ANALISIS PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SEKSI KURIKULUM DAN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DASAR PADA BIDANG PENDIDIKAN DASAR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KEBUMEN

  • Bibit Kurniawan
  • Uswatun Chasanah
Keywords: Beban kerja, dan kinerja pegawai.

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kepada masyarakat Dinas Pendidikan sangat memerlukan tenaga yang handal, namun kenyataannya saat ini tenaga pegawai sangat minim, dan itupun pada penempatan tidak sesuai dengan profesi yang dimiliki. Hal ini menyebabkan beban kerja pegawai Dinas Pendidikan dirasa sangat berat dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Analisis beban kerja sangat berkaitan dengan penyusunan kebutuhan pegawai. Penyusunan kebutuhan pegawai tersebut terdiri dari tugas pokok dan fungsi, analisis dan informasi jabatan seperti nama dan ikhtisar jabatan, uraian tugas, kemudian analisis beban kerja, kebutuhan pegawai, dan peta jabatan kebutuhan. Kegiatan analisis dimulai dari peraturan yang mengatur adanya analisis jabatan, penghitungan beban kerja, dan evaluasi jabatan. Hasilnya adalah uraian jabatan, beban kerja per jabatan, peta dan bobot jabatan. Hasil beban dari kerja evaluasi jabatan adalah deskripsi kerja, peta jabatan, beban kerja per jabatan, dan bobot jabatan. Semua faktor tersebut nantinya berkaitan dengan standar kompetensi, syarat jabatan, indikator kerja pegawai, nilai dan peringkat jabatan.

Waktu dalam penelitian ini selama 3 bulan yaitu bulan Juli 2019 sampai dengan bulan September 2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik sebagai berikut (Sugiyono, 2011:80): Wawancara, Observasi, Dokumentasi dan Studi pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian observasional atau non eksperimental pada pegawai di Seksi Kurikulum dan Peningkatan Mutu Sekolah Dasar pada Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. Pengambilan data dengan menggunakan pendekatan waktu cross sectional yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi data variabel bebas dan variabel terikatnya hanya satu kali pada satu saat (Notoadmodjo, 2012).

Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa total dari rata-rata faktor eksternal dan faktor internal beban kerja pegawai Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen yaitu faktor eksternal meliputi: tugas-tugas fisik, organisasi kerja, lingkungan kerja dan faktor internal yaitu psikis yang tertinggi adalah tugas-tugas fisik, dengan skor nilai rata-rata 4,12 dan tugas-tugas fisik yang sudah dijalankan pegawai sudah baik dan harus terus dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan. Beban kerja pegawai kurang dengan skor nilai rata-rata 3,70, dan harus terus ditingkatkan dengan memberikan bimbingan dan pengarahan. Sedangkan lingkungan kerja juga masih rendah dengan skor nilai rata-rata 3,73 sehingga harus ditingkatkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Dan psikis (faktor internal) juga masih harus ditingkatkan karena rata-ratanya 3,80. Pegawai harus terus mencari cara dan upaya untuk meningkatkan bimbingan dan arahan dan semua pegawai meningkatkan hasil beban kerja yang lebih baik. Faktor tugas-tugas yang bersifat fisik pegawai sudah mendapatkan nilai kategori baik. Faktor organisasi kerja pegawai yang masih rendah sehingga pegawai menangani masalah kompleks, dengan baik dan pembagian tugas dan wewenang sudah sesuai kurang baik.

Author Biographies

Bibit Kurniawan

Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

Uswatun Chasanah

Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

References

Joko Aman. 2015. Hubungan Beban Kerja dan Sumber Daya Manusia pada Pegawai Pegawai Negeri Sipil di Kantor Pendidikan Nasional Kabupaten Magelang. Tesis. UNS. Surakarta.

Arikunto: 2013. Metodologi Penelitian. Penelitian Jakarta. Rineka Cipta.

Bratakusumah, D.S., Solihin, D., 2012, Otonomi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Ketiga, Jakarta.

Ilyas Y,2012, Kinerja : Teori Penilaian dan Penelitian, depok Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat U.I.

Handoko, T.H., 2010, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.

Harris, M.M., 2014, Rater Motivation in the Performance Appraisal Context: A Theoretical Framework, Journal of Management 20 737-756.

llyas, Y., 2012, Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian, Cetakan Ketiga, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM-U I Depok, Jakarta.

Mathis, R., Jackson, J.H., 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Satu, Salemba Empat, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekijo. (2012) Metodologi Penelitian Jakarta. Rineka Cipta.

Notoatmodja, S., 2008, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Yogyakarta.

Sutalaksana, dkk., 2016, Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugihantono, A., 2011, Kinerja Petugas Usaha Kesehatan Sekolah di Kabupaten Sukoharjo Ditinjau dari Faktor Individual dan Pembinaan, Tesis S-2, Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan, PPS, UGM, Yogyakarta.

Yudha Adityawarman. 2012. Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekob. STIE Widya Wiwaha. Yogyakarta.

Wignjosoebroto, S., 2013, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktifitas Kerja, Cetakan Ketiga, Prima Printing, Surabaya.

Published
2021-12-31