PENGARUH DAYA TARIK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Studi Kasus Pemandian Air Panas Legok Munggang, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo

Authors

  • Heri Arifin Program Studi Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Yunita Fitri Wahyuningtyas Program Studi Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

Keywords:

Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen.

Abstract

Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengkaji (1) apakah daya tarik dapat mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen, (2) apakah kualitas pelayanan dapat mempengaruhi pada terhadap kepuasan konsumen, (3) apakah daya tarik dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dapat mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen pada pemandian air panas legok di Kabupaten Wonosobo. Sampel dari penelitian ini menggunkan teknik convenience sampling dengan 67 responden. Instrument dalam pengujian ini berupa kuesioner atau angket yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya menggunakan Alpha Cornbach. Metode analisis yang digunakan dalam pengujian ini adalah regresi linier berganda dengan mengaplikasikan program SPSS versi 25. Hasil pengujian bersumber pada uji linier berganda yang menunjukan : (1) Daya Tarik berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada pemandian air panas legok di Kabupaten Wonosobo dengan uji parsial menunjukan poin THitung 4.021 > TTabel 1.99 (THitung lebih besar dari pada TTabel) dan poin signifikansi 0.001 < 0.05. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhdap kepuasan konsumen pada pemandian air panas legok di Kabupaten Wonosobo dengan uji parsial menunjukan poin THitung 3.763 > Ttabel 1.99 (THitung lebih besar dari pada TTabel) dan poin signifikansi 0.001 < 0.05.

References

Akbar, A., Santoso, T., & Gumilang, R. R. (2022). Analysis Of Customer Satisfaction In PT. BPR Nusamba Cash Office Wado Sumedang. Copyright © 2022 SINTESA. All rights reserved., 66-71.

Ayu, A. S., Dimas, A., Pratama, E. A., & Yahya, I. M. (2023, Juli). Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Mixue di Surabaya. Journal of Management and Social Sciences (JMSC), Vol. 1, 27-31. doi:https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.151

Farisa, I., & dkk. (2018). Pengaruh Daya Tarik, Harga Dan Lokasi Wisata Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Pada Agrowisata Petik Jeruk Sumbersono. Farisa, I. (2018). Pengaruh Daya Tarik, Harga Dan Lokasi Wisata Terhadap Kepuasan KonDoctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945.

Lumintang, G., Areros, W. A., & Tamengkel, L. F. (2023). Pengaruh Harga dan Kulaitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Karunia Kiawa. Productivity, Vol 4, 230-238.

Parangu, K. A., & Kholiq, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengemasan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Ngebel Ponorogo. Sosiologi Reflektif, Vol 14, 407-423.

Prianggie, A. F. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Sistemkeselamatandan Sarana Wisata Terhadap Loyalitas Wisatawan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengunjung Argowisata Kaligua Paguyangan, Brebes). Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sugianto, & Marpaung, H. (2019). Pengaruh Word Of Mouth (WOM) Daya Tarik Wisata, dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Pada Pemandian Air Panas Sumber Padi Kabupaten Batu Bara. Provided by E-Journal Universitas Asaham.

Wahyuningtyas, Y. F., & dkk. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus: Pamella Empat Supermarket). STIE Widya Wiwaha.

Wahyuningtyas, Y. F., & dkk. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Tempat dan Promosi (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Dapur Mpok Duren. Jurnal Solusi, Vol 15, 63-78.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Arifin, H., & Wahyuningtyas, Y. F. (2024). PENGARUH DAYA TARIK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN : Studi Kasus Pemandian Air Panas Legok Munggang, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 70 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/951