ANALISIS PENJUALAN DAN LABA SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI QRIS PADA WARUNG BAKMI TKTDW PERIODE JULI 2021 SAMPAI JUNI 2023

Authors

  • Hasanah Setyowati STIE Widya Wiwaha
  • Ajeng ‘Aini Halimah STIE Widya Wiwaha
  • Manendha Maganitri Kundala STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1028

Keywords:

QRIS, Sales, Profit.

Abstract

This study aims to analysis sales and profit before and after implementation of QRIS in food stall of Bakmi Jawa TKTDW. QRIS is a QR Code standard created by Bank Indonesia to facilitate digital payments through server-based electronic money applications, electronic wallets and mobile banking. Standardization is carried out so that transactions using QR Codes are easier, faster and safer. The method used in this research is qualitative method, descriptive analysis techniques. Data is collected by doing interviews and using secondary data. The secondary data collected is income statement from Bakmi TKTDW. The results of this research show that: (1) before implementation of QRIS do not affect sales and profit and (2) after implementation of QRIS do not affect sales and profits.

References

, P. (2018). PSAK Tentang Laporan Keuangan Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Ikatan Akuntansi Indonesia.

Adetia, S. N. (2023). “Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Di Purbalingga Sebelum Dan Setelah Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).”

Ayuningtias, T. dan E. A. (n.d.). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Vol.22 No., 26.

Azwar. (2017). Index of Syariah Financial Inclusion in Indonesia. Jurnal Buletin Ekonomi Moneter Perbankan (BEMP), Vol 20.No.

Davis, F. . (1989). Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology, Massachusetts Institute of Technology. Vol.13 No., 319–335.

Eris Tri Kurniawati, Idah Zuhroh, D. N. M. (2021). “Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial.” Http://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Skie, Vol/.05 No, 23–30.

Fadly, M. A. P. dan W. (2022). “Pelatihan Pemanfaatan dan Pendampingan Pembuatan QRIS (QR Code Indonesian Standard) Sebagai Media Digitalisasi ZIS di Desa Glinggang Kabupaten Ponorogo.” Vol.4 No.2.

Hardiansyah, E. (2023). “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Terhadap Peningkatan Pendapatn UMKM Di Kecamatan Curup.”

Hardiwardoyo, W. dan. (n.d.). Kerugian Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Bussines and Entrepreneurship, Vol.2, No.(Baskara).

Kahmidatunissa, Negina Kencono Putri, dan T. (2022). Persepsi Penggunaan QRIS Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Laba Rugi Berbasis SAK EMKM. Call for Papper and National Conference 2022.

Kieso, et al. (2010). Akuntansi Intermediate. Erlangga.

Mahyuni, I. W. A. S. dan L. P. (2020). “QRIS Di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 921–946.

Masdiantini, L. P. A. K. W. dan P. R. (n.d.). “Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Faktor Sosial Budaya, Motivasi Hedonis dan Nilai Harga terhadap Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, Vol.12 No.

Musa. (2016). Bauran Promosi. Sari Kuliah, Satu Nusa, Bandung.

Nugroho, N. dan C. (n.d.). Perekonomian Masyarakat Kelurahan Tounsaru Pasca Merebahnya Wabah Covid-19. Jurnal Ekonomi Entrepreneurship Dan Inovasi, Vol.1, No., Hal 60.

Purba, A. M. (2019). Analisis SAK EMKM pada penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Berelang, Vol.3, No., Hal 55-63.

Purba, et al. (2021). Ekonomi Pembangunan. Medan : Yayasan Kita Menulis, 44.

Resseffendi. (2010). Metode Penelitian. NASPA Journal, 26–36.

Rizaldi, Z. H. dan A. (n.d.). Merespon Nalar Kebijakan Negara Dalam Menangani Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik Indonesia, Vol.7, No., 48.

Rudjito. (n.d.). Strategi Pembangunan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, dalam makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperoleh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.

Sagoro, K. A. P. dan E. M. (2021). “Analisis Faktor-Faktor Minat Penggunaan Mobile Payment Pada Usaha Kecil Dan Mikro (UKM) Di Yogyakarta.” Vol.9, No.

Senda Yunita Leatemia, Theresia Febiengry Sitanala, A. A. B. dan P. C. G. (n.d.). “Pengaruh Financial Technology Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).” Vol.5 No.1.

Simamora, H. (2004). Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis.

Sofyan Syafri, H. (2001). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Liberty, Yogyakarta.

Suryana. (2009). Kiat dan Proses Menuju Sukses. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Edisi 3 Salemba Empat Jakarta.

Suwardjono. (2008). Teori Akuntansi : Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta : BPFE, 464.

Swastha, B. (2001). Manajemen Penjualan. cetakan kelima BFSE : Yogyakarta.

Turmudi. (2017). Pembiayaan Mikro BRI Syariah : Upaya Pemberdayaan dan Peningkatan UMKM oleh BRI Syariah Cabang Kendari. Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam 2 (2), 20.

Wildana Nur, A. (2019). Buku Sakti Pengantar Akuntansi. Yogyakarta, Quadrant, 100.

Wulandari, A. (2022). “Pengaruh Penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Terhadap Omset Penjualan Pada Usaha Darul Huda Snack Kecamatan Ukui Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah.”

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Setyowati, H., Halimah, A. ‘Aini, & Kundala, M. M. (2024). ANALISIS PENJUALAN DAN LABA SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI QRIS PADA WARUNG BAKMI TKTDW PERIODE JULI 2021 SAMPAI JUNI 2023. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 591 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v4i2.1028