ISLAMIC PERSPECTIVE: PENINGKATAN SERVICE QUALITY USAHA MIKRO KECIL MENENGAH
Keywords:
Kualitas Layanan, Islamic Spiritual, Islamic Service Quality.Abstract
UMKM mempunyai peluang, tetapi menghadapi tantangan yang tinggi. Salah satu strategi yang efektif adalah kualitas layanan. Untuk itu UMKM diberi pelatihan dan diskusi, guna meningkatkan kualitas layanan, agar mampu memenangkan persaingan yang sangat ketat, bahkan hypercompetition. Metode pelatihan dan diskusi ini menghasilkan bahwa kondisi kualitas layanan masih perlu ditingkatkan. Akan tetapi mengingat UMKM beragama Islam, maka UMKM sebaiknya menerapkan Islamic Service Quality.
References
[1] Al Farisi, S, Fasa, I., & Suharto (2022), Peran umkm (usaha mikro kecil menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1): 73.
[2] Ekbangsetda, Admin (2019). 3 peran penting umkm, penggeraks ektor ekonomi indoensia di tingkat menengah bawah. Ekbangsetda. 21Maret.
[3] Arifin, R., Ningsih, A.G.T., & Putri, A.K. (2021). The important role of MSMEs in improving the economy. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics, and Law, 24: 6 (Ausgust). ISSN 2289-1560.
[4] Winarto, H. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen UMKM di kabupaten sleman. Jurnal Sosial Sains, 3(1): 49-55, DOI: 10.36418/jurnalsosains.v3i1.671. License: CC BY-SA 4.0.
[5] Putri, N.T. P. & Sinaga, S.A. (2024). Pentingnya kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap keberlangsungan bisnis UMKM. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMBE), 1(3), e-ISSN: 3026-6505.
[6] Parasuraman, A., Valerie, A. Zeithaml and Leonard L., Berry (1988). SERVQUAL: a multiple item scale for measuring consumer perception of service quality. Journal of Management, 64(1), Spring: 12-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Utami Wikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.