STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI STUDI PADA KPP PRATAMA WONOSARI

Authors

  • Ajeng Widha Irfana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Priyastiwi Priyastiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Strategi, AR Pengawasan, SWOT analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan bagaimana strategi yang akan dilakukan oleh para manajemen untuk meningkatkan pendapatan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di KPP Pratama Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan responden. Data dan informasi yang diperoleh dirangkum, dibuat matriks Ringkasan Analisis Faktor Eksternal, Ringkasan Analisis Faktor Internal, diagram kartesius dan kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT mencatat bahwa posisi Pengawasan Perwakilan Akun berada di kuadran I dan strategi yang dapat dilakukan oleh para manajemen KPP Pratama Wonosari ,Identifikasi penyebab/faktor-faktor penerimaan Pajak Pertambahan Nilai di KPP Pratama Wonosari belum optimal antara lain: a. Kurangnya pemahaman Wajib Pajak terhadap peraturan dan kewajiban perpajakan khususnya terkait dengan Pengusaha Kena Pajak. b. Kondisi geografis wilayah Kabupaten Gunung Kidul yang membuat jaringan komunikasi menjadi terhambat. c. Penyebaran wilayah wajib pajak Kabupaten Gunungkidul yang sangat luas menjadikan petugas pajak tidak dapat menjangkau dan sulitnya Wajib Pajak/Pengusaha Kena Pajak dalam melaporkan atau membayar pajak. Strategi KPP Pratama Wonosari dalam mengoptimalkan penerimaan Pajak Pertambahan Nilai antara lain: a. Meningkatkan pengawasan pembayaran masa dan pengujian kepatuhan material oleh KPP Pratama Wonosari. b. Meningkatkan penggalian potensi kepada Pengusaha Kena Pajak. c. Meningkatkan volume Kegiatan Pengumpulan Data Lapangan, sosialisai dan visit kepada wajib pajak di KPP Pratama Wonosari, khususnya kepada Pengusaha Kena Pajak. d. Menjalin hubungan yang baik dengan wajib pajak khususnya Pengusaha Kena Pajak dan sinergitas antar lembaga.

References

Agung, M. (2014). Perpajakan Indonesia. Lentera Ilmu Cendekia.

Agustinus, Sony & Isnianto Kurniawan. (2011). Faktur Pajak dan SPT Masa PPN. Yogyakarta: Andi Jakarta.

Akdon. (2011). Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Aldie Haris Mandey . (2013). Analisis Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 99-109.

Almira Herna Renata Kadarisman Hidayat Bayu Kaniskha, . (2016). Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Dan Jumlah Pengusaha Kena Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi pada Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I). Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol. 9 N.

Amirullah Haris Budiyono. (2004). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Andriani, D. (2014). Buku Perpajakan Indonesia (2014:3.

Andriany Nasution, Nina. Fitriani, Annisa. (2019). Tata Cara Pelaporan Pajak Terhutang Surat Pemberitahuan Masa Terhadap Pada CV. Bina Pratama Rekayasa. Jurnal Perpajakan. Vol. 1 No. 2 Juli 2019.ISSN: 2685 – 5674.

Arifin, A. (2011). Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Budiyono, Amirullah Haris . (2004). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djaliel, R. d. (2001). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia.

DK, P. (2002). Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB): Studi Kasus Kabupaten Klaten. Jkap Volume 6 Nomor 2, Tahun 2002

Dr. Rochmat Soemitro, S. (2013). Buku Perpajakan edisi revisi 2013

Friskianti,Yossi.Dwi Handayani, Bestari. (2014). Pengaruh Self Assessment System, Keadilan, Teknologi Perpajakan, Dan Ketidakpercayaan Kepada Pihak Fiskus Terhadap Tindakan Tax Evasion. Accounting Analysis . Journal 3 (4). ISSN 2252-6765.

Haerah, K. (2017). Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dari Sektor Pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Jember (strategy for increasing Real Regional Income From The Hotel Tax Sectors And Restaurants In Jember District). Jurnal Politico Vol. 17. Jurnal Politico Vol. 17 No. 2 September 2017 hlm.256-285. ISSN:p; 1829-6696, e:2549-4716. Web Journal online; jurnal.unmuhjember.ac.id.

Haris Mandey, Aldie . (2013). Analisis Akuntansi PPN Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 99-109.

Herna, Almira. Kadarisman Hidayat, Renata. Kaniskha, Bayu. (2016). Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Dan Jumlah Pengusaha Kena Pajak Terhadap Penerimaan Studi Pada Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I). . Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol. 9 No.1 2016 perpajakan.

Hidayat, Nur. (2013 ). Pemeriksaan Pajak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mahsun, M., Mohamed, N., Syed Yusuf, S. N., & Yuhertiana, I. (2021). Investigating Fraud Risks Assessment Practices in Public Sector Audits. Asia-Pacific Management Accounting Journal, 16(1), 183–205. https://doi.org/10.24191/APMAJ.V16i1-08

M.Masirete, Iswan. . (2013). Strategi Peningkatan Penerimaan pajak Kendaraan Bermotor Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Poso. Jurnal Ekomen Vol. 13 No. 2. September. 2013.

Mangundap, Purnama V.Tirayoh,Victorina Z. (2016). Analisis Prosedur Restitusi Kelebihan Pembarayan PPN Pada Pratama Manado. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 087-108.

Mardiasmo. (2009). Perpajakan Indonesia(edisi revisi). Yogyakarta: Andi CV.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan, Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi CV.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nasution, A. (2019). Pelaporan Pajak Terhutang Surat Pemberitahuan Masa Terhadap Pada CV. Bina Pratama Rekayasa. Jurnal Perpajakan. Vol. 1 No. 2 Juli 2019.ISSN: 2685 – 5674.

Pearce, John A. Robinson JR, Richard B. (2007). Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Pradikta. (2013). Analisis Kinerja Pelaksanaan Pembangunan GedungMenggunakan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concenpt).

Purnama V. Mangundap Victorina Z. Tirayo. (2016). Analisis Prosedur Restitusi Kelebihan Pembarayan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado, . Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 100-108.

Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Rafi’udin dan Maman Abd. Djaliel. (200). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia,77.

Rafi’udin dan Maman Abd. Djaliel,. (2001). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rangkuti, F. (2002). The Power Of Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Renata, Almira Herna. (2016). Renata, Almira Herna. 2016. Pengaruh Inflasi, Nilai TukaPengusaha Kena Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi pada Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I). Malang: Universitas Brawijaya. Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 9 No. 1. 2016.

Rizki A, I. (2018). Self Assesment Sistem Sebagai Dasar Pungutan Pajak Di Indonesia (Analisa Hukum Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan). Jurnal Al-‘Adl. Vol. 11 No. 2, Juli 2018.

Seligman, E. R. (1925). Essays on taxation, New York, edisi 10.

Sukardji, Untung. (2014). Pajak Pertambahan Nilai PPN. Edisi Revisi 2014. PT. Raja Grafindo Persada. .

Sumatri, Ari. (2019). Strategi Pengawasan Dalam Meningkatkan Penerimaan Studi Kasus : Pratama Pelembang Ilir Timur. . JIBM. P-ISSN:2085-0336. E-ISSN:2655-8531. Vol.2, No. 1.

Sundari, Octobery. Revnussa, Abolladaka. Jacob Abolladaka. (2020). Strategi Usaha Dengan Analisis SWOT Pada Rental Adinda Palangka Raya. . Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), Juni, 2020 (12)1:49-56. p-ISSN 2355-0236 e-ISSN 2684-6985.

Triton. (2008). Marketing Strategic . Tugu Publisher, 2008), 12-15.

Wahyudi, Eddi. (2009). Dampak Fluktuasi Ekonomi Terhadap Penerimaan Pajak. Bogor: Jurnal Ekonomi Vol. 6 No. 1.

Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wijayanti, Wahyu Kartika dan N, Y. Agus Bagus Budi. (2010.). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Total Penerimaan Pajak Negara dan Efektivitas Peraturan Perpajakan . Media Ekonomi. Vol. 18 No. 1, April 2010.

Zain, M. (2014). Himpunan Undang – Undang Perpajakan. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Irfana , A. W., & Priyastiwi, P. (2024). STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI STUDI PADA KPP PRATAMA WONOSARI. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 2(1), 1 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/869