PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM
Keywords:
Desain, Kemasan, UMKM.Abstract
Produk yang tidak dikelola dengan baik akan berakibat pada kurang menarik bagi pembali (konsumen). Salah satu bentuk nyata dari pengelolaan produk adalah melalui membuat atau menggunakan kemasan dengan baik, menarik dan sehat. Selama ini kesadaran pentingnya kemasan masih rendah terutama pada pengusaha kecil (UMKM). Pemahaman mereka pada kemasan masih terbatas pada wadah atau bungkus yang kalau sudah tidak terpakai akan dibuang. Mengenal macam-macam kemasan, teknologi dan bentuk-bentuk kemasan yang ada dan berkembang saat ini masih jauh dari pemahaman para pengusaha kecil tersebut, sehingga kemasan produk yang mereka buat ala kadarnya. Pelatihan pengenalan disain dan kemasan produk di RT. 07 Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY dimaksudkan untuk memberikan edukasi bagi pengusaha kecil di wilayah tersebut akan pentingnya disain dan kemasan produk agar mampu memiliki daya saing dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan penjualan, harapannya dengan pengenalan di masa yang akan datang dapat mengangkat kesejahteraan perekonomian para pengusaha dan warga sekitarnya. Alternatif kegiatan berikutnya adalah pendampingan berupa praktek pembuatan disain produk dan penggunaan kemasan produk dengan target jangka panjang yaitu terbentuk embrio rumah kemasan yang menjadi wadah kerjasama dan media belajar pengusaha kecil dalam hal disain produk dan kemasan.
References
Dataku (2019), Jumlah UKM di DIY, Bappeda.jogjaprov.go.id.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary (2001), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Rahmawati, Fitri (2003), Materi Pelatihan Kewirausahaan bagi Kelompok UPPKS dna BPPM DIY: Pengemasan dan Pelabelan, Yogyakarta 9-11 September.
Sandi, Fajar Billy (2019), “5 Permasalahn UMKM yang sering terjadi di Indonesia dan Solusinya”, https://www.online-pajak.com/permasalahan-umkm
Sarimonang Sihombing dan Darna Sitanggang (2018), “Analisis Desain produk dan Jasa”, JRAK, Vol. 4 No. 2, September 2018, Hal. 137-156
Tjiptono, Fandy (1997), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset
TribunJogja (2016), LIPSUS: 95% Perekonomian DIY Disumbang oleh UMKM
Umdiana, Nana, Sri Suprihatin, Neneng dan Kodriyah (2018), Pengembangan UKM Melalui Desain Produk dan Kemampuan Bersaing, Sembadha, 2018, Volume 01, Edisi 01.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Uswatun Chasanah, Muhammad Mathori, Priyastiwi, Rahayu Nur Afifah, Fitri Nur’aini, Rizki Nur Fajar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.