Upaya Menghindari Resiko Kredit Macet Dengan Pelatihan Analisis Kelayakan Kredit Pada BMT Artha Sejahtera

Authors

  • Manendha Maganitri Kundala STIE Widya Wiwaha
  • Linawati Linawati STIE Widya Wiwaha
  • Wahyu Purwanto STIE Widya Wiwaha
  • Rama Sanjaya STIE Widya Wiwaha
  • Azzahra Raudhatul Jannah STIE Widya Wiwaha
  • Vika Nur Afifah STIE Widya Wiwaha

Keywords:

BMT, Kredit Macet, Syariah

Abstract

Pengelolaan keuangan secara syariah pada saat ini sudah mulai disadari oleh masyarakat muslim di Indonesia dan sejalan dengan munculnya kebutuhan masyarakat mengenai Lembaga pengelolaan keuangan secara Syariah tersebut maka berdirilah Koperasi Syariah yang semakin hari semakin tumbuh subur. Salah satu hal yang melatarbelakangi tumbuhnya koperasi syariah adalah sulitnya lembaga perbankan diakses oleh Kelompok Usaha Kecil dan Menengah (KUKM). Koperasi syariah secara khusus bergerak dalam usaha simpan pinjam adalah Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Sebagai lembaga keuangan, Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS), menghimpun dana dari anggotanya dalam bentuk simpanan, dan menyalurkan dana kepada anggotanya dalam bentuk pembiayaan. Permasalahan yang lazim ditemui di Koperasi Jasa Keuangan syariah adalah adanya kredit macet. Agar permasalahan tersebut teratasi dan untuk menekan jumlah angka nasabah bermasalah, maka KJKS BMT Artha Sejahtera sebagai mitra dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mencoba memberikan pelatihan kepada karyawan tentang Analisis Kelayakan Kredit untuk menghindari resiko kredit macet bagi para karyawannya. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para karyawan agar dapat lebih cermat dan berhati-hati dalam menganalisis kelayakan suatu kredit sebelum kredit (pembiayaan) tersebut dikucurkan.

References

BMT Artha Sejahtera. (2022). Profil BMT Artha Sejahtera Yogyakarta. BMT Artha Sejahtera.

kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan (Revisi). RajaGrafindo Persada.

Pegadaian. (2012). Diklat Pegawai Pegadaian 2012. In jakarta. 2012.

Pemerintah Republik Indonesia. (1998). Undang Undang Perbankan. Pemerintah Republik Indonesia.

Sofiani, T. (2014). KONSTRUKSI NORMA HUKUM KOPERASI SYARIAH DALAM KERANGKA SISTEM HUKUM KOPERASI NASIONAL. In Jurnal Hukum Islam (JHI) (Vol. 12). Edisi Desember. http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi

Stain, T., Dirundeng, T., & Barat, A. (2017). ANALISIS KREDIT USAHA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ISLAM DAN KONVENSIONAL: Vol. III (Issue 1).

Maryanto, M., Hamid, M. S., & Prasetyo, A. S. (2023). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 1(4), 767-779.

Fransetyo, A. A. H., Hamid, M. S., & Prasetyo, A. S. (2023). EVALUASI KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA MAGELANG. Jurnal Riset Mahasiswa, 1(2), 276-302.

Sulastiningsih, S., Prasetyo, A. S., Dewi, N. A. S., Ambarwati, A., Ramadhan, M. F., & Mulyani, S. (2023). MEMBANGUN MINDSET DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMA PONDOK PESANTREN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 1(1), 1-10.

Zulkifli, Z., Prasetyo, A. S., & Perwitasari, A. P. (2023). PENGARUH JENJANG PENDIDIKAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 3(1), 214-231.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Kundala, M. M., Linawati, L., Purwanto, W., Sanjaya, R., Jannah, A. R., & Afifah, V. N. (2024). Upaya Menghindari Resiko Kredit Macet Dengan Pelatihan Analisis Kelayakan Kredit Pada BMT Artha Sejahtera. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(1), 38–43. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/923