FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI AKUNTAN PUBLIK: PERAN MODERASI ASAS KEMANDIRIAN

Authors

  • Sri Ayem Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Eva Yulianti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.32477/jkb.v32i2.893

Keywords:

persepsi, kecerdasan adversity, lingkungan kerja, asas kemandirian, minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh moderasi asas kemandirian pada persepsi profesi akuntan publik, motivasi, kecerdasan adversity, dan lingkungan kerja terhadap minat menjadi akuntan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk kuesioner. Penelitian ini mengambil sampel dari beberapa universitas di Yogyakarta yang mempunyai CPA Test Center yang bekerja sama dengan IAPI. Penelitian ini menggunakan metode slovin untuk menentukan jumlah sampel minimal dan diperoleh jumlah minimal 330 sampel. Sedangkan, kuesioner yang dikumpulkan sebanyak 333 sampel. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis regresi moderat (MRA) dengan menggunakan IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi profesi akuntan publik dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap minat menjadi akuntan publik, motivasi dan kecerdasan adversity tidak berpengaruh terhadap minat menjadi akuntan publik. Asas kemandirian memperkuat pengaruh motivasi dan kecerdasan adversity terhadap minat menjadi akuntan publik. Asas kemandirian tidak mampu memoderasi pengaruh persepsi profesi akuntan publik dan lingkungan kerja terhadap minat menjadi akuntan publik

References

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Arif, M. F., Askandar, N. S., & Mahsuni, A. W. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Profesi Akuntan Publik, Motivasi Dan Kecerdasan Adversity Mahasiswa Universitas Islam Malang Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik. E-JRA, 09(01), 60–74.

Astuti, F. D., & Aji, A. W. (2021). Pengaruh Motivasi Ekonomi, Motivasi Karir Dan Persyaratan Akuntan Publik Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Hijrah Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 17–26. http://ejurnalll.unim.allc.id/index.php/prive

Ayem, S., & Hidayat, R. (2021). The Effect of Motivation, Self-Efficacy, Tringa and Understanding of PMK Number 111 / PMK. 03 / 2014 on Career Interest of Accounting Students as Tax Consultants. Accounting Research Journal of Sutallalltmalldjall (ACCRUALS), 05, 14–28.

Cahya, Y. A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Motivasi Ekonomi, Gender, Persepsi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa Berkarir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris Palldall Mallhallsiswall ALLkuntallnsi Universitalls Sallrjallnallwiyalltall Tallmallnsiswall Yogyallkallrtall). Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 239. https://doi.org/10.31315/be.v18i2.5640

Hariyati, D. R., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan antara Optimisme dengan Adversity Quotient pada Fresh Graduate Universitas Negeri Surabaya Desy Rizkyta Hariyati Damajanti Kusuma Dewi Abstrak. Jurnal Penelitian Psikologi Pandemi., 153–164.

Istanti, K. N. (2021). Upaya Guru Menerapkan Sistem Among Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Institut Indonesia Kota Semarang. November, 25–35.

Kusumawardani, I. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik.

Kusumawardani, R. H. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Yang Dimoderasi Oleh Motivasi.

Novianingdyah, I. (2021). Pengetahuan Pajak, Persepsi Mahasiswa, Minat Mahasiswa Berkarir Di Bidang Perpajakan: Asas Kemandirian Sebagai Variabel Moderasi. LITERA: Jurnal Literasi Akuntansi, Accounting 2018, 24–34.

Oktaviani, Y. S., Zoebaedi, F., & Ani, S. M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Menjadi Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila). 1(November).

Paramita S, P. V. Y., & Mediatrix Ratna Sari, M. (2019). Pengaruh Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik, Motivasi, dan Kecerdasan Adversity Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 26, 146. https://doi.org/10.24843/ejall.2019.v26.i01.p06

Puspitasari, D. ALL. (2019). Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Akuntansi Dan Penghargaan Finansial Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Akuntansi Untuk Berkarir Di Bidang Akuntan Publik.

Rahayu, A. A., Erawati, T., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Motivasi Karir, Motivasi Kualitas, Motivasi Sosial, Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(2), 240–264. https://doi.org/10.26618/jrp.v4i2.6324

Senjari, R., Hasan, A., & S, AL. (2016). Pengaruh motivasi, lingkungan kerja dan nilai sosial terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karir sebagai akuntan publik. JOM FEKON, VOL. 3 No., 133–147.

Susanti, N. A., & Afiqoh, N. W. (2023). Pengaruh Kecerdasan Adversity dan Kecerdasan Sosial Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik Universitas Muhammadiyah Gresik. 8(1), 624–638.

Sutikno, K. (2013). Tallpallk dan Tutur. In Pallper Knowledge. Toward all Media History of Documents.

Wahyuni, A. N., & Ayem, S. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik dengan asas Kemandirian sebagai Variabel Moderasi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(1), 1. https://doi.org/10.36339/jallspt.v5i1.393

Wicaksono, Y., & Aisyah, M. N. (2017). Pengaruh Finansial, Lingkungan Kerja dan Tipe Kepribadian Untuk Berkarir menjadi Akuntan Publik. Jurnal Fakultas Ekonomi, 2, 1–19.

Downloads

Published

25-07-2024

How to Cite

Ayem, S., & Yulianti, E. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI AKUNTAN PUBLIK: PERAN MODERASI ASAS KEMANDIRIAN . Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 32(2), 111–132. https://doi.org/10.32477/jkb.v32i2.893