ANALISIS KINERJA KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN TEXTILE DAN GARMENT DENGAN METODE ALTMAN (Z-SCORE), ZMIJEWSKI (S-SCORE), DAN SPRINGATE (S-SCORE)

Authors

  • Risna Andika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Zulkifli Zulkifli Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Kinerja Keuangan, Laporan Keuangan, Kebangkrutan, Altman (Z-Score), Zmijewski (X-Score), dan Springate (S-Score).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan metode kebangkrutan dengan Altman (Z-Score), Zmijewski (X-Score), dan Springate (S-Score) dalam kinerja perusahaan textile dan garment yang dapat bertahan atau mengalami kebangkrutan. Variabel yang diteliti yaitu: Modal kerja dibagi total aset (WCTA), laba ditahan dibagi total aset (RETA), laba sebelum bunga dan pajak dibagi total aset (EBITTA), nilai pasar modal dibagi nilai buku hutang (MVEBVL), Penjualan dibagi Total Aset (STA), Return On Assets (ROA), Debt Ratio (Leverage), Current Ratio (Likuiditas), dan laba sebelum pajak dibagi kewajiban lancar. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan textile dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan textile dan garment yang diperoleh dengan teknik proposive sampling. Hasil dari penelitian rata-rata perhitungan dengan metode kebangkrutan pada perusahaan textile dan garment selama 3 tahun berturut-turut (1) Pada metode Altman (Z-Score) 2 perusahaan diprediksi aman, 2 perusahaan dalam kondisi grey area dan 7 perusahaan diprediksi bangkrut. (2) Pada metode Zmijewski (X-Score) 7 perusahaan berada di kondisi aman dan 4 perusahaan mengalami kebangkrutan. (3) Pada metode Springate (S-Score) 4 perusahaan diprediksi aman dan 7 perusahaan mengalami kebangkrutan. Ketiga metode tersebut terbukti dapat menganalisis kinerja keuangan suatu perusahaan dengan memperhatikan akun-akun tertentu pada laporan keuangan sesuai perhitungan metode kebangkrutan.

References

Agustina, Neo dan Tri Mulyati. 2020. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. STIE Lhokseumawe.

Alkalas, Nasa Ilham, Sahala Manalu dan Rony Octovianus J.N. 2017. Analisis Prediksi Kebangkrutan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score Pada Perusahaan Penerbangan Bertarif Murah Di Dunia (Studi Pada 7 Perusahaan Penerbangan Low-Cost Carrier Terbaik Di Dunia Berdasarkan Rating Dari SkyTrax). Jurnal. Universitas Ma Chung Malang.

Altman, E.I., 1968 Financial Ratios, Discriminant Analysis and The Prediction of Corporate Bankruptcy. The Journal of Finance, XXIII (4), Hal.1-21.

Ayuningtias, Icha. 2021. Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Jembatan Hitam, Kota Metro. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Metro.

Cinthia, Lisa. 2012. Prediksi Kebangkrutan CV. Batubara Mas Abadi di Samarinda. Jurnal. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Fitriyah, Nurul. 2021. Analisis Modal Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan pada Tingkat Likuiditas dan Profitabilitas PT. Sekar Laut Tbk. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Ismawati, Ayuk. 2019. Analisis Kebangkrutan dengan Metode Altman Z-Score pada Perusahaan Tekstil Garmen yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIEIA) Surabaya.

Kakauhe, Anastasya Claudio Inri dan Winston Pontoh. 2020. Analisis Metode Altman (Z-Score) dalam Mengukur Kinerja Keuangan untuk Memprediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2014. Jurnal Accountability Volume.

Kartikasari, Fitria, Topowijono dan Devi Farah Azizah. 2014. Prediksi Kebangkrutan Berdasarkan Analisis Z-Score Altman (Studi pada Kelompok Perusahaan Textile dan Garment yang Terdapat di BEI Selama Tahun 2008-2012). Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya.

Kornelia, Lela. 2017. Analisis Potensi Kebangkrutan dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Textile dan Garment yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI.

Mandalurang, Juniati, Paulina Van Rate dan Victoria N. Untu. 2019. Analisis Kebangkrutan dengan Menggunakan Metode Altman dan Springate pada Industri Perdagangan Ritel yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018. Jurnal. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Norma Gupita, Sri Widyawati Soemoedipiro, dan Nina Woelan Soebroto. 2020. Analisis Perbandingan Metode Altman Z-Score, Springate, Zmijewski, dan Grover dalam Memprediksi Financial Distress. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan. Politeknik Negeri Semarang.

Oktavia, Selvia Nur, Rusdiah Iskandar dan Raden Priyo Utomo. 2019. Analisis Altman Z-Score pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman. Universitas Mulawarman Samarinda.

Pongoh, Marsel. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA Vol. 1 No.3 September 2013, Hal. 669-679. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Pradana, Yusuf Adi dan Ai Solihah. 2021. Perancang Aplikasi Diagnosa Kerusakan Komputer Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan Vol 01 No 03 Tahun 2021. Universitas Indraprasta PGRI.

Priyanti, Mentary Wahyu Adi. 2019. Analisis Metode Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski untuk Memprediksi Financial Distress. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Rahmah, Mutiara Nur’ dan Euis Komariah. 2016. Analisis Laporan Keuangan dalam Menilai Kinerja Keuangn Industri Semen yang Terdaftar di BEI (Studi Kasus PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk). Jurnal Online Insan Akuntan. Akademi Akuntansi Bina Insani.

Sanjaya, I Made Dwi Marta dan Ni Gusti Putu Wirawati. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. E-Jurnal Akuntansi Vol.15.1. April (2016): 17-26. Universitas Udayana.

Setyaningrum, Kristina Dewanti, Apriani Dorkas Rambu Atahau dan Immanuel Madea Sakti. 2020. Analisis Z-Score dalam Mengukur Kinerja Keuangan untuk Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan Manufaktur pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Akuntansi Penelitian. Universitas Kristen Satya Wacana.

Springate, G. I. V. 1978. Predicting the Possibility of Failure in Canandian Project. Unpublish MBA Research Project. Simon Fraser University

Suryana, Asep dan Meylia Pratiwi. 2018. Pengaruh Operating Leverage, Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Terhadap Return On Asset pada PT. Sepatu Bata Tbk. Jurnal Ekonomedia:E-ISSN 22751496. STIE PASIM Sukabumi.

Susanti, Eva dan Syarifah Murnita. 2017. Analisis Kinerja Keuangan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Tahun Anggaran 2013-2015 di Kota Banda Aceh. Jurnal Akuntansi Muhammadiyah Vol. 08 No. 1. Universitas Muhammadiyah Aceh.

Thohari, Muhammad Zaim; Nengah Sudjana dan Zahroh Z.A. 2015. Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Analisis Metode Z-Score (Sudi pada Subsektor Textile Mill Product yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya.

Ubbe, Mutia Septiani. 2020. Analisis Tingkat Kebangkrutan pada PT. Airasia Indonesia Tbk., dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Artikel Ilmiah. Universitas Negeri Makassar.

Wahyuningtyas, Inggar. 2017. Analisis Prediksi Kebangkrutan dengan Metode Springate, Zmijewski dan Grover (Studi pada Perushaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI). Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Wibiyanti, Wynda, Moch. Wahyu Widodo dan Sigit Wisnu Setya Bhirawa. 2021. Analisis Kebangkrutan Z Score Altman Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen Dimasa Pandemi. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP.

www.idx.co.id

Zmijewski, M. 1984. Methodological Issues Related to the Estimation of Financial Distress Prediction Metodes. Journal of Accounting Research. Supplement, 22, 59-82.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Andika, R., & Zulkifli, Z. (2024). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN TEXTILE DAN GARMENT DENGAN METODE ALTMAN (Z-SCORE), ZMIJEWSKI (S-SCORE), DAN SPRINGATE (S-SCORE). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 206 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/956