PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM

Authors

  • Uswatun Chasanah Prodi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Mathori Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Priyastiwi Priyastiwi Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Rahayu Nur Afifah Prodi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Fitri Nur’aini Prodi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Rizki Nur Fajar Prodi Manajemen, STIE Widya Wiwaha

Keywords:

Desain, Kemasan, UMKM.

Abstract

Produk yang tidak dikelola dengan baik akan berakibat pada kurang menarik bagi pembali (konsumen). Salah satu bentuk nyata dari pengelolaan produk adalah melalui membuat atau menggunakan kemasan dengan baik, menarik dan sehat. Selama ini kesadaran pentingnya kemasan masih rendah terutama pada pengusaha kecil (UMKM). Pemahaman mereka pada kemasan masih terbatas pada wadah atau bungkus yang kalau sudah tidak terpakai akan dibuang. Mengenal macam-macam kemasan, teknologi dan bentuk-bentuk kemasan yang ada dan berkembang saat ini masih jauh dari pemahaman para pengusaha kecil tersebut, sehingga kemasan produk yang mereka buat ala kadarnya. Pelatihan pengenalan disain dan kemasan produk di RT. 07 Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY dimaksudkan untuk memberikan edukasi bagi pengusaha kecil di wilayah tersebut akan pentingnya disain dan kemasan produk agar mampu memiliki daya saing dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan penjualan, harapannya dengan pengenalan di masa yang akan datang dapat mengangkat kesejahteraan perekonomian para pengusaha dan warga sekitarnya. Alternatif kegiatan berikutnya adalah pendampingan berupa praktek pembuatan disain produk dan penggunaan kemasan produk dengan target jangka panjang yaitu terbentuk embrio rumah kemasan yang menjadi wadah kerjasama dan media belajar pengusaha kecil dalam hal disain produk dan kemasan.

References

Dataku (2019), Jumlah UKM di DIY, Bappeda.jogjaprov.go.id.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary (2001), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Rahmawati, Fitri (2003), Materi Pelatihan Kewirausahaan bagi Kelompok UPPKS dna BPPM DIY: Pengemasan dan Pelabelan, Yogyakarta 9-11 September.

Sandi, Fajar Billy (2019), “5 Permasalahn UMKM yang sering terjadi di Indonesia dan Solusinya”, https://www.online-pajak.com/permasalahan-umkm

Sarimonang Sihombing dan Darna Sitanggang (2018), “Analisis Desain produk dan Jasa”, JRAK, Vol. 4 No. 2, September 2018, Hal. 137-156

Tjiptono, Fandy (1997), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset

TribunJogja (2016), LIPSUS: 95% Perekonomian DIY Disumbang oleh UMKM

Umdiana, Nana, Sri Suprihatin, Neneng dan Kodriyah (2018), Pengembangan UKM Melalui Desain Produk dan Kemampuan Bersaing, Sembadha, 2018, Volume 01, Edisi 01.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Chasanah, U., Mathori, M., Priyastiwi, P., Afifah, R. N., Nur’aini, F., & Fajar, R. N. (2024). PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha, 2(2), 90–100. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jpm/article/view/999