PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021

Authors

  • Fify Nesia Nur Izzati Program Studi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Muda Setia Hamid Program Studi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Agung Slamet Prasetyo STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Setelah dilakukan metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, terdapat 9 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sampel yang dibutuhkan dengan periode pengamatan selama 3 tahun. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS sebagai alat uji. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis. Berdasarkan uji ANOVA, variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan variabel likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.

References

Agustia, Yofi Prima. dan Suryani, Elly. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode (2014-2016). Bandung: Jurnal ASET (Akuntansi Riset)

Almilia, Luciana Spica dan Ikka Retrinasari. 2007. “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ”, Simposium Nasional Akuntansi.

Ambarwati, R. (2016). Analisis pengaruh ukuran perusahaan, Profitabilitas, siklus operasi perusahaan, Likuiditas, leverage dan klasifikasi industri Terhadap manajemen laba (Studi Empiris pada Perusahan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010–2014) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Anwar, Mokhamad, P. D. 2019. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Pert. Jakarta: Kencana

Asitalia, F., & Trisnawati, I. (2017). Pengaruh good corporate governance dan leverage terhadap manajemen laba. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 19(1a-2), 109-119.

Astuti, Pipit Widhi. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, leverage dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

Caithlin, Paulina dan Mulyani. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018 . Naskah Publikasi. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta

Chairunesia, W., Sutra, P. R., & Wahyudi, S. M. (2018). Pengaruh good corporate governance dan financial distress terhadap manajemen laba pada perusahaan indonesia yang masuk dalam asean corporate governance scorecard. Profita: Komunikasi Ilmiah Dan Perpajakan, 11(2), 232-250.

Dechow P.M, Sloan R. G., and Sweener, A. P. (1995) Detecting Earnings Management. Accounting Review 70. 193–225.

Fandriani, Viana dan Tunjung, Herlin. (2019). Pengaruh Surplus Arus Kas Bebas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, Vol.1 No. 2

Fatmasari, Sofia. (2016). Pengaruh Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Fitri, Y. (2013). Pengaruh Manajemen Laba, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Tahunan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Akuntansi, 1(1).

Ghozali Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Edisi 8. Cetakan Ke VIII

Gunawan, Ketut, Nyoman Ari S D, dan Gusti Ayu P. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, profitabilitas, dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). E-Jurnal S1 Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol.III No. 01.

Irfan, Ali. (2002). Pelaporan Keuangan dan Asimetri Informasi Dalam Hubungan Agensi. Lintasan Ekonomi Vol.XIX No. 2.

Jao, Robert dan Gagaring Pagalung. 2011. Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Vol. 8 No. 1.

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kristina, U. E., & Rita, M R. (2021). Laverage, Ukuran Perusahaan dan Siklus Hidup Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. AFRE Accounting and Financial Review, 4(1), 54-64.

Kusumawardhani, Indra. 2012. Pengaruh Corporate Governance, Struktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba

Luciana, Spica, Almilia dan Ikka, Retrinasari. 2007. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahan Terhadap

Munawir, S. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty. Edisi 4. Cetakan 15.

Pambudi, E. Januar dan Sumantri, A. Farid. (2014). Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. SNA XVII Mataram.

Pengaruh Rasio Profitabilitas, Likuiditas Solvabilitas, Aktivitas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di BEI 2026-2020

Permata, A. Ardya. (2016). Pengaruh Resiko Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Laba Pada Perusahaan Retail Trade. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. V No. 4.

Prasetya, Harris. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Klasifikasi KAP dan Likuiditas Terhadap Praktik Perataan Laba. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Purnama, D. (2017). Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 3(1).

Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh kebijakan dividen, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Rere, I. Katarina. Shandi, Deyson, & Rifzky B. (2020). Manajemen laba: Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Ilmiah, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi. Vol. IV No.3.

Riyanto, B. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi 4 Cetakan 10. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sartono, A. (2000). Ringkasan Teori Manajemen Keuangan Soal dan Penyelesaiannya. Yogyakarta: BPFE

Scott, William R. 2015. Financial Accounting Theory. Toronto: Pearson

Siregar dan Utama (2005). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Praktek Corporate Governance Terhadap Pengelolaan Laba (Earnings Management) dan Kekeliruan Penilaian Pasar. SNA VIII Solo

Sulistiyanto, S. (2008). Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. Edisi pertama. Jakarta: Grasindo.

Wardani, K. R., Herlina, I., & Shandi, D. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bei). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 1853-1859.

Yatulhusna, N. (2015). Pengaruh profitabilitas, leverage, umur, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013).

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Izzati, F. N. N., Hamid, M. S., & Prasetyo, A. S. (2024). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 241 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/950