PELATIHAN PLATFORM DIGITAL UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN RAWON DAN SOTO LAMONGAN MBAK IIN
Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan mencapai keberhasilan usaha UMKM, namun sebaliknya hambatan keberhasilan usaha karena keterbatasan skill pelaku usaha. Tujuan kegiatan pemgabdian masyarakat ini untuk membantu pelaku usaha UMKM dalam meningkatkan penjualannya yang selama satu tahun terakhir menurun. Kegiatan pelatihan Platform Digital ditawarkan untuk memberikan solusi mendongkrak penjualan. Metode pelatihan dengan teknik tutorial dilanjutkan praktik serta monev dan pendampingan. Prasarana yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Handphone (HP). Lokasi pelatihan di warung tempat usaha selama enam hari yaitu 4 Oktober-9 Oktober 2024. Peserta pelatihan dua orang. Hasil pelatihan menunjukkan pelaku usaha mampu mengimplementasikan dalam Platform Digital selama menjalankan transaksi penjualan setiap harinya.Keberhasilan kegiatan pelatihan ini 95%, hal ini dilihat dari indikator hasil penjualan dalam waktu dua hari berhasil meningkat 2%. Dengan keberhasilan kegiatan ini maka kegiatan yang akan datang bisa dilanjutkan dengan pelatihan mengelola modal usaha.
References
Sofiati, “Social media marketing: Instagram,Whatssapp, dan Web Mampukah mempengaruhi Keputusan Pembelian,” vol. V, pp. 1–23, 2024.
[2] E. R. Widyayanti, S. Sofiati, and I. Insiatiningsih, “Pengaruh Digital Marketing: Media Sosial Dan E-Commerce Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Online Di Kota Yogyakarta,” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 565–590, 2024, doi: 10.32477/jrabi.v4i2.1029.
[3] M. Zaenuri and A. Sutanto, “ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PEMBELIAN ULANG (Studi Kasus pada Konsumen Restoran Gudeg Yu Djum Jln. Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg. Sri Katon 2 Yogyakarta),” Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.12928/fokus.v5i1.1618.
[4] Sofiati, “KUALITAS PRODUK DAN HARGA MAMPUKAH MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN ULANG,” vol. 6, no. 1, 2025.
[5] P. Adhistian, T. Dahniar, A. Syahabuddin, Y. Maulana, and M. Mairizal, “IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN SUSU KAMBING ETAWA BUDIDAYA PESANTREN MASYHAD AN-NUR SUKABUMI,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, vol. 1, no. 01, 2020, doi: 10.32493/jpka.v1i01.6903.
[6] G. A. N. Pongdatu, E. Abinowi, and W. S, “PERAMALAN TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN METODE HOLT-WINTER EXPONENTIAL SMOOTHING,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 6, no. 3, 2020, doi: 10.33197/jitter.vol6.iss3.2020.438.
[7] D. Widiantoro, V. B. Utomo, D. K. Khotimah, H. A. Musyafa, and N. V. Feranita, “Pengembangan UMKM dengan Menerapkan Manajemen Keuangan dan Strategi Operasi Pada UMKM Kerupuk Ibu Azizah,” Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.37849/mipi.v5i1.298.
[8] A. M. Utama and N. Sanusi, “Strategi Komunikasi Pemasaran Martabak Mertua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan,” Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.32897/buanakomunikasi.2021.2.2.1114.
[9] R. A. Wijaya, N. I. Qurratu’aini, and B. Paramastri, “Pentingnya Pengelolaan Inovasi dalam Era Persaingan,” Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, vol. 5, no. 2, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sofiati, Kurniawan, Aan Tri Laksono, Anneke, Sahilna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.