UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PACITAN

Authors

  • Tutik Ani Trisnamurti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Suci Utami Wikaningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

strategy, performance achievement

Abstract

The performance of employees of the Pacitan Regency Transportation Agency needs to be improved, this can be seen from the activities of employees who are still lacking discipline in coming to work. This research method uses qualitative research methods, where data that cannot be calculated or data in the form of information, obtained from interviews with leaders and other employees, so the research method is descriptive in nature supported by data obtained by observation, interviews and involvement with the object of research. The result is that the performance of the Pacitan Regency Transportation Office is still not optimal, due to the low professionalism and specialization of tasks, the lack of time discipline, and the slow process of adoption and adaptation of advanced technology. Meanwhile, the obstacles faced in improving the performance of employees of the Pacitan Regency Transportation Office are the lack of employee motivation and infrastructure, especially computer technology. Efforts to improve the performance of employees of the Pacitan Regency Transportation Agency in this study are viewed from performance which is a multi-dimensional concept covering 3 aspects, namely attitude, ability and achievement. As well as increasing cooperation with the regional government in organizing good training which will later be held by internal and external from the regional government in an effort to improve employee performance at the Pacitan Regency Transportation Office.
Kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan perlu ditingkatkan lagi, hal ini dapat dilihat dari kegiatan pegawai yang masih kurang disiplin masuk kerja. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana data yang tidak dapat dihitung atau data yang berbentuk informasi, yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pimpinan dan pegawai lain, jadi dalam metode penelitiannya bersifat deskriptif yang didukung dengan data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan keterlibatan dengan obyek penelitian. Hasilnya kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan masih belum optimal, karena masih rendahnya profesionalisme dan spesialisasi tugas, masih kurangnya disiplin waktu, dan lambanya proses adopsi dan adaptasi teknologi maju. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam peningkatan kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan adalah kurangnya motivasi kerja pegawai dan sarana prasarana terutama teknologi computer masih kurang. Upaya peningkatan kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan dalam penelitian ini di tinjau dari kinerja yang merupakan suatu konsep yang multi dimensional mencakup 3 aspek yaitu sikap (attitude), kemampuan (ability) dan prestasi (accompllishment). Serta meningkatkan kerja sama dengan pemda dalam penyelenggaraan diklat baik yang nantinya akan diselenggarakan oleh intern dan ekstern dari pemda dalam upaya peningkatan kinerja pegawai di Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan.



References

As’ad, M. 1998. Psikologi Industri. Liberty. Yogyakarta.

Benardin dan russel, 1993. Humen Resources Management: An experimental Approach. New York. MC Gronhill Book Ltd.

Bryson, John M. 1995. Strategic Planning For Public And Nonprofit Organisation, Jossey-Bass Inc. USA.

Dharma, Surya. 2004. Budaya Organisasi Kreatif: Mencermati Budaya Organisasi Sebagai Faktor Determinasi Kreativitas. Usahawan 03 (3)

Handoko, 1995. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE. Yogyakarta.

Hasibuan, SP. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Hit, Michel A, Ireland, Duane R and Hoskisson Robert E. 1997. Manajemen Strategi: Menyongsong Era Persaingan dan Global. Erlangga. Jakarta.

Hodge, B.J. Anthoni, Willam P. Gales Lawrence M. 1996. Organisasi Theory: A Strategic Approach. Prentice-Hall International Inc. Englewood Cliffs.

Kabupaten Pacitan. 2021-2026. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pacitan. BAPPEDA Kabupaten Pacitan.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Redakarya. Bandung.

Muhammad, Suwarsono. 2008. Matrik dan Skenario Dalam Strategi. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Peraturan Bupati Pacitan Nomor 206 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Susunan Organisasi, serta Tata Kerja Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pacitan

Peraturan Bupati Pacitan nomor 76 tahun 2019 tentang Jam Kerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkup Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Republik Indonesia. 1999. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 1999. CV. Mini Jaya Abadi. Jakarta.

Riwu Kaho, Josef. 1997. Prospek Otonomi Daerah Di Negara Republik Indonesia: Identifikasi Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Penyelenggaraannya. Rajawali Perss. Jakarta.

Ruky, 2001. Sistem Manajemen Kinerja: Panduan Praktis untuk merancang dan meraih kinerja prima. PT. Gramedia pustaka utama Jakarta.

Sarundajang. 1999. Arus Balik Kekuasaan Pusat ke Daerah, Sinar harapan Press. Jakarta.

Simamora, 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPM. Yogyakarta.

Stephen, Robbins P. 1990. Organization Theory: Structure Design And Applications. Prentice-Hall International Inc Englanwood Cliffs. New Jersey.

Stephen, Robbins P. 1996. Organization Behavior: Concepts, Controversis, Applications. Prentice-Hall International Inc Englannwood Cliffs. New Jersey.

Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552

Sugiyono (2016), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.

Tjiptoherijanto, Prijono. 1999. Keseimbangan Penduduk Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Daerah. Sinar Harapan Press. Jakarta.

Wahyudi, Agustinus Sri. 1996. Manajemen Strategik: Pengantar Proses Berpikir Strategik. Binarupa Aksara. Jakarta.

Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20

Wulandari, Nathalia. 2008. Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purworejo (Tesis). STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Trisnamurti , T. A., & Wikaningtyas, S. U. (2024). UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PACITAN. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 2(1), 172 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/878