STRATEGI MARKETING TERHADAP KOMPETISI ES BATU IKAT LEBIH DIBUTUHKAN DARI PADA ES KRISTAL DI WILAYAH DESA JAGALAN BANTUL

Authors

  • Muhammad Robi Nurwahyudi Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Mohammad Mahsun Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Budi Nurcahyo Prodi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Kuntari Budiyati Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Nafisa Rahma Dewi Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Kualitas, Strategi, Pasar.

Abstract

Teknologi sekarang ini berkembang sesuai kebutuhan manusia. Dari yang mulai simpel maupun yang rumit. Kebutuhan es batu saat ini tumbuh sejajajar dengan junlah tempat usaha atau kuliner dengan konsep outlet minuman atau juga makanan berat.untuk outlet dicontohkan seperti es kepal, es juice, es teh jumbo, dan minuman-minuman lainnya, sedangkan untuk makanan berat dicontohkan seperti halnya bakso, mie ayam, soto dan makanan berat lainnya (Sujatmiko et al., 2022). Dari rata-rata kebutuhan setiap tempat usaha minimal 3 pack atau kalau untuk es batu ikat setara dengan 3 plastik atau dalam rupiah Rp. 15.000,- sedangkan untuk es Kristal dibutuhkan minimal 4 plastik atau setara dengan Rp 50.000,-. Keawetan lebih awet es batu ikat, dikarenakan prosesnya lebih panjang dari pada es batu Kristal. Dengan metode desrkripsi tersebut kegiatan pengabdian masyarakat dengan obyek kompetisi es batu ikat dan es batu Kristal dapat mengahasilkan strategi untuk mempertahankan marketnya.

References

Ramadhan, M. R., & Arifiansyah, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sofia Restaurant Jakarta. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(11), 1667–1682.

Sujatmiko, B., Indraswari, N., Anggaeni, T. T., & Wismandanu, O. (2022). Pelatihan Pemasaran Daring “Digital Marketing” Pada Pelaku Umkm Di Desa Pangadegan, Kabupaten Sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 608. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.37332

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Nurwahyudi, M. R., Mahsun, M., Nurcahyo, B., Budiyati, K., & Dewi, N. R. (2024). STRATEGI MARKETING TERHADAP KOMPETISI ES BATU IKAT LEBIH DIBUTUHKAN DARI PADA ES KRISTAL DI WILAYAH DESA JAGALAN BANTUL. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(2), 86–89. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/995