PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Vera Ratnasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Suhartono Suhartono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Word Of Mouth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah dengan Word Of Mouth sebagai variabel intervening pada Karita Muslim Square Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei yaitu penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data opini individu melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling dengan sampel sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) Brand Image berpengaruh signifikan terhadap word of mouth. (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap word of mouth. (3) Harga berpengaruh signifikan terhadap word of mouth. (4) Brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (6) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (7) word of mouth mampu memediasi pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian. (8) Word of mouth mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. (9) Word of mouth mampu memediasi pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. (10) Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Aziz, Y. H. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Word Of Mouth (WOM) sebagai Variabel Intervening. STIE Widya Wiwaha.

Harahap, M. A. K. (2013). Analisis Pengaruh Brand Image dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE UNY). Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasyim, mohammad alfa, Fauzi, A., & Fanani, D. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Pembeli Handphone Samsung Galaxy). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 43(1), 148–156. www.Kompasiana.com

Isnaini, N., Susanto, & Rimiyati, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Prosiding Konferensi Nasional, 1–9.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (D. Sihombing (ed.); 8th ed.). erlangga.

Kusumawati, M. S., Sriwidodo, U., & Sumaryanto. (2016). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sophie Paris dengan Word Of Mouth Positif sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(2), 216–225.

Lestari, A. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga terhadap Word of Mouth Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pengunjung Timezone Plaza Surabaya ). Jurnal Buletin Ekonomi, 11(1), 1–86.

Mahendrayasa, A. C., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembeian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM âIM3â Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1), 1–7.

Makrufah, I. A. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Marbun, T. F. S. (2017). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di cikarang utara skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa.

Marwia. (2019). Pengaruh Harga dan Keberagaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Online Shop (Studi Kasus pada Konsumen Online Shop di Unismuh Makassar). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Permadi, P. C., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek terhadap Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Dapoer Mie Galau Jalan Selorejo 83 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 10(1), 1–7.

Pradesta, R., Haryono, A. T., & Mukery, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian dengan Word of Mouth sebagai Variabel Intervening. Journal of Management, 3(3), 1–13.

Pratama, B. N. (2016). Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Word Of Mouth ( Studi Kasus Warung Spesial Sambal Cabang Bintaro 1 ). In Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Puspasari, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Word Of Mouth Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1737–1748.

Saifudin, R. (2016). Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk terhadap Word Of Mouth pada Situs Jejaring Sosial Twitter. Universitas Negeri Yogyakarta.

Septianing, E., Ayu, T., Taufik, M., & Budiwati, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus pada Konsumen Toko Sepatu Kakiku Kencong ). Journal of Organization and Business Management, 2(3), 166–171.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Ratnasari, V., & Suhartono, S. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 312 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/964