STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2012

Authors

  • Neneng Sutanti

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrm.v1i1.116

Keywords:

kualitas, kualitas layanan, kepuasan

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kualitas layanan di Sekretariat DPRD Kabupaten Magelang dan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan di Sekretariat DPRD. Obyek dari penelitian ini adalah 50 Anggota DPRD, Lokasi di Sekretariat DPRD Kabupaten Magelang, Waktu penelitian bulan Februari s.d April 2012. Adapun metode penelitian menggunakan metode deskriptif, untuk menggambarkan secara sistematis, factual dan akurat tentang layanan di Sekretariat DPRD Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator tangible, responsiveness, dan empathy telah dapat memberikan kepuasan, sedangkan indikator reliability dan assurance belum dapat memberikan kepuasan. Secara keseluruhan (berdasarkan lima dimensi) Sekretariat DPRD Kabupaten Magelang telah memberikan kepuasan kepada Anggota DPRD, hal tersebut berarti kualitas layanan di Sekretariat DPRD sudah baik, walaupun ada beberapa faktor yang perlu ditingkatkan. Adapun strategi untuk peningkatan kualitas layanan diantaranya adalah : Menempatkan pegawai sesuai dengan kemampuan atau kompetensi sehingga mampu menjalankan pekerjaan sesuai uraian tugas pokok dan fungsinya, Mengupayakan peningkatan Sumber Daya Manusia yang disesuaikan dengan kebutuhan pegawai agar lebih bermanfaat dan dapat menunjang aktivitasnya, serta memanfaatkan anggaran yang tersedia secara optimal dan merencanakan kebutuhan anggaran untuk masa yang akan datang guna mencukupi kurangnya sarana dan prasarana kantor penunjang kegiatan pelayanan.

Author Biography

Neneng Sutanti

Alumnus Program Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha

References

Adrian Payne (2006), The Essence of Service Marketing, Yogyakarta: ANDI dan Pearson. Education (Asia) Pte. Ltd.

Astuti, Elok Murti (2008), “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Nasabah Bank Niaga, Tbk.” Tesis Program Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Dale Furtwengler (2002), Penuntun Sepuluh Menit Penilaian Kinerja, Yogyakarta: Andi Offset.

Dokumen Pelaksanaan Anggaran Sekretariat DPRD Kabupaten Magelang Tahun 2012.

Dwiyanto, Agus, dkk. (2006), Reformasi Birokrasi Publik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Fandy Tjiptono (2002), Srategi Pemasaran, Yogyakarta: Andy Offset.

Hadari Nawawi (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

http://aguswibisono.com/analisis-swot

http://arokhman.blog.unsoed.ac.id/..../materi- MPP-mengukurkualitas-by

h t t p : / / d a m a n d i r i . o r . i d / f i l e / muhridwanipbdfpustaka.pdf

http://digilib.ittellcom.ac.id/index.php.metodeservqual

http://faizperjuangan.wordpress.com/2008/02/12/aplikasi-teori-analisis-swot-dalamorganisasi

http://goongbusiness.com/in/article-bebas/ibsswot- analysis.html

http://id.wikipedia.org/wiki/analisis-swot

http://jurnal-sdm.blogspot.com/..../kualitaslayanan- service-quality-dan.htm

http://meidi.multiply.com/journal/item/7-Filipina

http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ind/ article

http://pustaka1987.wordpress.com/2010/09/03/ servqual-metode-tepat-meningkatkankualitas- layanan-perpustakaan

http://www.smeru.or.id/report/training/menjembatani-penelitian-dan-kebijakan

Http://www.univpancasila.ac.id. Jurnal Ilmiah Exacta. Vol.2 No.1 Mei 2009

Keputusan Bupati Magelang Nomor 5 Tahun 2009 tentang Kedudukan,Tugas dan Fungsi Sekretariat DPRD Kabupaten Magelang.

Laksmitowati, Eny (2009), Peningkatan Kualitas Dan Efisiensi Waktu Pelayanan Perijinan (Studi Kasus Peningkatan Kual i tas Pelayanan Di Dinas Kabupaten Bantul). Tesis Tidak Dipublikasikan, Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Peraturan Daerah Kabupaten Magelang No 29 Tahun 28 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Kabupaten Magelang

Ramiko dan Atik (2006), Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rencana Strategis Sekretariat DPRD Kabupaten Magelang Tahun 2009-2014.

Sedarmayanti (2004), Good Governance: Membangun Sisem Kinerja Guna Meningkatkan Produktifitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan yang baik), Bandung: Mandar Maju.

Soelasih, Yasinta (2003), Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen dan Sarana Prasarana Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya, Tesis Program Studi Ilmu Manajemen Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Surya Darma (2005), Manajemen Kinerja: Falsafah dan Penerapannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilaprapti, S.A. (2009), Strategi Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik di Kecamatan Pakem. Tesis Tidak Dipublikasikan, Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2002), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.

Zulian Yamit (2001), Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta: Ekonisia.

Downloads

Published

05-05-2014

How to Cite

Sutanti, N. (2014). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2012. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.32477/jrm.v1i1.116