LITERASI PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Authors

  • Manendha Maganitri Kundala Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Hasanah Setyowati Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Wahyu Purwanto Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Eva Safitri Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Umul Nurrohmah Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Yasmin Yulianti Mony Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Pengelolaan Keuangan, Keluarga, Budgeting

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pengelolaan keuangan keluarga bagi ibu-ibu rumah tangga, khususnya yang tergabung dalam Kelompok PKK RT 08 RW 02 Ngampilan, Yogyakarta. Fokus pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada mitra terkait pentingnya pengelolaan keuangan yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam mengelola keuangan, ibu-ibu rumah tangga dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih efektif, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, dan memanfaatkan peluang investasi yang ada. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra dalam mengelola keuangan keluarga, yang pada gilirannya akan membantu mereka mencapai kestabilan finansial dan kesejahteraan yang lebih baik. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan pada hari Selasa, tanggal 21 Mei 2023, di Ruang Publik RT 08 Ngampilan, Yogyakarta. Pelatihan ini menggunakan metode klasikal selama 2 jam, yang mencakup penyampaian materi tentang dasar-dasar pengelolaan keuangan, pembuatan anggaran keluarga, penghematan biaya, dan strategi investasi. Materi juga mencakup cara mengelola utang dan pentingnya memiliki dana darurat. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan wawasan praktis dan aplikatif yang dapat langsung diterapkan oleh para peserta dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan, dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan keuangan, para ibu rumah tangga akan lebih mampu mengatur keuangan keluarga mereka dengan bijak, menghindari jebakan utang, dan mempersiapkan masa depan yang lebih aman secara finansial.

References

Dewi, L. P. S., & Suarmanayasa, I. N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pendapatan Serta Kontrol Diri Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Program Studi Manajemen Stie Satya Dharma Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen.

Ekofani, A. R. R., & Paramita, R. A. S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Kontrol Diri, dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan FEB UNESA. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(1)

Fauzia, A. N., & Nurdin. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif. Prosiding Manajemen, Vol.5(No.1).

Milenia Ariyati, I., Agustina, F., & Miliani T, G. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM DI INDONESIA. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 10(1). https://doi.org/10.24903/je.v10i1.1217.

Sisilia Maharani, W. C. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Mikro Di Desa Baktiseraga Kecamatan Buleleng. Jurnal Manajemen Bisnis, 4.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Kundala, M. M., Setyowati, H., Purwanto, W., Safitri, E., Nurrohmah, U., & Mony, Y. Y. (2024). LITERASI PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(2), 67–72. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/998