EVALUASI PELAYANAN USULAN TANDA JASA DAN TANDA KEHORMATAN DI BAGIAN PERAWATAN PERSONEL BIRO SUMBER DAYA MANUSIA POLDA DIY

Authors

  • Dwi Purwanto
  • Suhartono Suhartono

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v1i2.371

Keywords:

tanda jasa, tanda kehormatan, penghargaan, kinerja, upaya optimalisasi

Abstract

Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan diberikan kepada individu sebagai penghargaan atas prestasi kerja dari organisasi atau pemerintah. Salah satu organisasi pemberi tanda jasa dan tanda kehormatan adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia. Proses pemberian tanda jasa dan tanda kehormatan diawali dengan pengusulan dari Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta. Usulan tersebut kemudian diajukan ke Kepolisian Negara Republik Indonesia. Namun, tidak semua usulan dapat diterima. Berdasarkan data dari 3 tahun terakhir menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah pengajuan yang diterima. Tahun 2016 jumlah usulan yang diterima sebanyak kurang lebih 46%, tahun 2017 kurang lebih 41% dan tahun 2018 kurang lebih 39%. Hal ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor penyebab belum optimalnya kinerja untuk pengajuan tanda jasa dan kehormatan. Selain itu, perlu dirumuskan upaya untuk peningkatan kinerja. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara terhadap 5 orang informan. Informan tersebut dipilih karena dianggap mampu memberikan informasi yang relevan. Teknik analisis dilakukan dengan keabsahan data dan analisis data untuk menyajikan data hasil wawancara dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab dari belum optimalnya kinerja terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu kurangnya sosialisasi administrasi usulan tanda jasa dan kehormatan. Faktor kedua yaitu kurangnya pemahaman tentang mekanisme pengusulan. Hasil penelitian juga menunjukkan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Upaya tersebut adalah melaksanakan sosialisasi administrasi dan membuat surat edaran warning order agar usulan tepat waktu dan akurat.

Author Biographies

Dwi Purwanto

Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

Suhartono Suhartono

Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

References

Adrian, P. (2000). The Essence of Services Marketing; Alih Bahasa, Fandy. Tjiptono - Edisi II, Yogyakarta: Andi.

Arifin, I. (1996). Penelitian Kualitatif, Malang: Kalimasada Press.

Engel, et al. (2000), Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid I, Jakarta: Binarupa Aksara.

Hasibuan, M. (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotler, P. (2001), Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jakarta: PT. Prehallindo.

Mangkunegara, A.P. (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984), Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Nasution (2005), Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutrisno (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke Enam, Jakarta: Pranada Media Group.

Tjiptono, F. (2000), Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Yogyakarta : Andy offset.

Tjiptono, F. (2005), Pemasaran Jasa, Edisi pertama, Yogyakarta: Bayumedia Publishing.

Wijayanti, I.D.S. (2008), Manajemen,Yogyakarta : Mitra Cendikia.

Keputusan Kapolda DIY Nomor : Kep/40/I/2013 tanggal 15 Januari 2013 tentang Susunan Dewan Tanda Jasa dan Kehormatan Polda D.I. Yogyakarta.

Peraturan Kapolri Nomor 4 tahun 2012 tanggal 1 Februari 2012 tentang Tata cara pengajuan tanda jasa dan tanda kehormatan.

Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Purwanto, D., & Suhartono, S. (2021). EVALUASI PELAYANAN USULAN TANDA JASA DAN TANDA KEHORMATAN DI BAGIAN PERAWATAN PERSONEL BIRO SUMBER DAYA MANUSIA POLDA DIY. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 290–300. https://doi.org/10.32477/jrabi.v1i2.371