PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE DENGAN APLIKASI GOJEK FITUR GOFOOD TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KULINER DI YOGYAKARTA

Authors

  • Evi Rosalina Widyayanti
  • Insiatiningsih Insiatiningsih

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrm.v8i1.249

Keywords:

Comunication Channel Supply Chain, Competition, Marketing Environment, Marketing Mix, Peningkatan Pendapatan Usaha

Abstract

UMKM di Indonesia memberikan sumbangan pendapatan nasional yang cukup signifikan dan semakin terus berkembang seiring dengan pertumbuhan teknologi online. Hal ini menunjukkan bahwa market dari pemasaran melalui online akan semakin besar dan bahkan seamakin menjadi kebutuhan. Dalam penelitian ini diambil 100 sampel dengan menyebarkan kuisionar. Metode yang digunakan untuk adalah metode non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel yang digunakan adalah 6 variabel independent yaitu Pemasaran Hubungan, Saluran komunikasi, Rantai pasokan, Persaingan, Lingkungan Pemasaran dan Bauran pemasaran, dan 1 variabel dependent yaitu Peningkatan Pendapatan Usaha. Dari hasil analisa penelitian di peroleh kesimpulan bahwa Pemasaran Hubungan (X1) t=5,787 memberikan pengaruh signifikan terhadap Peningkatan pendapatan Usaha karena t hitung lebih dari dari t tabel. Saluran Komunikasi (X2) t=0,007 berpengaruh sedikit tidak signifikan terhadap Peningkatan pendapatan Usaha karena t hitung less than t tabel namun tetap positif. Rantai Pasokan, (X3) t=3.301 memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan usaha karena t hitung lebih dari dari t tabel. Persaingan (X4) t=9,211 memberikan pengaruh signifikan pada Peningkatan Pendapatan Usaha karena t hitung lebih dari t tabel. Lingkungan Pemasaran (X5) t=-1,143 memberikan pengaruh tidak signifikan pada Peningkatan Pendapatan Usaha karena t hitung less than dari t tabel. Bauran Pemasaran (X6) t=0,394 memberikan pengaruh sedikit tidak signifikan pada Peningkatan Pendapatan Usaha karena t hitung less than dari t tabel namun tetap positif. F Hitung yang dihasilkan lebih besar dari pada F tabel (F hitung lebih dari F tabel) sebesar 522,566 dan F tabel sebesar 3,72 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa; H0 = 0 Ha 0 dan Ha diterima karena terdapat hubungan saling memberikan pengaruh secara signifikan antara variable independent terhadap variable dependent yaitu Peningkatan Pendapatan Usaha (Y).

Author Biographies

Evi Rosalina Widyayanti

STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

Insiatiningsih Insiatiningsih

STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

References

Abdullah, M. (2015) Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta Indonesia: Aswaja Pressindo.
Gujarati, D. N. (1995) Basic Econometrics. New York: Mc. Graw Hill.
Heizer, J. and Render, B. (2011) Manajemen Operasi 2. 9th edn. Jakarta Indonesia: Salemba Empat (2).
Jogiyanto, Prof. D. (2005) Pengenalan Komputer. Yogyakarta Indonesia: Andi Offset.
Kotler, P. (2002a) Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 2. Milenium 2. Jakarta Indonesia: Prenhallindo (2).
Kotler, P. (2002b) Manajemen pemasaran Edisi Millenium 1. Jakarta Indonesia: Prenhallindo (Edisi Milenium, 1).
Kotler, P. and Keller, K. L. (2012) Marketing Management. 14th edn. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., Kertajaya, H. and Setiawan, I. (2017) Marketing 4.0. Jakarta Indonesia: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Setu Embu, W. (2019) ‘Jumlah Pesanan Go Food Di Klaim meningkat 133%’. Available at: https://www.merdeka.com/uang/jumlah-pesanan-go-food-diklaim-meningkat-133-persen.html.
Sugiyono, S. (2000) Mietode Penelitian Bisnis. Bandung Indonesia: CV. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran. 3rd edn. Yogyakarta Indonesia: CV Andi Offset.
Wiyono, G. (2011) Merancang Penelitian Bisnis, dengan alat analisis SPSS 17,0 dan SmartPLS. Yogyakarta Indonesia: UPP STIM YKPN.
www.gojek.com (2010) Semangat Baru Pasti ada Jalan, Tentang Gojek. Available at: https://www.gojek.com/id-id/.

Downloads

Published

25-01-2021

How to Cite

Widyayanti, E. R., & Insiatiningsih, I. (2021). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE DENGAN APLIKASI GOJEK FITUR GOFOOD TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KULINER DI YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 8(1), 80–95. https://doi.org/10.32477/jrm.v8i1.249