PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PADA PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Az-zuhaira Az-zuhaira STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Mathori STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1008

Keywords:

E-commerce, Online Shop, Cosmetics, Product Attributes, Service Quality, Purchasing Decisions

Abstract

This research aims to determine the influence of product attributes and service quality on purchasing decisions for cosmetic products on the Shopee e-commerce platform, with a sample of 130 user respondents. This research uses a quantitative method with an online questionnaire via Google Form, which is then processed using descriptive analysis methods, classical assumption testing, and hypothesis testing using SPSS Version 25. The test results show that the product attribute variable (X1) has a positive and significant effect on purchasing decisions, the service quality variable (X2) has a positive and significant effect on purchasing decisions, these two variables simultaneously also influence purchasing decisions, so it can be said that all existing hypotheses in this study it was accepted, namely that it had a positive and significant effect.

References

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. (1994). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Indriyanti. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Buku Di Togamas Jl. Dr.Moewardi 21 Solo. Skripsi. Solo : Universitas Muhammaddiyah Surakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kartikasari, A., & Albari, A. (2019). The influence of product quality, service quality and price on customer satisfaction and loyalty. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 3(1), 49-64.

Luthfiana, Revalia. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi dan Hedonic Shopping Motives yang Mempengaruhi Impulse Buying dalam Pembelian Secara Online. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Machfoedz, Mahmud. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Pamuji, Novian Yuga. (2011). Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Pro mosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise (Studi pada Kedai Digital 7 di Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ratminto dan Atik Winarsih. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawan. (2011). Pengaruh Atribut Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Jupiter Series Pada Dealer Yamaha Agung Motor Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Semarang.

Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyatno, B. (2017). Pengaruh Atribut Produk, Iklan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Shopping Goods Melalui Media Online (Studi Kasus: Mahasiswa STKIP PGRI Ngawi Tahun 2016). Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Syahbi, A. S. (2014). Pengaruh Harga, Produk, Pelayanan, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Busana Muslim (Studi Kasus Karita Square Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).

Widowati, Maduretno dan Agus Budi Purwanto. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Visual Merchandising Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Minimarket Alfamart Di Kota Semarang). Jurnal Fokus Ekonomi. Semarang.

Wydyanto, dan Ridho Rafiq. (2021). The Influence of Service Quality and Product Quality on Purchase Decision and Customer Satisfaction (Marketing Management Literature Review). Dinasti International Journal of Management Science. Jakarta.

E-commerce Paling Banyak Dikunjungi Sepanjang 2023. (2023, Oktober 16). Diakses pada Januari 18, 2024 dari website : https://goodstats.id/.

Kemenperin-Industri Kosmetik Sumbang PDB 1-78 Persen Sepanjang 2022. (2022, Oktober 25). Diakses pada Januari 18, 2024 dari website : https://kumparan.com/.

Sejarah Berdirinya Shopee. (Terakhir disunting 2023, Oktober 02). Diakses pada Januari 18, 2024 dari website: https://id.wikipedia.org/.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Az-zuhaira, A.- zuhaira, & Mathori, M. (2024). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PADA PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 448 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1008