LITERASI AKUNTANSI DAN KEUANGAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Authors

  • Sulastiningsih Sulastiningsih Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Beta Asteria Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Fatkhan Renaldy Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Anisa Nur Rokhmah Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Literasi, Akuntansi, Manajemen Keuangan, Laporan Keuangan, Pengembangan UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak perekonomian rakyat, terutama rakyat menengah ke bawah. Kurangnya kreativitas dan inovasi menjadi hambatan perkembangan UMKM. Dalam meningkatkan keunggulan daya saing, UMKM menghadapi permasalahan modal, akses pemasaran, penguasaan teknologi dan kemampuan manajerial yang relatif rendah. Kurangnya kemampuan dalam bidang akuntansi dan keuangan membuat UMKM sulit untuk menganalisis kinerja, terutama kinerja keuangan dan kesulitan melakukan perencanaan, pengelolaan dan pengendalian keuangan.

Tujuan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai akuntansi dan manajemen keuangan kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul Provisi Daerah Istimewa Yogyakarta. Target khusus dari kegiatan PkM ini yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam pengembangan usaha melalui pelatihan dan bimbingan dalam meningkatkan kemampuan akuntansi dan manajemen keuangan. Kegiatan program PkM ini dengan melakukan literasi dan sosialisasi kepada para pelaku UMKM, melakukan bimbingan dalam menyusun laporan keuangan, melakukan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bidang akuntansi dan manajemen keuangan. Metode pelatihan yang digunakan dengan melakukan diskusi, tanya jawab dan analisis kasus.

Luaran kegiatan PkM ini adalah peningkatan literasi dan penerapan ilmu akuntansi dasar bagi UMKM, peningkatan pemahaman, pengetahuan dan penerapan konsep dasar manajemen keuangan, peningkatan kompetensi pengusaha kecil dalam menyusun laporan keuangan dan melakukan analisis kinerja keuangan.

References

Eugene F. Brigham and Joel F. Houston, (2012). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Jakarta; Salemba Empat.

Hadri Kusuma, Zukkifli dan Sulastininmgsih (2013), Akuntansi Manajemen, Yogyakarta: EKONISIA UII.

Hadri Kusuma, Sulastiningsih dan Zulkifli (2016), Sistem Pengendalian Manajemen, Yogyakarta: EKONISIA UII.

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Linawati, Evi & Restuti Mi Mitha Dwi (2015), Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Atas Penggunaan Informasi Akuntansi, Conference In Business, Accounting and Management, Vol.2, No. 1.

Nurhayati Sofiah dan Aniek Murniati (2014). Persepsi Pengusaha UMKM Keramik Dinoyo Atas Informasi Akuntansi Keuangan Berbasis Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jurnal JIBEKA. Vol. 8, No. 1.

Robbin, P. Stephen. (2001). Perilaku Organisasi. Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jilid I. Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenhallindo.

Sofyan Syafri Harahap (2009), Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suryana. (2004). Modul 20 Kewirausahaan SMK: Evaluasi dan Pengembangan Usaha. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen PendidikanNasional.

Suryana, (2011). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses MenujuSukses. Jakarta: Salemba Empat.

Winakingtyas dan Sulastiningsih (2024), Islamic Spiritual Perspective: Kubler-Rose Change Curve Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Widya Wiwaha, Nomor 1, Volume 2, https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/924.

Sustainable Regional Economic Growth and Investment Programme (SREGIP), Pelatihan Penyusunan Pembukuan Sederhana (2017).

Sulastiningsih dan Zulkifli (2006), Akuntansi Biaya Dilengkapi Dengan Isu Isu Kontemporer, Unit Penerbitan dan Percetakan STIM YKPN: Yogyakarta.

Sulastiningsih, Aldi Winata dan S Riauwanto. 2020."Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kota Yogyakarta" Jurnal Kajian Bisnis No 1 Volume 28. http://doi.org/10.32477/jkb.v32i1.

Sulastiningsih dkk (2024), Membangun Mindset Dan Motivasi Berwirausaha Siswa SMA Pondok Pesantren, Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Widya Wiwaha, Nomor 1 Volume 1, https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/815.

Sulastiningsih, Suci Utami W dan Dwi Novitasari (2023), Green Entrepreneurship Motivation Model, Academic Journal of Interdisciplinary Studies, Nomor 2 Volume 12, Richtmann Publishing. https://ideas.repec.org/a/bjz/ajisjr/2380.html.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Sulastiningsih, S., Asteria, B., Renaldy, F., & Rokhmah, A. N. (2024). LITERASI AKUNTANSI DAN KEUANGAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(2), 79–85. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/994