Perilaku Inovatif Pelaku Usaha: Mampukah Memediasi Pengaruh Kebahagiaan Kerja Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Di Umbulhardjo Yogyakarta

Authors

  • Sofiati
  • Ary Sutrischastini STIE Widya Wiwaha
  • Linawati STIE Widya Wiwaha
  • Yenni Kurnia Gusti STIE Widya Wiwaha
  • Evy Rosalina Widyayanti STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrm.v11i1.841

Keywords:

kebahagiaan pelaku usaha ditempat kerja, perilaku inovatif, keberhasilan usaha

Abstract

Peran penting UMKM terhadap pertumbuhan usaha mandiri, inovasi, dan daya saing maka perlu pemikiran yang serius dalam menghadapi tantangan baik eksternal maupun internal dalam mencapai keberhasilan usaha. Tantangan tersebut salah satunya adalah faktor internal pelaku usaha yaitu sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran perilaku inovatif pelaku usaha sebagai variabel pemediasi pengaruh kebahagiaan pelaku usaha di tempat kerja terhadap keberhasilan usaha. Subyek dalam penelitian ini para pelaku usaha UMKM di Umbulhardjo Yogyakarta, pelaku usaha yang menjadi responden sebanyak 80 orang dengan metode purposive sampling dipilih dengan kriteria umur usaha minimal 3 bulan. Metode analisis mengggunakan Path Analysis dengan SmartPLS3. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kebahagiaan pelaku usaha di tempat kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif ;kebahagiaan ditempat kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha ; perilaku inovatif berpengaruh tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha; perilaku inovatif tidak signifikan memediasi pengaruh kebahagiaan kerja terhadap keberhasilan usaha, Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting khususnya bagi pelaku UMKM di Umbulharjo Yogyakarta yang selama ini sudah merasakan kebahagiaan tetapi belum mencapai keberhasilan usahanya maka tetap harus optimis membangun kebahagiaan dengan menanamkan jiwa inovatif dan bagi pemerintah lebih proaktif untuk merespon kebutuhan pelatihan pelaku usaha melalui dinas - dinas terkait .

References

Adha, S. (2022). FAKTOR REVOLUSI PERILAKU KONSUMEN ERA DIGITAL: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR. FAKTOR REVOLUSI PERILAKU KONSUMEN ERA DIGITAL: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR, 31(2).

Aidina, M., & Rudini, A. (2021). Pengaruh Modal Usaha Dan Lokasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah ( Umkm ) Bidang Pangan Di Sampit. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2).

Amalya, I. D. (2019). Perilaku Inovatif pada Mahasiswa yang Berwirausaha. Indonesian Psychological Research, 1(1). https://doi.org/10.29080/ipr.v1i1.169

Anggraini, D. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Orientasi Kewirausahaan Pada UKM Sektor Makanan di Desa kolam. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 1(3). https://doi.org/10.59663/jebidi.v1i3.120

Arif, I. S. (2016). Psikologi positif : pendekatan saintifik menuju kebahagiaan. In Gramedia Pustaka Utama.

Arilani, L., Indrayani, L., & Endah, T. L. (2019). Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha Dan Modal Usaha Terhadap Keberhasilan UMKM Di Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonom, 11(2).

Azizah, S. N., & Ma’rifah, D. (2017). Motivasi Usaha Sebagai Mediator Hubungan antara Perilaku Inovatif dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Pengusaha Batik Tulis di Kabupaten Kebumen. Performance, 24(2).

Bayramov, S. V., Kookueva, V., Kolobov, A., & Tsvetkova, L. (2023). Innovative Business Models in the Context of Organizational Culture Transformation in the COVID-19 Pandemic. Public Organization Review, 23(1). https://doi.org/10.1007/s11115-022-00688-9

Brinkley, I. (2010). Innovation , creativity and entrepreneurship in 2020. First Published.

Chaiprasit, K., & Santidhiraku, O. (2011). Happiness at Work of Employees in Small and Medium-sized Enterprises, Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 25, 189–200. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.540

Chen, Z., & Davey, G. (2008). Happiness and subjective wellbeing in Mainland China. Journal of Happiness Studies, 9(4). https://doi.org/10.1007/s10902-008-9092-7

Chinanti, D. W. P., & Siswati, S. (2020). HUBUNGAN ANTARA KEBAHAGIAAN DI TEMPAT KERJA DENGAN KETERIKATAN KARYAWAN PADA KARYAWAN PT. DWI PRIMA SENTOSA MOJOKERTO. Jurnal EMPATI, 7(3). https://doi.org/10.14710/empati.2018.21850

Ekasari, N., & Nurhasanah, N. (2018). Pengaruh Lokasi dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kawasan Wisata Gentala Arasy Kota Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5248

Fredrickson, B. L. (2001). The role of positive emotions in positive psychology: The broaden-and-build theory of positive emotions. American Psychologist, 56(3), 218–226. https://doi.org/10.1037/0003-066X.56.3.218

Gemina, D., & Ginanjar, A. (2019). Kinerja Usaha Miro Kecil Menengah Makanan Kabupaten Cianjur Berbasis Komitmen, Kompetensi Dan Motivasi Usaha. JURNAL VISIONIDA, 5(2). https://doi.org/10.30997/jvs.v5i2.2201

Ghozali. (2018). Ghozali. Uji Koefisien Determinasi. Journal of Management and Business, 4(2018).

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017a). Analisis Multivariat dan Ekonometrika. In Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017b). Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gohae, A. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Berwirausaha Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Usaha Key Florist Di Kecamatan Lahomi). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Stie Nias Selatan, 5 No 1(1).

Hasanah, U., & Riyanti, B. P. D. (2019). Pengaruh Psychological Capital Dan Risk Taking Behavior Terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Wanita Etnis Minang Yang Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105020

Hidayat, A. S., Setiawan, Y., Alwi, M., & Nurdiana, E. (2018). Peran Perilaku Inovatif Sebagai Variabel Intervening antara Knowledge Creation dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Ecodemica, 2(2).

Hussain Haider, S. (2017). Entrepreneurial Orientation and Business Performance of Manufacturing Sector Small and Medium Scale Enterprises of Punjab Pakistan. European Business & Management, 3(2), 21. https://doi.org/10.11648/j.ebm.20170302.12

Karundeng, I. R. J., Matulessy, A., & Rini, A. P. (2021). Pentingnya Kebahagiaan dalam Membentuk Keterikatan Kerja Pegawai Di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2542

Ludiya, E., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Bidang Fashion di Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 11(2).

Mohammad Atiya Firmansyah, M. B. (2003). Hubungan Antara Perilaku Inovatif Wirausaha Dengan Keberhasilan Usaha Kecil. The SAGE Encyclopedia of Social Science Research Methods.

Munoz, P. A. E., & Casallas, M. I. R. (2021). Relationship between happiness at work and job performance: a bibliometric analysis, evolution and trends. REVISTA VIRTUAL UNIVERSIDAD CATOLICA DEL NORTE, 64.

Ningrum, W. R., & Abdullah, S. M. (2021). Tinjauan Literatur: Perilaku Inovatif Pada Guru. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi UMBY.

Nurchayati, N. (2020). Membangun Kinerja Perusahaan Melalui Peningkatan Perilaku Inovatif dan Motivasi Berbagi Pengetahuan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.208

Oktriwina, A. S. (2022). Perilaku Konsumen: Definisi, Faktor, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis. Glints.Com.

Pamela, P., Pambudy, R., & Winandi, R. (2017). Kompetensi Kewirausahaan dengan Keberhasilan Usaha Peternak Sapi Perah Pujon, Malang. Jurnal Agribisnis Indonesia, 4(1), 57. https://doi.org/10.29244/jai.2016.4.1.57-66

Pancasasti, R., & Khaerunnisa, E. (2017). Mengelola Perilaku Kewirausahaan Mompreneur Berbasis Teknologi, Informasi Dan Komunikasi Di Kota Tangerang Selatan. Tirtayasa Ekonomika, 12(1). https://doi.org/10.35448/jte.v12i1.4440

Rachmasari, A. D., & Suprapti, N. W. S. (2022). PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UKM KEDAI KOPI. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(2). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i02.p06

Risma, K., & Dahlia. (2021). Analisis Keberhasilan Usaha Pada Usaha Kuliner di Kecamatan Baturaja Timur. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(5).

Salas-Vallina, A., & Alegre, J. (2021). Happiness at work: Developing a shorter measure. Journal of Management and Organization, 27(3), 460–480. https://doi.org/10.1017/jmo.2018.24

Sanggrama, E. B. (2020). Sebuah Solusi untuk Perkembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Akuntansi, 12(1).

Sari, Y. (2021). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Bisnis Kuliner Di Kab Oku. VISIONIST, 10(1). https://doi.org/10.36448/jmv.v10i1.2034

Sarwoko, E. (2020). Entrepreneurial Leadership and Innovative Work Behavior: The Role of Creative Self-efficacy. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(2). https://doi.org/10.14414/jebav.v23i2.2282

Sidabalok, S. Y., & Sayekti, A. (2021). Pengaruh Kebahagiaan dan Manajemen Stres terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap (Studi kasus di RSUD dr. Djasamen Pematangsiantar Sumatera Utara). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1). https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.26608

Soebardi, R. (2020). Perilaku inovatif. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1). https://doi.org/10.24854/jpu4

Sofiati, S. (2020). Kinerja Wirausahawati Umkm Diy Berbasis Orientasi Kewirausahaan Di Masa Pandemi Covid-19. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2). https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2735

Stephen, A., & Ie, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Di Bekasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1). https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7426

Sudirham, J. J. (2012). BEBERAPA INDIKATOR PENGKONTRIBUSI KREATIVITAS DAN INOVASI YANG MENENTUKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DI USAHA KECIL. Journal of Technology Management, 11(1).

Sulistiyani, R., Hadiwidjojo, D., & Salim, U. (2021). Kajian Peranan Orientasi Wirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Umkm Di Kota Malang. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 2(1). https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v2i1.176

Susantiningrum, S., Legowo, E., Sakuntalawati, L. R. D., Ibad, I., Kurniawati, D. Y., & Akbarini, N. R. (2021). FAKTOR–FAKTOR KEBERHASILAN WIRAUSAHA MAHASISWA BERBASIS MARKETING MIX 7P. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(2). https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.49124

Syarifi, H., Lengkong, V. P. K., & Saerang, R. (2019). KARYAWAN KFC DI MANADO THE RELATIONSHIP BETWEEN HAPPINESS AT WORK WITH KFC EMPLOYEES PERFORMANCE IN MANADO Jurnal EMBA Vol . 7 No . 4 Oktober 2019 , Hal . 5773-5782. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).

Wardi, Y., Susanto, P., & Abdullah, N. L. (2017). Orientasi Kewirausahaan pada Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi dari Intensitas Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(1), 46–61. https://doi.org/10.12695/jmt.2017.16.1.4

Weiss, A. (2002). A brief guide to competitive intelligence: How to gather and use information on competitors. Business Information Review, 19(2). https://doi.org/10.1177/026638202321036222

Wongwilai, S., Phudetch, P., Saelek, P., Khuptawatin, A., Wongcharoensin, K., Chaitongrat, S., Vaiyavuth, R., & Jermsittiparsert, K. (2022). The role of innovative ideas in business sustainability: Evidence from textile industry. Uncertain Supply Chain Management, 10(1). https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.8.011

Wulandari, S., & Widyastuti, A. (2014). Faktor - Faktor Kebahagiaan Di Tempat Kerja. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni).

Yasa, N. N. K. (2021). Peran perilaku inovatif dan komitmen organisasional memediasi pengaruh kebahagiaan kerja terhadap kinerja karyawan. 11(2), 258–273.

Yasa, N. N. K., Rahmayanti, P. L. D., Widani, I. A. P., Sugianingrat, Dharmanegara, I. B. A., & Suharto, R. B. (2021). Peran perilaku inovatif dan komitmen organisasional memediasi pengaruh kebahagiaan kerja terhadap kinerja karyawan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2).

Yulianty, P. D., & Mauludy, A. (2019). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH VARIAN BEDAK (STUDI PENELITIAN PELANGGAN WARDAH BEAUTY KONTER MAJALENGKA). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 14(2). https://doi.org/10.32534/jv.v14i2.782

(https://perinkopukm.jogyakota.go.id)

(https://perinkopukm.jogyakota.go.id)

Downloads

Published

25-01-2024

How to Cite

Sofiati, Sutrischastini, A., Linawati, Kurnia Gusti, Y., & Rosalina Widyayanti, E. (2024). Perilaku Inovatif Pelaku Usaha: Mampukah Memediasi Pengaruh Kebahagiaan Kerja Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Di Umbulhardjo Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 11(1), 12–26. https://doi.org/10.32477/jrm.v11i1.841