EVALUASI KINERJA KEPOLISIAN DALAM PROSES PELAYANAN PENERBITAN SURAT IJIN MENGEMUDI DI KANTOR SATLANTAS POLRES GUNUNGKIDUL

Authors

  • Erna Khoirul Alfianita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Meidi Syaflan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kinerja kepolisian satlantas Polres Gunungkidul dalam pelayanan SIM belum optimal dan merumuskan upaya peningkatan kinerja kepolisian satlantas dalam pelayanan SIM di Polres Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis hasil wawancara dan FGD. Subjek penelitian yang digunakan adalah pelanggan yang mendapatkan pelayanan dalam pembuatan SIM di polres. Data hasil penelitian ini di dapat suatu data dari hasil yang di lakukan dengan cara observasi, wawancara, analisis data dan dokumentasi. Analisis data menggunakan dari hasil wawancara dan Forum diskusi grup dengan responden diketahui analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pelayanan pembuatan SIM di polres Gunungkidulbesar mempunyai sikap yang belum puas terkait dengan pelayanan yang belum memuaskan. Dapat disimpulkan Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Berdasarkan hasil penelitian tersebut diartikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembuatan SIM di polres Gunungkidul masih belum puas terhadap pelayanan.

References

Asri, Manik. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Denpasar: Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16

Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia No 9 Tahun 2012

Sinambela, R.Y.P., & DS, A.H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231-240.

Tjiptono, F. 2005. Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang No 2 tahun 2002 Tentang Kepolisisan Negara Republik Indonesia

Zain, J., Syaifuddin, S., & Aditya, Y. (2009). Efisiensi pemanfaatan fasilitas di tangkahan perikanan kota Sibolga. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 16(01), 1-11.

Zain, J., Syaifuddin, S., & Aditya, Y. (2011). Efisiensi pemanfaatan fasilitas di tangkahan perikanan kota Sibolga. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 16(01), 1-11.

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Alfianita, E. K., & Syaflan, M. (2025). EVALUASI KINERJA KEPOLISIAN DALAM PROSES PELAYANAN PENERBITAN SURAT IJIN MENGEMUDI DI KANTOR SATLANTAS POLRES GUNUNGKIDUL. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 3(1), 80–90. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/1151