Peningkatan Kemampuan Manajemen Kas Pada PKPD Indonesia

Authors

  • Khoirunnisa Cahya Firdarini STIE Widya Wiwaha
  • Jazuli Akhmad STIE Widya Wiwaha
  • Qurrata Ayunina Ciptantri STIE Widya Wiwaha
  • Zerena Shovia Ramadini STIE Widya Wiwaha
  • Siti Julita Dewi STIE Widya Wiwaha
  • Decky Melianus Muid STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Manajemen kas, Penerimaan kas, Pengeluaran kas, Laporan keuangan

Abstract

Pusat Pengembangan Kebijakan Daerah atau PPKD Indonesia adalah lembaga yang bergerak di bidang pelatihan sumber daya manusia dan pengembangan media rumah sakit dan institusi pelayanan publik daerah yang berdiri sejak tahun 2013. Lembaga ini bekerjasama dengan rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka memberikan jasa pelatihan sumber daya manusia dan motivasi untuk para manajemen dan staf serta menyediakan jasa konsultasi pembuatan company profile sekaligus mencetaknya ke dalam media promosi berupa brosur, majalah, dan pamflet berdasarkan spesifikasi pesanan/proyek.

Masalah yang dihadapi mitra adalah mitra belum mampu mengelola kas secara efektif dan efisien dimana kadang terjadi kekurangan kas, kelebihan kas, dan pemborosan dan mengakibatkan kurang optimalnya produktivitas mitra. Untuk itu, mitra perlu mengembangkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap sistem manajemen kas saldo demi menjaga neraca kas tetap optimal dan cukup untuk membiayai kegiatan operasional dan dapat diinvestasikan untuk mendapatkan keuntungan.

Solusi yang dapat dilakukan untuk masalah yang dihadapi mitra adalah dengan meningkatkan pengetahuan mengenai sistem manajemen kas yang baik dengan melakukan pencatatan penerimaan kas dan pengeluaran kas harian dan menetapkan jumlah saldo kas optimum. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi manajemen PPKD Indonesia.

References

Bayu, A. and Septiani, A. “Pengaruh Cash Holdings terhadap Nilai Perusahaan”. Diponegoro Journal of Accounting, vol 4, no 4, pp. 1-9, 2015.

Baumol, W.S. “The Transaction Demand for Cash: Inventory Theoritic Approach:. Quarterly Journal of Economics, vol 66, no 4, pp 545-556, 1952.

Haryati, R.A. “Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta”. Jurnal Sekretari dan Manajemen, vol 3, no 1, pp 91-98, 2019.

Lolowang, M. G., Adolfina, and Lumintang, G. “Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan pada PT Berlian Kharisma Pasifik”. Jurnal Emba, vol 4 no 2, pp 177–186, 2016.

Ngafifi, M. “Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol 2, no 1, 2014.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Firdarini, K. C., Akhmad, J., Ciptantri, Q. A., Ramadini, Z. S., Dewi, S. J., & Muid, D. M. (2024). Peningkatan Kemampuan Manajemen Kas Pada PKPD Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(1), 52–56. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/925