EVALUASI KINERJA TENAGA PRAMURUKTI DI RPSLU (Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia) BUDI DHARMA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Authors

  • Ervina Septiana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Uswatun Chasanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Mengidentifikasi/Mengevaluasi, Pramurukti, Lansia, Kelancaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja pramurukti dan merumuskan upaya untuk meningkatkan kinerja pramurukti diRPSLU Budi Dharma Yogyakarta. Penelitian ini mengunakan teori-teori yaitu komunikasi, bentuk komunikasi baik verbal maupun nonverbal, komunikasi interpersonal, tujuan komunikasi interpersonal, sikap positif komunikasi interpersonal, psikologi komunikasi, perkerja sosial, lansia dan faktor yang dihadapi lansia. Penulis juga menggunakan konsep penetrasi sosial sebagai landasan utama dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivisme dengan metode penelitian kualitatif, pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data reduction, data display, data conclusion drawing / verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses mengidentifikasi/mengevaluasi pramurukti yang masih rendah dan merumuskan untuk kinerja pramurukti masih rendah yaitu ada beberapa faktor yang menyebabkan kinerja pramurukti pada RPSLU Budi Dharma, di antaranya yaitu karena beban kerja yang berlebihan, masih kurang kesadaran terhadap disiplin waktu, alat yang kurang mendukung. Upaya peningkatan kinerja pramurukti RPSLU Budi Dharma Yogyakarta antara lain dengan penambahan SDM (sumber daya manusia), penanaman disiplin waktu serta pembekalan dan pelatihan untuk mengupgrade ilmu yang telah dimiliki pramurukti, penyediaan alat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pramurukti untuk menunjang kelancaran dalam proses bekerja.

References

Anita, Respons Lanjut Usia terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di UPTD. Panti Sosial Tresna Werhda Nirwana Puri Provinsi Kalimantan Timur, eJournal Sosiologi, Vol. 2, No.2, 2014.

Arikunto, S. (2010), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi revisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Basu Swastha dan Irawan. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: CV. Intermedia, 1997.

BPS, Analisis Deskriptif Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Tahun 2006, Jakarta: CV. Petratama Persada, 2007.

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Jendela Rehsos, Jakarta: OHH Ditjen Rehsos, 2012.

Fandy, T & Chandra, G. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta : Andi. Ofset, 2007.

Fandy,2004. T. Pemasaran Jasa. Jawa Timur, Malang: Bayu Media Publising,

Gaspersz, V. Pedoman Implementasi Program Six Sigma. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Herawati & Qomariah, Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Di Surakarta, Jurnal Bhirawa, Vol 2.No.2 2015

Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1984.

Ibrahim dan Hafizah, Tingkat Kepuasan Lansia terhadap Pelayanan di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh, Idea Nursing Journal, Vol. IV, No.2, 2013.

Jahja Y, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2011.

Kotler, P. Dasar-dasar Pemasaran : Principles Of Marketin, Jakarta: PT Prehalindo, 1997.

Kusumaningtyas, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit X Di Kota Malang, Jurnal NUSAMBA Vol.1 No.1, 2016

Purnama, Nursyahbani. Manajemen Kualitas, Perspektif Global, Yogyakarta: Penerbit Ekonisia, Edisi, 2006.

Sabihaini., Analisis Konsekuensi Keperilakuan Kualitas Layanan: Suatu Penelitian Empiris, Jakarta: Usahawan, No. 02, Februari, 2002.

Sitindaon, Franciscus Rondang. (2009). Persepsi lansia penghuni panti wredha

“Hanna” Yogyakarta terhadap panti wredha “Hanna” Yogyakarta (Skripsi tidak diterbitkan)., Universitas Santa Dharma, Indonesia.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung, 2006.

Supartiningsih, Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan, Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1), 2017.

Yamit, Zulian. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia, Edisi Pertama, Cetakan Keempat, 2005.

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Septiana, E., & Chasanah, U. (2025). EVALUASI KINERJA TENAGA PRAMURUKTI DI RPSLU (Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia) BUDI DHARMA YOGYAKARTA TAHUN 2021. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 3(1), 91–101. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/1152