ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING SHOPEE FOOD DI YOGYAKARTA

Authors

  • Feri Lanandra STIE Widya Wiwaha
  • Suhartono Suhartono STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i3.779

Keywords:

Promosi, Harga, Kepercayaan, Loyalitas, dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengaruh promosi, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variable intervening shopee food di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanitatif dengan cara pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 100 responden. Berdasarkan hasil analisis diketahui Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Shopee Food Di Yogyakarta, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Shopee Food Di Yogyakarta, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Shopee Food Di Yogyakarta, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Shopee Food Di Yogyakarta, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Shopee Food Di Yogyakarta, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Shopee Food Di Yogyakarta, kepuasan konsumen positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Shopee Food Di Yogyakarta, Kepuasan konsumen tidak mampu memediasi pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan Shopee Food Di Yogyakarta, kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan Shopee Food Di Yogyakarta, kepuasan konsumen tidak mampu memediasi pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan Shopee Food Di Yogyakarta.

References

Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740

Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394

Chairul Saleh, Syeh Assery, Sabihaini and Sri Suryaningsum, 2017. Supply Chain Management in Service Companies (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3858-3860. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3858.3860

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss 25 (9th Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, M., Mursyid, A. Y., & Fitriana, N. (2022). Al-Qur’an (Re)Presentation in the Short Video App Tiktok: Reading, Teaching, and Interpretive. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 30(3). https://doi.org/10.47836/pjssh.30.3.18

Heni Iswati & Novia Indah Lestari. (2021). Pengaruh Display, Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Pada Toko Online Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Volume 11 No 1, Januari-Juni 2021. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta.

Junai Al Fian. (2014). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 6, Juni 2016 Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA)

Kaura, Vinita Ch. S. (2015). Service quality, service convenience, price and fairness, customer loyalty, and the mediating role of customer satisfaction. International Journal of Bank Marketing, Vol. 33 No. 4. Emerald Group Publishing Limited

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Listiawati, Raden Irna Afriani & Tuti Solehan. (2017). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt. Indomaret Suralaya, Merak-Banten. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu Vol.10 No. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Banten: Universitas Bina Bangsa.

Lupiyoadi, Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat.

Mey Reza Ayu Rahmatika. (2019) Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT Kartika Polaswati Mahardika di Kabupaten Grobogan). Skripsi Universitas Diponegoro.

Novitasari, D., Laksmi Riani, A., Suyono, J., & Harsono, M. (2020). Organizational Context on Workplace Incivility and Turnover Intention. WSEAS TRANSACTIONS ON BUSINESS AND ECONOMICS, 17, 387–396. https://doi.org/10.37394/23207.2020.17.38

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Panca Winahyuningsih. (2012). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Griptha Kudus. Skripsi Universitas Muria Kudus

Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Rahmad Irvan Abadi, M. Hufron & Siti Asiyah. (2020) Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Kartu Operator Seluler Simpati Di Desa Barudinding, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura. e–Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Madura: Unisma

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja

Ronal Aprianto, SE, M. Si. (2016). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Bnj Elektronik Kota Lubuklinggau. Jurnal Volume 02, No. 01, Februari 2016. Sumatra Selatan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas

Shamout, M. D. (2016). The Impact of Promotional Tools on Consumer Buying Behavior in Retail Market. International Journal of Business and Social Science Vol. 7 No. 1, 75-85.

Strauss, J., Frost, R., & Strauss, J. (2014). E-marketing. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.

Sulastiningsih, ., & Wikaningtyas, S. U. (2023). Green Entrepreneurship Motivation Model. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 12(2), 262. https://doi.org/10.36941/ajis-2023-0047

Syeh Assery, Heru Kurnianto Tjahjono, Achmad Sobirin and Arif Hartono, 2017. Managing Conflict in the Supply Chain (Case Study: Telecommunication Company in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 5433-5436. doi:https://doi.org/5433-5436.10.36478/jeasci.2017.5433.5436

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi Offset.

Umar. (2002). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Raja. Jakarta: Grafindo Persada.

Valentino Ronggo Permono & Yusepaldo Pasharibu. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Hut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Volume 04 Nomor 01 Tahun 2021. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20

Yoga, Wicaksono. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan Di PT. Indo Samudera Perkasa Semarang). Jurnal Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Semarang: Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Lanandra, F., & Suhartono, S. (2023). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING SHOPEE FOOD DI YOGYAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(3), 1079 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i3.779