UPAYA PENINGKATAN KINERJA ANGGOTA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (POLRI) DI UNIT RESKRIM POLSEK SAMIGALUH POLRES KULONPROGO

Authors

  • Yekti Tri Utami Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Awal Satrio Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Kinerja, Pegawai, Unit Reskrim Polsek Samigaluh

Abstract

Kinerja mempunyai arti penting bagi pegawai karena dengan adanya penilaian kinerja berarti pegawai mendapat perhatian dari atasannya, di samping itu akan menambah semangat kerja pegawai, karena dengan penilaian kinerja ini mungkin pegawai yang berprestasi dipromosikan, dikembangkan dan diberi penghargaan atas prestasi tersebut. Dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Unit Reskrim Polsek Samigaluh adalah menjadi sebuah keharusan untuk dilaksanakan. Kanit Reskrim sebagai fasilitator yang berada di unit reskrim yang mempunyai peranan besar untuk dapat meningkatkan kinerja para anggotanya di fungsi reskrim tingkat polsek guna mewujudkan pembangunan dalam bidang pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, ditinjau dari cara dan taraf pembahasan, maka penelitian ini digolongkan sebagai penelitian diskriptif, penelitian diskriptif ini terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat untuk mengungkapkan fakta. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan skala. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Upaya Peningkatan kinerja anggota Polri Unit Reskrim Polsek Samigaluh dalam rangka meningkatkan kinerja anggota Polri adalah Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan, pengarahan dan pemberian bimbingan kepada pegawai, situasi kerja yang telah dibentuk pemimpin, pemberian pengawasan dan hukuman terhadap pegawai, pemberian penghargaan / reward kepada pegawai, pelatihan dan pengembangan, penilaian prestasi kerja, kepuasan kinerja pegawai. Penilaian Kinerja anggota Polri Unit Reskrim Polsek Samigaluh yang baik dapat dinilai melalui 4 aspek yaitu kualitas pekerjaan, kuantitas pekerjaan, penggunaan waktu dalam bekerja dan bekerja sama dengan rekan kerja.

References

Agung, M. (2014). Perpajakan Indonesia. Lentera Ilmu Cendekia.

Agustinus, Sony & Isnianto Kurniawan. (2011). Faktur Pajak dan SPT Masa PPN. Yogyakarta: Andi Jakarta.

Akdon. (2011). Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Aldie Haris Mandey . (2013). Analisis Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 99-109.

Almira Herna Renata Kadarisman Hidayat Bayu Kaniskha, . (2016). Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Dan Jumlah Pengusaha Kena Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi pada Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I). Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol. 9 N.

Amirullah Haris Budiyono. (2004). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Andriani, D. (2014). Buku Perpajakan Indonesia (2014:3.

Andriany Nasution, Nina. Fitriani, Annisa. (2019). Tata Cara Pelaporan Pajak Terhutang Surat Pemberitahuan Masa Terhadap Pada CV. Bina Pratama Rekayasa. Jurnal Perpajakan. Vol. 1 No. 2 Juli 2019.ISSN: 2685 – 5674.

Arifin, A. (2011). Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Budiyono, Amirullah Haris . (2004). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djaliel, R. d. (2001). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia.

DK, P. (2002). Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB): Studi Kasus Kabupaten Klaten. Jkap Volume 6 Nomor 2, Tahun 2002

Dr. Rochmat Soemitro, S. (2013). Buku Perpajakan edisi revisi 2013

Friskianti,Yossi.Dwi Handayani, Bestari. (2014). Pengaruh Self Assessment System, Keadilan, Teknologi Perpajakan, Dan Ketidakpercayaan Kepada Pihak Fiskus Terhadap Tindakan Tax Evasion. Accounting Analysis . Journal 3 (4). ISSN 2252-6765.

Haerah, K. (2017). Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dari Sektor Pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Jember (strategy for increasing Real Regional Income From The Hotel Tax Sectors And Restaurants In Jember District). Jurnal Politico Vol. 17. Jurnal Politico Vol. 17 No. 2 September 2017 hlm.256-285. ISSN:p; 1829-6696, e:2549-4716. Web Journal online; jurnal.unmuhjember.ac.id.

Haris Mandey, Aldie . (2013). Analisis Akuntansi PPN Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 99-109.

Herna, Almira. Kadarisman Hidayat, Renata. Kaniskha, Bayu. (2016). Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Dan Jumlah Pengusaha Kena Pajak Terhadap Penerimaan Studi Pada Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I). . Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol. 9 No.1 2016 perpajakan.

Hidayat, Nur. (2013 ). Pemeriksaan Pajak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mahsun, M., Mohamed, N., Syed Yusuf, S. N., & Yuhertiana, I. (2021). Investigating Fraud Risks Assessment Practices in Public Sector Audits. Asia-Pacific Management Accounting Journal, 16(1), 183–205. https://doi.org/10.24191/APMAJ.V16i1-08

M.Masirete, Iswan. . (2013). Strategi Peningkatan Penerimaan pajak Kendaraan Bermotor Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Poso. Jurnal Ekomen Vol. 13 No. 2. September. 2013.

Mangundap, Purnama V.Tirayoh,Victorina Z. (2016). Analisis Prosedur Restitusi Kelebihan Pembarayan PPN Pada Pratama Manado. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 087-108.

Mardiasmo. (2009). Perpajakan Indonesia(edisi revisi). Yogyakarta: Andi CV.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan, Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi CV.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nasution, A. (2019). Pelaporan Pajak Terhutang Surat Pemberitahuan Masa Terhadap Pada CV. Bina Pratama Rekayasa. Jurnal Perpajakan. Vol. 1 No. 2 Juli 2019.ISSN: 2685 – 5674.

Pearce, John A. Robinson JR, Richard B. (2007). Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Pradikta. (2013). Analisis Kinerja Pelaksanaan Pembangunan GedungMenggunakan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concenpt).

Purnama V. Mangundap Victorina Z. Tirayo. (2016). Analisis Prosedur Restitusi Kelebihan Pembarayan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado, . Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 100-108.

Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Rafi’udin dan Maman Abd. Djaliel. (200). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia,77.

Rafi’udin dan Maman Abd. Djaliel,. (2001). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rangkuti, F. (2002). The Power Of Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Renata, Almira Herna. (2016). Renata, Almira Herna. 2016. Pengaruh Inflasi, Nilai TukaPengusaha Kena Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi pada Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I). Malang: Universitas Brawijaya. Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 9 No. 1. 2016.

Rizki A, I. (2018). Self Assesment Sistem Sebagai Dasar Pungutan Pajak Di Indonesia (Analisa Hukum Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan). Jurnal Al-‘Adl. Vol. 11 No. 2, Juli 2018.

Seligman, E. R. (1925). Essays on taxation, New York, edisi 10.

Sukardji, Untung. (2014). Pajak Pertambahan Nilai PPN. Edisi Revisi 2014. PT. Raja Grafindo Persada. .

Sumatri, Ari. (2019). Strategi Pengawasan Dalam Meningkatkan Penerimaan Studi Kasus : Pratama Pelembang Ilir Timur. . JIBM. P-ISSN:2085-0336. E-ISSN:2655-8531. Vol.2, No. 1.

Sundari, Octobery. Revnussa, Abolladaka. Jacob Abolladaka. (2020). Strategi Usaha Dengan Analisis SWOT Pada Rental Adinda Palangka Raya. . Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), Juni, 2020 (12)1:49-56. p-ISSN 2355-0236 e-ISSN 2684-6985.

Triton. (2008). Marketing Strategic . Tugu Publisher, 2008), 12-15.

Wahyudi, Eddi. (2009). Dampak Fluktuasi Ekonomi Terhadap Penerimaan Pajak. Bogor: Jurnal Ekonomi Vol. 6 No. 1.

Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wijayanti, Wahyu Kartika dan N, Y. Agus Bagus Budi. (2010.). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Total Penerimaan Pajak Negara dan Efektivitas Peraturan Perpajakan . Media Ekonomi. Vol. 18 No. 1, April 2010.

Zain, M. (2014). Himpunan Undang – Undang Perpajakan. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Utami, Y. T., & Nugroho, M. A. S. (2024). UPAYA PENINGKATAN KINERJA ANGGOTA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (POLRI) DI UNIT RESKRIM POLSEK SAMIGALUH POLRES KULONPROGO. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 2(1), 187 –. Retrieved from http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/879