PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE DI KALANGAN MASYARAKAT TAMANTIRTO, BANTUL, YOGYAKARTA
Keywords:
Service Quality, Promotion, Purchase Decision.Abstract
This study aims to analyze the influence of service quality and promotion, both partially and simultaneously, on purchase decisions among Shopee application users in the Tamantirto area, Bantul, Yogyakarta. A quantitative approach was employed using purposive sampling techniques, involving 100 respondents. Data were collected through online questionnaires. The data obtained were analyzed using multiple linear regression, partial test (t-test), simultaneous test (F-test), as well as correlation and determination coefficient calculations. The analysis results show that both service quality and promotion have a significant influence on purchase decisions, both individually and collectively. The correlation coefficient (R) reached 0.828, while the Adjusted R Square value was 0.680, indicating that both independent variables contribute strongly to the dependent variable.
References
Akramiah, N., Pudyaningsih, R. A., & Zavany, D. (2021). Pengaruh Diskon Harga Dan Merek Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Aplikasi Shopee). Jurnal EKSIS, 13(1).
Anggraini, M., Rahmadani, R., & Priyono, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Aplikasi Shopee Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Semester V Universitas Nurul Huda. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(1). https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.233
Feblicia, S., & Cuandra, F. (2022). Analisis Faktor Pengaruh Keputusan Pembelian pada Bisnis Digital E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 3(2). https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.82
Haluti, V. E., D Massie, J. D., Gunawan, E. M., Haluti, V. E., D Massie, J. D., & Gunawan, E. M. (2023). Cracking the Code To Shopee Purchases: Analyzing the Influence of Review Content and E-Service Quality on User Purchase Decision in Manado City. Jurnal EMBA, 11(4).
Hesti Noor Fatimah, & Andri Nurtantiono. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1). https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2330
Jackson, Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan,Potongan Harga Terhadap Minat Beli dan Keputusan Penggunaan Aplikasi Belanja Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA, 9(3).
Kotler, P dan Keller, K. . (2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Nasrullah, M. F., & Ariyani, E. (2021). Analisis Pengaruh Jenis Pemberian Voucher Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Food di Kota Surabaya Menggunakan Regresi Linier Berganda. JUMINTEN, 2(6). https://doi.org/10.33005/juminten.v2i6.334
Nasution, SL, C. L. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada e-commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1. (Jurnal Ekonomi, Undefined Bisnis, and Undefined Jurnal.Ulb.Ac.Id.
Ningsih, I. B., & Kurniawati, D. (2021). PENGARUH KREATIVITAS PERIKLANAN DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE. Network Media, 4(1). https://doi.org/10.46576/jnm.v4i1.1141
Pautina, Y. B., Ismail, Y. L., & Abdussamad, Z. K. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE (Studi pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR), 4(1). https://doi.org/10.47354/mjo.v4i1.358
Puspitasari, L., Herawati, A., & Listyawati, L. (2023). Pengaruh Iklan dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Bisnis.
Sabil, S., Hidayat, M., & Asri, A. (2022). ANALISIS PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APLIKASI SHOPEE DI KOTA MAKASSAR. Nobel Management Review, 3(4). https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3456
Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1). https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.442
Schiffman, L. G. & Kanuk, L., L. (2018). Perilaku Konsumen, Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli. Jakarta : Indeks.
Sinaga, C. L., & Evyanto, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Kota Batam. Volume 6 Issue 2 (2023) Pages 24 - 38 YUME : Journal of Management ISSN : 2614-851X (Online), 6(2).
Surianto, E. J., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Melalui Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Lilybelleclothing di Aplikasi Shopee). Prologia, 5(2). https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10218
Themba, O. S. (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & …, 5(3).
Umbara, T., Laksmi, N., & Wulandari, P. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee di Indonesia. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1).
Zagoto, Y., & Taryo, T. (2022). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1). https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.100
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., & Gremler, D. D. (2020). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill.