The PEMULIHAN EKONOMI DESA PRENEUR HARGOBINANGUN DAN CANDEN MELALUI KEGIATAN KURASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING
Kurasi Produk dan Pelatihan Digital Marketing
Keywords:
Kurasi Produk, Digital Marketing, Desa Preneur.Abstract
UMKM memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan untuk mendukung pendapatan ekonomi rumah tangga, terutama saat kondisi pandemi covid-19. Dengan adanya program desa preneur diharapakan UMKM desa dengan pendekatan kewirausahaan dapat memiliki kemampuan untuk mengubah potensi menjadi sumber kemakmuran dan kesejahteraan. Adapun masalah UMKM adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan terkait inovasi pengambangan dan pemasaran produk, sehingga produk yang saat ini sudah ada susah untuk dipasarkan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi informasi kepada UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi desa preneur. Solusi permasalahan dilakukan melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD), pelatihan kurasi produk dan digital marketing. Metode penyampaian melalui kegiatan luring berupa ceramah, diskusi, dan pelatihan dimana kegiatan ini diikuti oleh 30 pelaku UMKM desa. Hasilnya menunjukkan bahwa UMKM menjadi mempunyai pengetahuan dan keterampilan tambahan dalam aspek produksi dan pemasaran produk. Namun demikian, UMKM masih perlu meningkatkan kualitas produk karena masih rendahnya UMKM yang mempunyai legalitas berupa ijin usaha maupun ijin edar produk yaitu baru sebesar 47% dan promosi untuk meningkatkan penjualan.
References
Ansari, B., Mirdamadi, S. M., Zand, A., & Arfaee, M. (2013). Sustainable Entrepreneurship in Rural Areas. Journal of Environmental and Earth Sciences, 5(1), 26-31.
Astuti, F. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Sibakul Jogja di Dinas Koperasi dan UKM DIY. Universitas Islam Indonesia.
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. (2020). Keputusan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 001.B/KEP/BID-IV/I/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Desa Preneur. Yogyakarta: Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY.
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. (2021).
Hadi, D. F. & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32-41.
Hanifawati, T. & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Jurnal Warta LPM, 24(3), 412-426.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Jakarta: Rajawali Pers.
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.
Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2).
Kristia. (2019). Model Bisnis Triple Bottom Line Pasar Komunitas Makanan Sehat dan Pengembangannya dalam Mewujudkan Rantai Pasok Pangan Berkelanjutan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7(2), 139-153.
Patimah, S., Hindarsah, I., & Jamaludin, M. (2021). Pemberdayaan Usaha Kecil Manisan Terong Ungu di Desa Warnasari Kecamatan Pengalengan Kabupaten Bandung. Jurnal Warta LPM, 24(4), 581-592.
Roosinda, F. W. & Salshabila, F. A. (2021). Rebranding Koperasi INTAKO Melalui Program Redecor Showroom dan Pemberdayaan Digital Marketing. Jurnal Warta LPM, 24(2), 176-186.
Sari, R. K. (2021). Gerakan Bangga Buatan Indonesia: Dukungan Bagi Kebangkitan UMKM Lokal di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AKRAB JUARA, 6(3), 228-250.
Setyanto, A. R., Samodra, B. R., & Pratama, Y. P. (2015). Kajian Strategi Pemberdayaan UMKM Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan ASEAN (Studi Kasus Kampung Batik Laweyan). Etikonomi, 14(2), 205-220.
Sudaryono, Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-commerce dorong perekonomian Indonesia, selama pandemic covid 19 sebagai entrepreneur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan, 2(3), 200-213.
Sugiono. (2016). Peningkatan Kualitas UMKM dalam Menghadapi Pasar Bebas (Studi Kasus di Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding Bantul, DIY). Jurnal Utilitas, 2(2), 117-121.
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.
Veranita, M., Yusuf, R., Syahidin, Y., Susilowati, R., Fatihah, D. C., & Warsiati, W. (2021). Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar). Jurnal ABDIMAS (Pengabdian kepada Masyarakat) UBJ, 4(2), 159-168.
Wibowo, S., Setyawati, S. M., & Purnomo, R. (2020). Pendampingan Kawasan Ekonomi Terpadu Melalui Pelatihan Produk Kreatif Eco Fashion Di Desa Muntang dan Desa Gambarsari Kabupaten Purbalingga. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper “Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan X”, Purwokerto: 6-7 Oktober 2020. Hal. 543-551.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Triana, Eni Munarsih, Virda Hersy Lutviana Saputri, Adesty Lasally, Anik Widiyanti, Losina Akaresti, Farid Nugroho, Khorifah Arum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.