KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK COCA-COLA: APAKAH MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN?
Keywords:
Product Quality, Price, Brand Image, Purchasing Decision.Abstract
Coca-Cola tetap menjadi merek minuman bersoda paling populer di Indonesia, meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan merek minuman bersoda lainnya. Kajian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Product Quality, price dan brand image memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk Coca-Cola. Kajian kuantitatif ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Konsumen yang tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan telah membeli minuman ringan Coca-Cola adalah subjek penelitian ini. Metode pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner kepada seratus responden. Studi ini memberikan hasil sebagai berikut: (1) product quality tidak memengaruhi Purchasing decision secara signifikan, (2) price memengaruhi Purchasing decision secara signifikan, (3) brand image tidak memengaruhi Purchasing decision secara signifikan dan (4) variabel yang paling dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian adalah harga.
References
Alvian, I. G. P. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen “Masalah.” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(4). Retrieved from https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/1783/1422
Anggraeni, B., Kumara, D., Aulia Husna Sujudi, F., Hasani, Q., & Rachmawati, M. (2021). The Influence Of Product Quality And Price On The Purchase Decision At Kedai Coffe “Abraham And Smith” Bandung. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(11), 1078–1083. https://doi.org/10.17762/TURCOMAT.V12I11.5999
AnnualReports.com. (n.d.). Coca-Cola Amatil Ltd - AnnualReports.com. Retrieved October 25, 2024, from https://www.annualreports.com/Company/coca-cola-amatil-ltd
Ayunani, N. A., Varadina, Y., & Octavia, Ta. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 290–299. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Basith, A., & Fadhilah, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 9(3), 192–203. https://doi.org/10.29244/jmo.v9i3.28224
Carla M. R. Da, Moenardy, K. K. M., & Ximenes, L. X. (2023). The Effect of Product Quality, Price, and Promotion on Satisfaction Customers. Journal of Digitainability, Realism & Mastery (DREAM), 2(12), 352–389. https://doi.org/10.56982/dream.v2i12.184
Devi Natalia, Nana Sutisna, C. G. F. (2020). The Influence of Price and Quality of Products on The Purchase Decision of Bread Products. International Journal Management and Economic, 2(3), 147–151.
Dian Sudiantini, Dwi Nurambarwati, Faizah Dwi Julianti, Farhan Febriansyah Putra, Gaida Putri Naraya, & Gea Verina Nazara. (2023). Inovasi Dalam Manajemen Pemasaran Dan Menjaga Relevan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(2), 129–138. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i2.378
Effendi, Z. R., Sentosa, E., & Nursina. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Seikou Coffee Depok. Ikraith-Ekonomika, 5(1), 31–38.
GoodStats. (2022). Minuman Bersoda Favorit. Retrieved May 24, 2024, from https://goodstats.id/article/5-merek-minuman-bersoda-favorit-masyarakat-indonesia-2022-kIMne
Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034
Heriyadi. (2018). Strategi Positioning Dalam Persaingan Bisnis (Points of Difference Dan Points of Parity). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 03(03), 261–271. Retrieved from https://www.gooto.com/read/1051222/gai
Iswanti, P., & Dhea Permata Sari, C. (2023). Analisis Pricing Global Dalam Pemasaran Internasional: Strategi Dan Faktor Penetapan Harga. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30), 1082–1088. Retrieved from https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.21227
Maulana, M. I. N. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Shopee. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(3), 140–156. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i3.868
Pristiawan, H. E., Mariah, M., & Bahasoan, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bakso Granat Malang Indah. Nobel Management Review, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i1.2865
Rifai, W. A., & Sigit, M. (2022). Pengaruh Citra Merek , Sikap Konsumen , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dengan Harga sebagai Variabel Intervening ( Pertimbangan Mahasiswa yang Berkuliah di Yogyakarta dalam Membeli iPhone ). Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(04), 15–29.
Sahara, N. I., & Prakoso, F. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 31–38. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476
Sander, D. A., Chan, A., & Muhyi, H. A. (2021). Keterkaitan Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tinjauan Sistematis Literature Review. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(3), 241–257. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i3.241-257
Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 141. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech139
Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), 392–403. Retrieved from https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4
Yohana Dian Puspita, & Ginanjar Rahmawan. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644
Yuli, & Riswandari, E. (2017). Analisis Penentuan Harga Jual Berdasarkan Metode Cost-Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing. Jurnal Akuntansi Bisnis, 4(2), 100–113.
Yuliastuti, L. M., & Susila, G. P. A. J. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Pada Marketplace Lazada di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 22. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.32639