PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA AIR LEMBAH OYA KEDUNGJATI (SUNGAI OYO)
Kedung Jati, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul
DOI:
https://doi.org/10.32477/jkb.v32i2.1022Keywords:
media sosial, obyek wisata, Analisa SWOT, potensi wisataAbstract
Media sosial dewasa ini menjadi sebuah keharusan bagi segala aspek yang ada untuk meningkatkan nilai dan menjadi sebuah tolak ukur sebuah destinasi wisata dilirik dan menjadi tujuan dari para wisatawan yang datang ke suatu obyek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial terhadap suatu obyek wisata, peran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada, faktor pendukung dan penghambat dalam mempromosikan obyek wisata selain itu juga mengetahui strategi pengembangan obyek wisata air Lembah Oya Kedungjati. Beroperasi sejak bulan Mei 2024 obyek wisata Air Lembah Oya Kedungjati cukup mendatangkan minat dari wisatawan yang berkunjung, terlebih dengan adanya media sosial yang sudah digagas dan peran serta dari pemerintah kabupaten Bantul dalam mempromosikan obyek wisata tersebut. Terbukti dibulan Juli dan Agustus tingkat kunjungan wisatawan mencapai angka yang cukup maksimal. Selain itu untuk mengoptimalkan dalam pengembangan obyek wisata air Lembah Oya Kedungjati maka dilakukan analisa SWOT untuk mengetahui potensi yang masih mungkin bisa di tingkatkan dari obyek wisata air Lembah Oya Kedungjati
References
Atika, I. N. A. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences).
Andina, S. A., & Aliyah, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. Cakra Wisata, 22(1).
Damara, G. H., Yusup, P. M., & Anwar, R. K. (2014). Perilaku Pencarian Informasi Pariwisata Para Wisatawan Domestik di Rumah Mode. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(1), 27-36.
Dipayanaa, A., & Sunartaa, I. N. (2015). Dampak pariwisata terhadap alih fungsi lahan di desa tibubeneng kecamatan kuta utara kabupaten badung (studi sosial-budaya). Jurnal Destinasi Pariwisata, 3(2), 8811.
Heningnurani, A. Y. (2019). Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3).
Kusuma, B., Wijaya, B. K., & Mariani, W. E. (2021). Dampak pandemi covid-19 pada sektor perhotelan di Bali. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 3(1), 49-59.
Langi, A. C., Gosal, R., & Undap, G. (2019). Strategi Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Pemuda Sadar Pariwisata Di Kawasan Wisata Danau Mooat (Studi Di Desa Mooat Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur). Jurnal Eksekutif, 3(3).
Nugroho, M. R., & Trimarstuti, J. (2022). KAJIAN KONSEP KERUANGAN TRAVELAPOLIS BERDASARKAN KONTRIBUSI PENDAPATAN ASLI DAERAH TAHUN 2020 DI KOTA BANDUNG Studi Kasus SWK Cibeunying (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).
NIM, B. (2015). FUNGSI DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI PARIWISATA DI KABUPATEN KUBU RAYA. PublikA Jurnal Ilmu Administrasi Negara (e-Journal), 3(4).
Martanto, E., & Rahmawati, R. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN PANTAI WEDIOMBO SEBAGAI SALAH SATU DAYA TARIK WISATA UNGGULAN DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 3(4), 1127-1144.
Martanto, E., & Tipau, A. A. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN BENDUNG TEGAL SEBAGAI OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM DI DESA WISATA KEBONAGUNG KAPANEWON IMOGIRI KABUPATEN BANTUL. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(3).
Mudrikah, A. (2014). Kontribusi sektor pariwisata terhadap GDP Indonesia tahun 2004-2009. Economics Development Analysis Journal, 3(2).
Patra, I. K., & Hayat, T. N. P. S. (2019). Prospek Pengembangan Pariwisata Danau Matano Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Luwu Timur. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 7(2).
Purnaya, I. G. K. P. K. (2017). Pengembangan model pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan obyek wisata alas kedaton. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 7(2), 121-132.
Rahmawati, E., Anggraini, F. D., & Noviastuti, N. (2023). Kualitas Pelayanan PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta terhadap Kepuasan Pelanggan. Mabha Jurnal, 4(1), 1-10.
Robinson, T. K., Kiyai, B., & Mambo, R. (2019). Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara. Jurnal Administrasi Publik, 5(84).
Silooy, R., Haryono, H., & Imamah, N. (2020). Dampak pengembangan desa wisata terhadap pendapatan masyarakat desa wisata (Studi Pada Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Bharanomics, 1(1), 38-42.
Susanti, E., & Aidar, N. (2017). Dampak pariwisata terhadap pendapatan dan manfaat bagi masyarakat sekitar wisata alam Taman Rusa Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 2(1), 94-104.
Salsabila, L., & Kusuma, H. E. (2019). Perspektif terhadap Kawasan Bersejarah: Kategori Pengunjung berdasarkan Korelasi antara Daya Tarik dan Harapan terhadap Kawasan Braga. RUAS, 17(1), 32-42.
Situmeang, I. V. O. (2023). Pariwisata, Perspektif Komunikasi Pembangunan.
Sunyoto, D., & Martanto., E.(2024), Manajemen Pariwisata Lokal Berkelanjutan, Eurika Media Aksara
https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Oyo
https://jogja.tribunnews.com/2023/08/30/kronologi-pelajar-tewas-tenggelam-di-sungai-oyo-bantul
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eko Martanto, Arya Ragil Wijaya, Tri Nurrohmah, Iwan Budiherwanto, Annida Khoiriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.