PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Logam dan Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021

Authors

  • Andini Putri Alida Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Sulastiningsih Sulastiningsih Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Profitabilitas, Nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan ROA dan PBV. Serta untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh CSR apakah dapat memperkuat atau memperlemah profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan terhadap 7 perusahaan pertambangan sub sektor logam dan mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun, 2017 – 2021. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). (2) CSR tidak dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PBV).

References

Birgham, Houston, Eugene, & Joel. (2009). Fundamentals Of Financial Management, Concise Edition (6 Ed.). South-Western Cengage Learning.

Ghozali, & Chariri. (2007). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Di Indonesia.

Husnan, S. (2005). Dasar-Dasar Teori Portofolio Dan Analisis Sekuritas (4 Ed.). Unit Penerbit Dan Percetakan Amp Ykpn.

Khasanah, I. D., & Yuliana, I. (2020). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Dana Coorporate Social Responbility (CSR) Sebagai Variabel Moderating Pada Sektor Pertambangan Dan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di Indonesia. 27.

Sujoko, & Soebiantoro, U. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur Dan Non Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta). 9.

Utami, C. N., & Widati, L. W. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Stikubank Semarang.

Wiantari, N. M., Gunadi, I. G. B., Suarjana, I. W., Purnawati, N. L. G. P., & Manek, D. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mengungkap Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Model Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. 11.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Alida, A. P., & Sulastiningsih, S. (2024). PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING: Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Logam dan Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 59 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/945