PENGARUH SIKAP, SUBJECTIVE NORM DAN PERCEIVED BEHAVIOR CONTROL (PBC) TERHADAP MINAT PENGGUNAAN M-BANKING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT KABUPATEN WONOSOBO

Authors

  • Yunita Fitri Wahyuningtyas
  • M. Awal Satrio Satrio Nugroho STIE Widya Wiwaha
  • Meidi Syaflan STIE Widya Wiwaha
  • Tahsa Husna Anindita STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Robi' Nurwahyudi STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrm.v10i2.705

Keywords:

Theory of Planned Behavior, Minat Penggunaan M-Banking, Covid-19

Abstract

Maksud dari pengujian ini untuk mengetahui: (1) Apakah sikap berpengaruh terhadap minat penggunaan M-Banking di masa pandemi COVID-19 (2) Apakah norma subjektif berpengaruh terhadap minat penggunaan M-Banking di masa pandemi COVID-19 (3) Apakah persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap minat penggunaan M-Banking di masa pandemi COVID-19. Sampel dalam pengujian ini adalah Masyarakat Kecamatan Wonosobo dengan 80 responden, menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam pengujian ini berupa angket yang telah di uji validitas dan realibilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Metode analisis data yang dipakai pengujian adalah regresi linier berganda dengan mengaplikasikan program olah data SPSS versi 27.

Hasil pengujian bersumber pada uji linier berganda menunjukan maka :(1) attitude (sikap) berpengaruh positif terhadap minat pengguna M-Banking di masa pandemi Covid-19, dengan hasil uji persial menunjukan poin t hitung 4,617 lebih dari t tabel 1,992 dan poin sig. 0,000 kurang dari 0,05 . (2) subjective norms (norma subjektif) berpengaruh positif terhadap minat pengguna M-Banking di masa pandemi Covid-19, dengan hasil uji persial menunjukan poin t hitung lebih dari t tabel 1,992 dan poin sig. 0,000 kurang dari 0,05 . (3) perceived behaviour control (PBC) berpengaruh positif terhadap minat pengguna M-Banking di masa pandemi Covid-19, dengan hasil uji persial menunjukan poin t hitung 5,510 lebih dari t tabel 1,992 dan poin sig. 0,00 kurang dari 0,05 . (4) sikap, norma subjektif, dan perceived behaviour control berpengaruh positif secara bersamaan terhadap minat pengguna M-Banking di masa pandemic Covid-19, dengan poin F hitung 216,63 lebih dari F tabel 2,49 dan poin signifikansi 0,000 kurang dari 0,05.

References

Adela, M. (2020). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Bni Syariah Kcp Rajabasa). Iain Metro.

Agustin, S. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Di Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Ajzen, I. (1980). Understanding Attitudes And Predictiing Social Behavior. Englewood Cliffs. Prentice-Hall.

Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes.

Alvin, A., & Others. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan (Trust) Dan Kemudahan M-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Uin Ar-Raniry Banda Aceh). Uin Ar-Raniry.

Aripin, Z., & Negara, M. R. P. (2021). Perilaku Bisnis: Etika Bisnis & Perilaku Konsumen. Deepublish.

Barlian, E. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Ina-Rxiv.

Bell, E., Bryman, A., & Harley, B. (2022). Business Research Methods. Oxford University Press.

Dahlberg, T., Mallat, N., Ondrus, J., & Zmijewska, A. (2008). Past, Present And Future Of Mobile Payments Research: A Literature Review. Electronic Commerce Research And Applications.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23. Univ. Diponegoro Press.

Humairoh, H., Negara, A. K., & Immawati, S. A. (2020). Pertimbangan Dan Sikap Milenial Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet: Pada Masa Psbb Pandemi Covid-19 Di Kota Tangerang. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 64–81.

Indriani, S., & Others. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Penggunaan M-Banking (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kejuruan Muda). Uin Ar-Raniry.

Kaukab, M. E., & Setiyanti, F. Y. (2022). Pendekatan Theory Of Planned Behavior Pada Minat Penggunaan M-Banking Di Masa Pandemi Covid-19. Accounthink: Journal Of Accounting And Finance, 7(01).

Mahendra, T. (2014). Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Of Planned Behavior (Tpb). Universitas Brawijaya.

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., Et Al. (2020). The Socio-Economic Implications Of The Coronavirus Pandemic (Covid-19): A Review. International Journal Of Surgery.

Pambudi, B. S., & Others. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Competence: Journal Of Management Studies, 8(1).

Pertiwi, N., & Ariyanto, D. (2017). Penerapan Model Utaut2 Untuk Menjelaskan Minat Dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking Di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(2), 1369–1397.

Putra, P. (2021). Menilik Niat Masyarakat Berpartisipasi Dalam Crowdfunding Pada Masa Pandemi Covid 19:(Studi Implementasi Konsep Planned Behaviour Theory). Paradigma, 18(2), 73–83.

Putri, N. K. R. D., & Suardhika, I. M. S. (2020). Penerapan Model Utaut 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money Di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi.

Riskiyanto, A., & Indarjo, S. (2021). Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Klien Kontak Erat. Indonesian Journal Of Public Health And Nutrition, 1(3), 499–512.

Romindo, R., Muttaqin, M., Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R., Kusuma, A. H. P., Et Al. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Rustam, Y. W. A. (2015). Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking (M-Banking): Model Kombinasi Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Of Planned Behavior (Tpb). Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 7(1). Lppm Stmik Indonesia Mandiri.

Sandika, D. (2022). Pengaruh Restrukturisasi Pembiayaan Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Bank Umum Syariah Periode 2020-2021. Uin Kh Achmad Siddiq Jember.

Siti, H. (2022). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Risiko Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan M-Banking Pada Masa Pandemi Tahun 2020 (Studi Pada Pt Bank Syariah Mandiri Kcp Majenang. Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarata: Rineka Cipta.

Soufia, A. L., & Zuchdi. (2004). Minat Belajar Dan Impelementasi. Yogyakarta: Uny.

Wulandari, D. P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Untuk Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lubuk Pakam. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

Downloads

Published

25-07-2023

How to Cite

Fitri Wahyuningtyas, Y., Satrio Nugroho, M. A. S., Syaflan, M., Husna Anindita, T., & Nurwahyudi, M. R. (2023). PENGARUH SIKAP, SUBJECTIVE NORM DAN PERCEIVED BEHAVIOR CONTROL (PBC) TERHADAP MINAT PENGGUNAAN M-BANKING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT KABUPATEN WONOSOBO. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.32477/jrm.v10i2.705