PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC

(Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta)

  • Dyah Ayu Rara Sukmawati
  • Muhammad Mathori
  • Achmad Marzuki
Keywords: promosi, harga, kualitas produksi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk skincare Somethinc di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah sampel 100 responden menggunakan teknik sampling non random dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.00. Menguji hipotesis parsial menggunakan uji t dan simultan menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi, harga, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc. Selanjutnya, berdasarkan hasil perhitungan secara simultan menunjukkan bahwa promosi, harga, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc sebesar 48,1% dan sisanya51,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Author Biographies

Dyah Ayu Rara Sukmawati

STIE Widya Wiwaha

Muhammad Mathori

STIE Widya Wiwaha

Achmad Marzuki

STIE Widya Wiwaha

References

Amilia, S. dan Nst, M. O. A. (2017) “Pengaruh Citra Merek , Harga , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa,” Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1).

Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta Bangun.

Assauri, S. (2009) Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. 1 ed. Jakarta: Raja Grafindo.

compas.co.id (2021) “10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace.” Tersedia pada: https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/.2021 (Diakses: 16 September 2021).

Devita, V. D. (2020) Somethinc, Some By Mi dan The Ordinary Review Produk Paling Banyak Ditonton Di Tiktok, iPrice.co.id. Tersedia pada: https://iprice.co.id/trend/insights/produk-skincare-mana-yg-paling-banyak-ditonton-di-tiktok/ (Diakses: 16 September 2021).

Gain, R., Herdinata, C. dan Sienatra, K. B. (2017) “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkaoda Shirt,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(2).

Ghozali, I. (2009) Aplikasi Analisis Multivariate Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Highlight Media (2021) “Di Tengah Pandemi, Potensi Bisnis Kosmetika di Indonesia Terus Meningkat.” Tersedia pada: https://highlight.id/potensi-bisnis-kosmetika-di-indonesia-terus-meningkat-temu-anggota-perkosmi/ (Diakses: 16 September 2021).

Intan, K. (2019) Pasar Produk Perawatan Kulit Punya Potensi Berkembang, industri.kontan.co.id. Tersedia pada: https://industri.kontan.co.id/news/pasar-produk-perawatan-kulit-punya-potensi-berkembang (Diakses: 16 September 2021).

J. Setiadi, N. (2003) Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (2020) “Optimalkan Bahan Domestik, Kemenperin Percantik Kinerja Industri Kosmetik.” Tersedia pada: https://kemenperin.go.id/artikel/21913/Optimalkan-Bahan-Domestik,-Kemenperin-Percantik-Kinerja-Industri-Kosmetik (Diakses: 16 September 2021).

Kertajaya, H. (2008) Hermawan Kartajaya on Marketing Mix. Jakarta: Mizan.

Koran Tempo (2020) “Perubahan Gaya Hidup Dorongan Industri Kosmetik.” Tersedia pada: https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik.

Kotler, P. (2002) Manajemen Pemasaran. 9 ed. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, P. (2009) Manajemen Pemasaran. 13 ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2008) Prinsip-prinsip Pemasaran. 12 ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2009) Principle of Marketing 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. 12 ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2007) Manajemen Pemasaran Jilid 1. 12 ed. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2012) Marketing Management. 14 ed. New Jersey: Pearson Education.

Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. (2006) Manajemen Pemasaran Jasa. 2 ed. Jakarta: Selemba Empat.

Nasution, E. A., Putri, L. P. dan Lesmana, M. T. (2019) “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan,” Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1).

Ningsih, E. R. (2008) Manajemen Pemasaran. Kudus: Nora Media Interprisse.

Setyaningrum, A. (2015) Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna (2003) Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2001) Strategi Pemasaran. 1 ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran. 3 ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyuningsih, D. W. (2019) “Pengaruh Variasi Produk, Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Motor Yamaha N-Max di Wonogiri,” Edunomika, 3(2).

https://somethinc.com/en/

Published
2022-06-30