Upaya Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Bisnis

Authors

  • Sofiati Sofiati STIE Widya Wiwaha
  • Ary Sutrischastini STIE Widya Wiwaha
  • Yenni Kurnia Gusti STIE Widya Wiwaha
  • Joan Kurniawan STIE Widya Wiwaha
  • Anggi Laksamana STIE Widya Wiwaha
  • Naini Setyawati STIE Widya Wiwaha

Keywords:

strategi bisnis, implementasi strategi, keunggulan bersaing

Abstract

Gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta adalah magnet bagi banyak wisatawan dan ini sangat berdampak pada meningkatnya persaingan bisnis kuliner Gudeg di Kota Yogyakarta. Persaingan adalah inti dari keberhasilan atau justru kegagalan dalam bisnis Gudeg di kota Yogyakarta. Hal inilah yang mendasari pengabdian ini dilakukan bersama pelaku usaha kuliner makanan Gudeg Plengkung Bu Eti dengan tujuan mengedukasi, meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam membuat strategi bisnis dan kemampuan meningkatkan daya saingnya. Metode pelaksanaan kegiatan melalui wawancara awal untuk menggali permasalahan, penyuluhan dengan pembekalan materi disertai diskusi, dan implementasi dengan bermain peran bersama peserta Bu Eti dan beberapa karyawannya. Hasilnya, peserta sangat antusias selama kegiatan berlangsung. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan dalam diskusi merumuskan tiga strategi generik (generic strategic) maupun implementasinya melalui strategi efisiensi biaya (cost efficient), strategi diferensiasi produk (product differentiation), dan strategi segmen spesifik (focus) dikombinasikan dengan strategi bisnis yang selama ini sudah berjalan. Demikian juga pada praktek bermain peran meningkatkan keunggulan bersaing peserta dengan motivasi yang tinggi mampu menunjukkan menciptakan daya saing agar daya saingnya meningkat dibanding bisnis Gudeg pesaing. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan peningkatan pada   efisiensi dan efektivitas bisnis Gudeg meskipun belum 100% mengingat keterbatasan waktu peserta ditengah kesibukan kerja. Dengan demikian program kegiatan ini diharapkan berlanjut.

References

Ali Albaz, M. M. (2019). the Strategic Role of Human Resources Planning To Achieve Sustainable Competitive Advantage. Dialogue (1311-9206), 2.

David, F. R. (2016). Manajemen Strategi, Manajemen Strategi Konsep. Manajemen Strategi Perbankan Syariah.

Ermaya, S. K. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Pada UMKM Kuliner. Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(3).

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2). https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Harjadi, D., & Gunawan, W. H. (2022). Dampak Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Usaha Terhadap Daya Saing Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Kasus Pelaku UMKM Pemerintah Kabupaten Kuningan). Jurnal Manajemen Motivasi, 18(1). https://doi.org/10.29406/jmm.v18i1.2551

Hasnah, V. A., & Nugroho, S. P. (2021). Gastronomi Makanan Yogyakarta Sebagai Atraksi Wisata Kuliner. Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture (UNCLLE), 1(1).

Nurchayati, N. (2020). Membangun Kinerja Perusahaan Melalui Peningkatan Perilaku Inovatif dan Motivasi Berbagi Pengetahuan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.208

Primadhita, Y., Ayuningtyas, E. A., & Primatami, A. (2021). Model Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Kinerja Wirausaha Perempuan di Bogor. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1). https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.493

Strategic training and development: Raymond A. Noe and Michael J. Tews. (2020). In The Routledge Companion to Strategic Human Resource Management. https://doi.org/10.4324/9780203889015-27

Tawas, H., & Djodjobo, C. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1214–1224. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5800

Utama, A. (2013). Model Komunikasi Word Of Mouth pada Konsumen Gudeg Pawon di Yogyakarta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 10(1). https://doi.org/10.24002/jik.v10i1.150

http://posspika.kemdikbud.go.id

Maryanto, M., Hamid, M. S., & Prasetyo, A. S. (2023). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 1(4), 767-779.

Fransetyo, A. A. H., Hamid, M. S., & Prasetyo, A. S. (2023). EVALUASI KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA MAGELANG. Jurnal Riset Mahasiswa, 1(2), 276-302.

Sulastiningsih, S., Prasetyo, A. S., Dewi, N. A. S., Ambarwati, A., Ramadhan, M. F., & Mulyani, S. (2023). MEMBANGUN MINDSET DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMA PONDOK PESANTREN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 1(1), 1-10.

Zulkifli, Z., Prasetyo, A. S., & Perwitasari, A. P. (2023). PENGARUH JENJANG PENDIDIKAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 3(1), 214-231.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Sofiati, S., Sutrischastini, A., Gusti, Y. K., Kurniawan, J., Laksamana, A., & Setyawati, N. (2024). Upaya Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Bisnis . Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(1), 25–31. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/921