PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Kinanthi Larasshati Prodi Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha
  • Priyastiwi Priyastiwi Prodi Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1026

Keywords:

Kompetensi digital, efektivitas kerja, produktivitas kerja.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi pada era industri 4.0 ini memberikan dampak yang cukup besar terhadap industri perbankan, yaitu adanya tuntutan untuk mengembangkan produk dan layanan berbasis teknologi atau layanan digital perbankan. Dengan adanya digitalisasi, diharapkan dapat membantu pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bisa menjadi lebih efektif dan tentunya efisien. Salah satu faktor utama pendorong keberhasilannya yaitu kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh perusahaan. Apabila orang-orang yang bekerja dalam suatu perusahaan memiliki kompetensi yang tepat, maka sumber daya manusia akan memiliki kapasitas produktivitas kerja yang maksimal. Produktivitas yang maksimal akan membantu organisasi untuk mencapai tujuan akhir organisasi yaitu efektivitas kerja organisasi. Metode penelitian yang dipilih adalah kuantitatif dengan kuesioner yang disebar melalui google form ke seluruh karyawan PT Bank BPD DIY Cabang Bantul. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi digital berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja organisasi, juga berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja.

References

Adji, P. &. (2013). Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan.

Aini, S. N. (2021). Pengaruh Kompetensi Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Divisi HR & CA PT. Tanjungenim Lestari PULP And Paper Kabupaten Muara Enim. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Algifari. (2013). Statistika Deskriptif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Algifari. (2015). Statistika Deskriptif plus untuk ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Algifari. (2016). Statistika Induktif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Algifari. (2018). Statistika Deskriptif Plus Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM Yogyakarta.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Ananta, F. (2017). Pengaruh Harga Dan Free Wfi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Angkringan Di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan.

Anin, A. (2012). Hubungan Self-Monitoring Dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazeland.

Ary Ferdian, A. R. (2019). Pengaruh Budaya Digital Terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Pendidikan Telkom. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16, 129-148.

Augusty, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen.

Aulia Asri Choirinisa, K. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Digital terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5).

Berman dan Evans. (2013). Retail Management. 12th Edition. Jakarta; Pearson. Buchari Alma.

Berman, B. &. (2014). Retail Management Edisi 12, Alih Bahasa.

Boyd, H. W. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan orientasi global.

Br. Ginting, S. S. (2018). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi pada Pengguna Aplikasi Lazada di Kecamatan Pancur Batu).

Brett, J. (2019). Evolving Digital Leadership: How to Be a Digital Leader in Tomorrow’s Disruptive World. New Southwales, Australia: Apress.

Brutou. (2006). The Psychological of Women (seventh).

Cahyono, E. (27. Maret 2018). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Haettu 26. November 2023 osoitteesta https://setkab.go.id/revolusi-industri-4-0-dan-transformasi-organisasi-pemerintah/

Cashman, S. (2007). Discovering Computers. Menjelajah Dunia Komputer. Fundamental, Edisi 3. 83.

Cenadi, C. S. (1999). Corporate Identity, Sejarah dan Aplikasinya - makalah.

Eni Mahawati, I. Y. (2021). Analisis Beban Kerja dan Produktivitas Kerja. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Felita Sasongko dan Dr. Hartono Subagio, S. M. (2013). Pengaruh Kualitas. Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferrari, A. (2012). 7th European Conference Technology Enhanced Learning. Digital Competence in Practice.

George Rizki Wibowo, D. S. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Pengguna Shopee.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Hilmy, M. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk. Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Aplikasi MyIndiHome Di. Bandung 2018).

Hsin-Hsiao. (2013). Effect of Cryoprotectants on The Quality Of Surimi During Storage at -20c.

Nida Rafa Arofah, Y. P. (2020). Internet Banking dan Cyber Crime: Senuah Studi Kasus di Perbankan Nasional. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18.

Phillip, K. (2009). manajemen pemasaran edisi 1.

Prawita., S. d. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya.

Puspitadewi, I. (Desember 2019). Pengaruh Digitalisasi Perbankan Terhadap Efektivitas dan Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5.

Sedarmayanti. (2010). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Seran, S. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Deepublish.

Servilina, O. (2020). Pengaruh Kinerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Administrasi Publik, 4.

Sofwan Baharrudin, M. L. (2021). Pengaruh Kompetensi Digital dan Keterikatan SDM Terhadap Kinerja Dispermades Provinsi Jawa Tengah. Seminar Nasional dan Call for Papers 2021.

Solomon, M. R. (2009). Consumer Behavior in Fashion. Pearson/Prentice Hall.

Statistik, B. P. (2019). Survei Sosial Ekonomi Nasional.

Sukotjo, I. (2002). Pengantar Bisnis Modern, Edisi. Ketiga, Liberty. Yogyakarta.

Sumantri, A. L. (2011). Identifikasi Hambatan Organisasi dalam Memperdayakan Sumber Daya Manusia Serta Hubungannya dengan Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Psikologi.

Survey, R. S. (2014). Survey Kepuasan Konsumen Belanja Online.

Sutarso, Y. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Pertama). Surabya: Kencana Prenada Media Group.

Widodo, D. I. (2018). erencanaan dan Pengembangan Produk. Yogyakarta :UII Press.

Wiroatmodjo, K. (2017). Konsolidasi Perbankan Merespons Revolusi Digital (Osa/vuosik. No 130 Tahun XXXIV). Jakarta: Badan Pengurus Perbanas.

Wong, J. (2010). Electronic. Commerce : A Managerial Perspective. Prentice Hall, New Jersey.

Xi, H. H. (2016). Impulse Purchase Behavior in Social Commerce: The Role Of Social Influence. PACIS.

Yu, C. (2010). Hedonic shopping value and impulse buying behavior in transitional economies.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Larasshati, K., & Priyastiwi, P. (2024). PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 514 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1026