Peran Penyehat Tradisional Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Authors

  • Nasrodin Nasrodin STIE Widya Wiwaha
  • Nur Widiastuti STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Peran Penyehat Tradisional, Kesehatan Masyarakat, keterampilan Pijat, Bekam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Penyehat Tradisional dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Magelang, mencari faktor penyebab belum optimalnya peran Penyehat Tradisional tersebut serta   merumuskan langkah langkah agar perannya menjadi optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data kualitatif digunakan untuk mengetahui/mengevaluasi peran Penyehat Tradisional, kendala dan solusi pemecahannya. Data-data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Faktor yang menyebabkan belum optimalnya peran Penyehat Tradisional karena sarana prasarana yang dimiliki para penyehat tradisional terbatas belum sesuai dengan ketentuan yang di persyaratkan, kurangnya pembinaan dari pemegang program dikarenakan pemegang program merangkap tugas tugas lain. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meningkatkan supervisi untuk memantau fasilitas pelayanan Penyehat Tradisional dan pembinaan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan.

References

Allaydrus (2011), Penyembuhan Alamiah Dengan Pijat dan Obat Tradisional, Semarang, Widya Karya.

Amperawati (2018), Perlindungan Hukum Bagi Penyehat Pengobatan Tradisional Empiris Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomer 103 Tahun 2014 di Kabupaten Semarang. http://repository.unika.ac.id/eprint/16676. Tanggal akses 10 November 2022

Anastasi (2014), Psychological Testing, Fourth Edition. New York, Mc. Millan. Publishing Co. Inc.

Bahraen (2021), Nikmat Aman Adalah Nikmat Terbesar, Muslim.or.id.Tanggal Akses 10 November 2022

Ema Witna (2019), Pengobatan tradisional di Desa Padang Merbau Kecamatan Seluma Selatan. Link.http://repository.iainbengklu.ac.id. Tanggal akses 10 November 2022.

Flori dkk (2018), Bekam Sebagai Kedokteran Profetik Dalam Tinjauan Hadis, Sejarah Dan Kedokteran Berbasis Bukti, Rajawali Pers PT. Raja Grafindo Persada, Depok.

Misbahudin dkk (2013), Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Pengurus Pusat Perkumpulan Bekam Indonesia (2020), Panduan Pengajaran Bekam Perkumpulan Bekam Indonesia, Penerbit PBI

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 61 Tahun 2016 TentangPelayanan Kesehatan Tradisional Empiris.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Nasional.

Rahimsyah (2012), Penyembuhan Alami Dengan Herbal Dan Pijat Refleksi, Surabaya, Dua Media.

Sekar (2012), Herbal dan Pijat Jawa, Jombang, Lintas Media.

Sugiyono (2016), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, CV. Alfabeta Bandung

Suryabrata (2013), Metodologi Penelitian, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Tedy (2021), Tanaman Obat Warisan Tradisi Nusantara Untuk Kesejahteraan Rakyat, Pusat Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kemeterian Pertanian Republik Indonesia, Bogor.

Maryanto, M., Hamid, M. S., & Prasetyo, A. S. (2023). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 1(4), 767-779.

Fransetyo, A. A. H., Hamid, M. S., & Prasetyo, A. S. (2023). EVALUASI KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA MAGELANG. Jurnal Riset Mahasiswa, 1(2), 276-302.

Sulastiningsih, S., Prasetyo, A. S., Dewi, N. A. S., Ambarwati, A., Ramadhan, M. F., & Mulyani, S. (2023). MEMBANGUN MINDSET DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMA PONDOK PESANTREN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 1(1), 1-10.

Zulkifli, Z., Prasetyo, A. S., & Perwitasari, A. P. (2023). PENGARUH JENJANG PENDIDIKAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 3(1), 214-231.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Nasrodin, N., & Widiastuti, N. (2024). Peran Penyehat Tradisional Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(1), 32–37. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/922