ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS MASUK DALAM UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL

Studi kasus pada Grage Business Hotel Yogyakarta

  • Khoirunnisa Cahya Firdarini STIE Widya Wiwaha
  • Erni Wijayanti
Keywords: Accounting System, Cash Receipt, Internal Control System, Grage Business Hotel Yogyakarta

Abstract

This research aims to analyze cash receipt accounting system for room selling either in cash or on credit at Grage Business Hotel Yogyakarta. Based on  Mulyadi's theory, this research evaluate internal control effectivity of the hotel, especially for cash receipt system. The element have been evaluated are organizational structure, authority and administration procedure, and implementation of duties and obligation based on each person's responsibilities. The data collection method used are observation, interview, and documentation. The results shows that implementation of internal control system as mention above at Grage Business Hotel Yogyakarta has not yet qualify Mulyadi's theory criterias. The major problem there are not segregation of duties. Cash and sales function run by receptionist while accounting and administration function run by general cashier. The implication of this research is to improve internal control of cash receipt of the hotel.

References

Aggraeni, C. V. (2014). Analisis Sistem dan Prosedur Akuntansi Jasa Penjualan Kamar dan Jasa Restoran Hotel Dalam Upaya Peningkatan Pengendalian Intern (Studi pada UB Hotel Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1).

Budisatria, Y. (2010). Evaluasi sistem akuntansi penerimaan kas dari sewa kamar Hotel Baron Indah Surakarta.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan (Edisi Ke-1). Center For Academic Publishing Service.

Humaira, T. (2020). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kamar Dan Penerimaan Kas Pada Hotel Grandhika Setiabudi Medan.

Masruri. (2014). Analisis Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) (Studi Kasus Pada Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan tahun 2010). Governance and Public Policy, 1(1), 53–76.

Mulyadi. (2010). Sistem Akuntansi (Edisi Ke-3). Salemba Empat.

Mulyadi. (2014). Auditing Buku 1 (Edisi Ke-6). Salemba Empat.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi (Edisi Ke-4). Salemba Empat.

PSAK No. 2 (Penyesuaian 2014)

Ramdani. (2013). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kamar dan Penerimaan Kas pada Hotel Ranggonang Sekayu.

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi. Erlangga.

Sujarweni, V. W. (2015). Akuntansi Biaya. Pustaka Baru Press.

Syamsuddin, F., Susilawati, A., & Sulistyo. (2016). Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan dan Penerimaan Kas pada Swiss-Belinn Hotel Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi.

Warni, N. (2014). Analisis Unsur Pengendalian Internal atas Penjualan dan Penerimaan Kas pada Hotel Plaza Tanjungpinang. Jurnal Umrah.

Widyaningsih, T. (2014). Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Dan Pengeluaran Kas Pada Hotel Bukit Asri Semarang. http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8891

Yanti, K. R., Purnamawati, G. A., & Dewi, P. E. D. (2020). Analisis Pengendalian Internal Dan Upaya Pencegahan Kecurangan Akuntansi Di Sektor Perhotelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 11(1).

Published
2021-07-22
How to Cite
Firdarini, K., & Wijayanti, E. (2021). ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS MASUK DALAM UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 8(2), 9-24. https://doi.org/10.32477/jrm.v8i2.266