PENGARUH LOKASI, KUALITAS LAYANAN, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN MASAKAN PADANG MINANG PAIBO

Authors

  • Assyifa’ Juliantri STIE Widya Wiwaha
  • Yunita Fitri Wahyuningtyas STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Awal Satrio Nugroho STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1006

Keywords:

Lokasi, Kualitas Layanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi, kualitas layanan, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Masakan Padang Minang Paibo secara parsial dan simultan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan pengujian instrumen data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas dilanjutkan dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji yang terakhir yaitu analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t (parsial) dan uji f (simultan), serta uji koefisien determinasi (R2). Alat analisis menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lokasi dan variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Masakan Padang Minang Paibo, sedangkan pada variabel fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Masakan Padang Minang Paibo. Kemudian secara simultan menunjukkan bahwa variabel lokasi, kualitas layanan, dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Masakan Padang Minang Paibo.

References

Arrumedius, A., Bakkareng, & Afrizoni, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Budiman Kota Padang Cabang Pondok. Jurnal Matua, 4(3), 619–632.

Ferditya, R., & Wibowo, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan di Warteg Kharisma Bahari Cicadas Gunung Putri. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2), 705–714.

Gustomo, R. P., & Wahyuni, D. U. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Panji Sport Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(10), 1–20.

Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal of Management, 5(1), 348–358.

Lumempow, K. R., Worang, F. G., & Gunawan, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swiss Bel Hotel Maleosan Manado. Jurnal EMBA, 11(1), 1–11.

Mansandra, H., Chandrayanti, T., Meri, ;, & Anggraini, D. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Resto Incim Alahan Panjang. Jurnal Matua, 5(1), 15–28.

Risna, K., Novrina, D., Arifin, H., Pelayanan, P. K., Dan, H., Terhadap, L., Risna, K., Putri, H., Novrina, D., & Arifin, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Ilos Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 17(1), 1–9.

Sasmita, Darmawan, A., Burda, A., Suhardi, Y., & Zulkarnaini. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Kedai Kopi Nikmat Rawamangun). Jurnal Manajemen STEI, 6(1), 1–8.

Sogen, P. M. ., Bunga, M., K.I.D.D.Dhae, Y., & Fanggidae, R. P. C. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Aroma Kota Kupang. Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 4(3), 681–693.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Juliantri, A., Wahyuningtyas, Y. F., & Nugroho, M. A. S. (2024). PENGARUH LOKASI, KUALITAS LAYANAN, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN MASAKAN PADANG MINANG PAIBO. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 417 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1006