EVALUASI PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MICROSOFT MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD
Keywords:
Balance Scorecard, Kinerja perusahaan, Evaluasi kinerja.Abstract
Dalam bisnis yang kompetitif, kinerja perusahaan sangat penting. Evaluasi kinerja memungkinkan identifikasi kekuatan dan kelemahan serta dasar penyusunan anggaran. balanced scorecard membantu menyelaraskan visi dan tujuan perusahaan dengan metrik kinerja. Namun, banyak perusahaan menghadapi tantangan dalam penerapannya, mengakibatkan kinerja yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penerapan balanced scorecard di Microsoft dan mengidentifikasi elemen yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan data sekunder melalui analisis studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Microsoft telah melakukan inovasi terhadap perubahan teknologi selaras dengan visi misinya menjadi pemimpin pasar. Berdasarkan hasil analisis data dengan metode Balanced Scorecard, maka diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Dari segi keuangan pada perusahaan Microsoft cukup baik, hal ini dibuktikan oleh proyeksi keuangan yang dominan mendekati nilai estimasi; (2) Dari segi pendapatan, Perusahaan Microsoft juga memiliki berbagai produk dan pendapatan mengalami kenaikan setiap tahun, hal ini tentunya dapat bernilai positif bagi Perusahaan; (3) Dari segi inovasi, Perusahaan Microsoft berinvestasi jangka Panjang dengan menekan anggaran, yakni dengan memberikan pelatihan sehingga kedepannya peserta dapat membantu Microsoft dalam mengembangkan produk.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.). Syakir Media Press.
Awaliya, E., Suhendri, N., Goharwin, Sibarani, T. P., Wildani, L. N., Zabrina, F. S., & Anantia, R. (2023). Analisis lingkungan bisnis internal dan eksternal PT Nestle Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 1525–1534. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1097
Davis, S., & Albright, T. (2021). Implementing the balanced scorecard: A systematic review of the literature. Management Accounting Research, 54, 100795.
Istiqomah, A. (2023). A LITERATURE REVIEW: KEPUTUSAN INVESTASI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 17(1), 173-178. doi:10.19184/jpe.v17i1.39359
Juan, E., & Indrawati, L. (2023). Pengaruh kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan brand image terhadap kepuasan konsumen melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.32524/kkjm.v2i1.757
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2020). The strategy-focused organization: How balanced scorecard companies thrive in the new business environment. Harvard Business Review Press.
Kniffin, K. M., Narayanan, J., Anseel, F., Antonakis, J., Ashford, S. P., Bakker, A. B., Vugt, M. V., & et al. (2021). COVID-19 and the workplace: Implications, issues, and insights for future research and action. American Psychologist, 76(1), 63–77.
Kusnadi, B. O. P., & Rahayu, Y. (2021). Perspektif balanced scorecard sebagai pengukuran kinerja organisasi. Jurnal ABC, 10.
Marr, B. (2020). Key performance indicators: The 75+ measures every manager needs to know. Financial Times Publishing.
Maulana, M. A., Puspa, T., NurKhoirunnisa, A., Haikal Murzid, M. M., & Simanjuntak, W. A. (2023). Analisis manajemen strategik perusahaan pada Ayam Penyet Cabe Ijo “Sinar Karsi.” Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 587–600. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15527
Microsoft. (2024, April 30). Microsoft announces US$1.7 billion investment to advance Indonesia’s cloud and AI ambitions. Microsoft Stories Asia. https://news.microsoft.com/apac/2024/04/30/microsoft-announces-us1-7-billion-investment-to-advance-indonesias-cloud-and-ai-ambitions/
Nur Rahmawati, & Krisna, P. (2023). Competitive strategy analysis for digital products on Kompas Daily. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 13(2), 84–90. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.84-90
Putri, N. D., Marwati, P. K. S., Bustan, B., & Ilahi, A. A. A. (2023). Dampak budaya organisasi terhadap inovasi dalam perusahaan teknologi: Sebuah penelitian kualitatif. Jurnal XYZ.
Putri, N. V., & Daud, R. M. (2023). Pengukuran kinerja balanced scorecard (studi kasus pada PT. Telkom Indonesia Tbk., Witel Sumatera Utara). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 8(3), 356–366. https://doi.org/10.24815/jimeka.v8i3.24518
Raburga, O., & Sutabri, T. (2023). Implementasi metode UCD (User Centered Design) pada rancang bangun sistem informasi perpustakaan SMA N 19 Palembang. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 39–46.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian (Cetakan 1). Literasi Media Publishing.
Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian pendidikan agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318.
Mohajan, H. K. (2018). Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of economic development, environment and people, 7(1), 23-48.
Heriana, K. (2023). Analisis manajemen pajak pada perusahaan manufaktur: Studi kasus PT OMG. Educoretax, 3(4), 286-300. https://doi.org/10.54957/educoretax.v3i4.572