Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Becik Keramik

Authors

  • Uswatun Chasanah STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Mathori STIE Widya Wiwaha
  • Mudasetia Hamid STIE Widya Wiwaha
  • Hartanti Widayani STIE Widya Wiwaha
  • Sermi Sermi STIE Widya Wiwaha
  • Alifya Nur Hawa STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Kemasan, UMKM, Produk Keramik

Abstract

Produk yang tidak dikelola dengan baik akan berakibat kurang menarik  bagi pembeli. Salah satu bentuk nyata dari pengelolaan produk adalah melalui penggunaan kemasan dengan baik, menarik dan sehat. Selama ini kesadaran pentingnya kemasan masih rendah terutama pada pengusaha kecil (UMKM). Pemahaman mereka pada kemasan masih terbatas pada wadah atau bungkus yang kalau sudah tidak terpakai akan dibuang. Mengenal macam-macam kemasan, teknologi dan bentuk-bentuk kemasan yang ada dan berkembang saat ini masih jauh dari pemahaman UMKM sehingga kemasan produk  ala kadarnya. Pelatihan desain dan kemasan produk bertujuan memberikan edukasi bagi pengusaha kecil agar memiliki daya saing dalam mengembangkan  dan meningkatkan penjualan, serta mengangkat kesejahteraan perekonomian UMKM dan warga sekitar. Target jangka panjang pelatihan terbentuk embrio rumah kemasan yang menjadi wadah kerjasama dan media belajar pengusaha kecil dalam desain produk dan kemasan. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat UMKM Becik Keramik, Tegal Senggotan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul ,   DIY. Metode kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan diskusi dan sharing dengan mitra.  Secara umum dapat dikatakan kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dilihat dari antusiasme mitra. Keterbatasan kegiatan masalah waktu pelaksanaan pengabdian terbatas dan mensinkronkan waktu dengan mitra. Kegiatan pengabdian dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran UMKM yang memang belum pernah mendapatkan pelatihan tentang desain dan kemasan produk.

References

Dataku (2019), Jumlah UKM di DIY, Bappeda.jogjaprov.go.id

Editor content (2022) “Didukung Jadi Tulang Punggung Ekonomi” https://radarjogja.jawapos.com/jogja/65757924/didukung-jadi-tulang-punggung-ekonomi

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary (2001), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Kurniawan, Harso (2023), “Kemasan Produk, Titik Lemah Daya Saing Pelaku UMKM”, https://investor.id/business/342585/kemasan-produk-titik-lemah-daya-saing-pelaku-umkm.

Rahmawati, Fitri (2003), Materi Pelatihan Kewirausahaan bagi Kelompok UPPKS dna BPPM DIY: Pengemasan dan Pelabelan, Yogyakarta 9-11 September

Sandi, Fajar Billy (2019), “5 Permasalahn UMKM yang sering terjadi di Indonesia dan Solusinya”, https://www.online-pajak.com/permasalahan-umkm

Sandi, Ferry (2023), “Terungkap Biang Kerok Produk UMKM Sering Kalah Saing, Ini Dia”, https://www.cnbcindonesia.com/news/20231006171643-4-478593/terungkap-biang-kerok-produk-umkm-sering-kalah-saing-ini-dia.

Sarimonang Sihombing dan Darna Sitanggang (2018), “Analisis Desain produk dan Jasa”, JRAK, Vol. 4 No. 2, September 2018, Hal. 137-156

Tomi Sujatmiko (2023), “ Nasib UMKM di era Revolusi Industri 4.0”

https://www.krjogja.com/opini/1242957161/nasib-umkm-di-era-revolusi-industri-40

Tjiptono, Fandy (1997), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset

Umdiana, Nana, Sri Suprihatin, Neneng dan Kodriyah (2018), “Pengembangan UKM Melalui Desain Produk dan Kemampuan Bersaing”, Sembadha, 2018, Volume 01, Edisi 01.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Chasanah, U., Mathori, M., Hamid, M., Widayani, H., Sermi, S., & Hawa, A. N. (2024). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Becik Keramik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(1), 13–24. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/920