Kelurahan Gunung Anyar Surabaya. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9 (AMDK)), 1689–1699.

Umam, R., Karnadi, K., & Fandiyanto, R. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Ll Parfum Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(11), 2162-2173.

Wirawati, E. (2020). Pengaruh Store Image, Online Customer Review Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. In Repository uin sunan ampel (Vol. 21, Issue 1). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Asiken, A. H. P., & Subkhan, M. (2024). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO SECONDSHITSTUFF DI YOGYAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 541 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1010