ANALISIS POSITIONING TAKOYAKI IS FUM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32477/jkb.v32i2.1021

Keywords:

Positioning, Takoyaki, Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana positioning brand Takoyaki Is Fum di Daerah Istimewa Yogyakarta. Atribut - atribut produk yang dijadikan sebagai variabel penelitian meliputi rasa, lokasi usaha, harga, pelayanan, kemasan, waktu tunggu, keramahan, tempat makan, kebersihan, dan kelengkapan produk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey melalui proses pengisian kuesioner. Instrumen telah diuji validasi dan reliabilitasnya dengan menggunakan SPSS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang setidaknya pernah satu kali membeli takoyaki yang kemudian diambil sebagai sampel sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan SPSS teknik Multidimensional Scalling (MDS). Peta persepsi menunjukan bahwa merek De’Takoyaki Pakuwon Mall memiliki keunggulan pada atribut tempat makan. Sedangkan pada merek Takoyaki Kurisupi dipandang tidak memiliki keunggulan pada atribut-atribut yang telah ditentukan. Disisi lain, merek Takoyaki Disini, Takoyaki Klebengan dan Takoyaki Peko-Peko dianggap sama - sama memiliki keunggulan di atribut harga. Selanjutnya untuk merek Takoyaki Is Fum dipandang memiliki keunggulan di beberapa aspek yaitu aspek rasa, lokasi, pelayanan, waktu tunggu, keramahan, kebersihan, kemasan dan kelengkapan produk jika dibandingkan dengan merek lainnya. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan atribut- atribut yang telah ditentukan, merek Takoyaki Is Fum paling banyak diminati dibanding dengan merek lainnya.

References

A. B. Susanto dan Himawan Wijarnako. (2004). Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT Mizan Publika

Arikunto, Suharsimi. (2010). “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekataan Praktik”. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Basu Swastha dan Irawan. (2008). Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty Offset.

Kasali, Rhenald. (1998). Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philips. (1997). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol). Jakarta: PT.Prenhallindo.

Kotler, Philips. (1980). Principle of Marketing. Hall, Inc

Kotler, Philips. (2000). Marketing Management. 10 th ed. Upper Saddla River, NJ: Prentice-Hall Internasional, Inc.

Kotler, Philip; Amstrong, Gary. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran, Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Retnawati, Heri. (2014). “Membuktikan Validitas Instrumen dalam Pengukuran”. Artikel.

Yogyakarta.

Wardani, K. A, Helminaroza dan Ida Nurfaizah. (2022). “Tren Makanan sebagai Dampak Globalisasi terhadap Pertukaran Budaya”. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan Volume 3 Nomor 2022.

Downloads

Published

25-07-2024

How to Cite

Seno Nurrohman, A., & Chasanah, U. (2024). ANALISIS POSITIONING TAKOYAKI IS FUM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 32(2), 190–203. https://doi.org/10.32477/jkb.v32i2.1021