PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA USAHA DAGANG FROZEN FOOD

Authors

  • Khoirunnisa Cahya Firdarini Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Subkhan Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Siti Nur Anisa Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Joan Kurniawan Wicaksana Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Dyah Kusumastuti Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Sofia Mart Frozen Food, Manajemen Persediaan, Laporan Stock Aging

Abstract

Sofia Mart Frozen Food merupakan usaha yang menjual aneka macam makanan beku yang mulai didirikan sejak tahun 2020. Jenis usaha ini juga memiliki kelemahan yaitu memiliki sifat bawaan fast moving yang mengharuskan produk harus memiliki perputaran persediaan yang cepat sehingga mitra perlu melakukan manajemen persediaan secara tepat untuk menghindari penumpukan persediaan dan kerusakan/keusangan persediaan karena tersimpan terlalu lama.

Usaha ini telah menggunakan sistem penjualan dan pencatatan persediaan menggunakan komputer sehingga semua data dan laporan yang diperlukan telah dibuat secara otomatis oleh sistem. Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah belum optimalnya pemanfaatan laporan yang dihasilkan oleh sistem sehingga mitra tidak mengetahui perputaran persediaan masing-masing jenis produk sehingga seringkali terjadi kelebihan atau penumpukan di satu jenis produk akan tetapi justru mengalami kekosongan di jenis produk yang lain yang mengalami perputaran yang cepat. Solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh mitra adalah dengan meningkatkan pengetahuan mengenai sistem manajemen persediaan yang baik sehingga kegiatan ini difokuskan pada pelatihan manajemen persediaan dengan metode penyusunan dan analisis laporan stock aging bagi manajemen Sofia Mart Frozen Food. Hasil dari kegiatan ini adalah mitra memiliki ketrampilan menganalisis laporan nilai persediaan dan umur persediaan yang dihasilkan oleh sistem dan menguasai teknik mengelola fisik persediaan secara komprehensif.

References

A.K. Putra and C. Hongdiyanto. 2015. Analisis Penerapan Manajemen Persediaan pada Perusahaan Goodwill. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 13 No 3, 2015.

Ikatan Akuntansi Indonesia (2018) dalam SAK EMKM No. 9.

J. Heizer and R Barry. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Jakarta: Salemba Empat.

M. Hudori1 & Niro Tami B. Tarigan. Pengelompokan Persediaan Barang dengan Metode FSN Analysis (Fast, Slow and Non-moving) Berdasarkan Turn Over Ratio (TOR). Jurnal Citra Widya Edukasi Vol 9 No. 2 Agustus 2019. ISSN. 2086-0412.

Farhatun Nisa, Harry Suharman dan Dede Abdul Hasyir. Ketidakpastian Permintaan Pelanggan sebagai Pemicu Manajemen Persediaan dengan Pendekatan Analisis FSN. Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 5, No. 4 April 2020. ISSN: 2541-0849.

Catalin and Andrea (2020) Brands As a Mean Of Consumer Self-Expression And Desired Personal Lifestyle. Procedia - Social And Behavioral Sciences 109 (2014) 103 – 107.

A. Tamara, A. Suyanto. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Membentuk Perubahan Minat Konsumen Dari Makanan Tradisional Menjadi Makanan Korea di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 3 No. 2/ Agustus 2019. ISSN 2579-4892.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Firdarini, K. C., Subkhan, M., Anisa, S. N., Wicaksana, J. K., & Kusumastuti, D. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA USAHA DAGANG FROZEN FOOD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(2), 73–78. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/993