KIAT SUKSES BERBISNIS MELALUI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS

Authors

  • Ary Sutrischastini Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Bisnis, Etika Bisnis, Prinsip Etika Bisnis, Dasawisma, Pendapatan Rumah Tangga.

Abstract

Etika bisnis merupakan seperangkat prinsip moral yang mengatur perilaku dalam dunia usaha. Penerapan etika bisnis menuntut perusahaan untuk jujur, bertanggungjawab dan bersifat transparan dalam menjalankan usahanya. Nilai-nilai inilah yang dapat membangun reputasi baik dan kepercayaan kepada semua pihak termasuk pelanggan (konsumen). Penerapan etika bisnis akan memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan dan pertumbuhan usaha dalam jangka Panjang. Hal ini yang menjadi latar belakang kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan mengambil judul Kiat Sukses Berbisnis Melalui Penerapan Prinsip-prinsip Etika Bisnis. Kegiatan PkM dilakukan di Dasawisma Melati II Dusun Bodeh Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta pada tanggal 25 Oktober 2024. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi yang disampaikan pada saat pertemuan rutin Dasawisma Melati II. Kegiatan PkM dihadiri sebanyak 15 orang anggota Dasawisma Melati II. Kegiatan ini mendapat respon positif dari ibu-ibu anggota dasawisma dengan terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait dengan etika bisnis. Dengan bertambahnya pengetahuan, pemahaman dan penerapan etika bisnis, diharapkan bisnis rumah tangga yang dilakukan ibu-ibu dasawisma dapat berkembang dengan lebih baik, keuntungan meningkat dan kesejahteraan meningkat pula.

References

[1] Ary Sutrischastini, “Etika Bisnis Dalam Perspekstif Persaingan Usaha”, Dalam Hartini, “Etika Bisnis Dalam Berbagai Perspektif”, Penerbit Lakeisha, Klaten, hal.228-241, 2024.

[2] Muhammad Birusman Nuryadin, “Urgensi Penerapan Etika Dalam Bisnis”, Jurnal Al-Tijary Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.1, No. 1, 2015

[3] Ramzi Durin, “Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis, Jurnal Valuta, Vol. 6, No. 1, hal 32–41, 2020

[4] Budi Prihatminingtyas, “Etika Bisnis Suatu Pendekatan dan Aplikasinya Terhadap Stakeholders”, Penerbit CV IRDH Purwokerto, 2019.

[5] Pratantia Aviatri dan A. P. Nilasari, “Analisis Penerapan Etika Bisnia Terhadap Kelangsungan Usaha Perusahaan Dagang”, Accounthink: Journal of Accounting and Finance, Vol. 6, No. 02, hal. 14-205, 2021.

[6] Lutfi Amalia, Niken Faizah Rahmaningtyas, dan Sarpini, Prinsip dan Kode Etik Dalam Bisnis, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), Vol. 3, No. 4, 2024

[7] Sonny Keraf, “Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya”, Kanisius, Yogyakarta, 1998

[8] Mahayastina, Niken Junita Ayuningsih dan Rani Febri Astuti,” Pentingnya Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen”, Jurnal of Management and Innovation Entrpreunership (JMIE), Vol.1, No. 2, Hal 1917-1925, 2025.

[9] Fatma Yeni dan Endah Lestari, “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dan Syariah Marketing BMT Mekar Da’wah Serpong Menurut Fatwa DSN-MUI No, 04/DSN-MUI/IV/2000, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 11, No. 2, Hal 231-244, 2020

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Sutrischastini, A. (2025). KIAT SUKSES BERBISNIS MELALUI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 3(1), 46–50. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/1223