MODEL INOVASI EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL BAGI UKM DALAM MENEMBUS PASAR EKSPOR
Keywords:
UKM, Ekspor, Inovasi, Digital, Ekonomi Kreatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan satu model inovasi ekonomi kreatif berbasis digital bagi UKM dalam menembus pasar ekspor. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memberikan gambaran bagi UKM bagaimana Langkah yang harus ditempuh dalam memasarkan produknya ke mancanegara diera digital saat ini. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dengan sampel penelitian berjumlah 160 responden. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dari berbagai bidang usaha seperti kuliner, fesyen, kerajinan, jasa, dan lain-lain. Responden adalah pelaku usaha yang menjalankan usahanya dengan mengembangkan inovasi dunia digital melalui e-commerce. Selain itu mereka adalah pelaku usaha yang memiliki keinginan dan harapan untuk dapat menembus pasar ekspor. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini memiliki tujuan dalam pengembangan model ekonomi kreatif guna mendukung UKM go global melalui digital. Desain penelitian adalah nonprobability sampling dan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Metode analisis data penelitian menggunakan PLS SEM, penelitian ini menguji variabel Digital Technology Adoption, Digital Marketing, E-Commerce, Innovation dan Export. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model temuan penelitian memberikan hubungan saling pengaruh positif signifikan dari 5 hipotesis penelitian.
References
Anis, M., & Widiasari, N. (2015). Analisis Kesiapan Industri Kreatif Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). In UMS (Ed.), Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) (pp. 1–6). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ardhiani, L. N. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quiooerschool.com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). In Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantitative Research). Istiqra’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100.
Do Hyung, L., & Dedahanov, A. (2014). Firm performance and entrepreneurial, market and technology orientations in korean technology intensive smes. Asian Social Science, 10(22). https://doi.org/10.5539/ass.v10n22p37
Edeh, J. N., Obodoechi, D. N., & Ramos-Hidalgo, E. (2020). Effects of innovation strategies on export performance: New empirical evidence from developing market firms. Technological Forecasting and Social Change, 158. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120167
Effendi, M., Sugandini, D., Istanto, D., Arundati, R., & Adisti, T. (2020). Adopsi teknologi pada UKM (Zahir Publ).
Erwin, Suade, Y. K. M., & Poernomo, W. (2021). Analyzing Digital Marketing, Green Marketing, Networking and Product Innovation on Sustainability Business Performance, Silk …. International Journal of Economic, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 814–821.
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.
Fitriana, A. N., Noor, I., Hayat, A., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (n.d.). PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA BATU ( Studi tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu ). 2(2), 281–286.
Gunday, G., Ulusoy, G., Kilic, K., & Alpkan, L. (2011). Effects of innovation types on firm performance. International Journal of Production Economics, 133(2), 662–676. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2011.05.014
Harahap, L. K. (2018). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square). Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang, 1, 1.
Herman, L. E., & Rahmawati. (2016). e-Marketing Strategi Pemasaran UKM Berbasis Teknologi Informasi Untuk Menembus Pasar Global. IENACO, Semnas, 711–717.
Holroyd, C. (2022). Technological innovation and building a ‘super smart’ society: Japan’s vision of society 5.0. Journal of Asian Public Policy, 15(1), 18–31. https://doi.org/10.1080/17516234.2020.1749340
Hussain, A., Akbar, M., Shahzad, A., Poulova, P., Akbar, A., & Hassan, R. (2022). E-Commerce and SME Performance: The Moderating Influence of Entrepreneurial Competencies. Administrative Sciences, 12(1). https://doi.org/10.3390/admsci12010013
Insiatiningsih, & Widyayanti, E. R. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Kuliner di D.I.Yogyakarta. In Tim Semnas (Ed.), Seminar Nasional STIE Widya Wiwaha (Vol. 05, pp. 399–419). STIE Widya Wiwaha.
Jaja Raharja, S., & Natari, S. A. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kamawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Jogiyanto, H. M. (1995). Pengenalan komputer : dasar ilmu komputer pemprograman, sistem informasi dan intelegensi buatan (2nd ed.). Andi Offset Yogyakarta.
Kamarul Bahrin, M. A., Fauzi Othman, M., Nor Azli, N. H., & Farihin Talib, M. (2016). Industry 4.0: A Review on Industrial Automation and Robotic. Jurnal Teknologi, 78(6–13), 137–143.
Kedah, Z. (2023). Use of E-Commerce in The World of Business. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 2(1). https://doi.org/10.33050/sabda.v2i1.273
Kemenparekraft.co.id. (2021). Kemenparekraft 1. Kemenparekraft. https://kemenparekraf.go.id/beranda
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Statitsik Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020. In Www.Kemenparekraf.Go.Id.
Lucyanda, J., Fakultas, D. A., & Unisma, E. (2010). Pengujian Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Planned Behavior (Tpb). JRAK Agustus, 2(1995), 1–14.
Manardo, J. (2000). Globalization at Internet speed. Strategy AndLeadhership, 28(3), 22–27.
Masturah, R. (2018). Potensi Ekonomi Kreatif Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran di Kota Banda Aceh (Tim Penyusun, Ed.). Bappeda Kota Banda Aceh.
Miklosik, A., Kuchta, M., Evans, N., & Zak, S. (2019). Towards the Adoption of Machine Learning-Based Analytical Tools in Digital Marketing. IEEE Access, 7. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2924425
Muhammad Sumarno. (2010). Tingkat Adopsi Inovasi Teknologi Pengusaha Sentra Industri Kecil Kerajinan Gerabah Kasongan Kabupaten Bantul. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), pp.1-10.
Muhson, A. (2022). Analisis Statistik Dengan SmartPLS. Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhsyi, A., Fauziyyah, S., Khusna, K., & Mirzania, A. (2021). Model Distribusi Kerajinan Kreatif Jember Menuju Pasar Internasional. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 15(1), 75. https://doi.org/10.19184/bisma.v15i1.25015
Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif2015.pdf (p. 113). Deepublish.
Nurjanah, S. (2013). Analisis Pengembangan Program Bisnis Industri Kreatif Penerapannya Melalui Pendidikan Tinggi. Jma, 18(2), 141–151.
Ortigueira-Sánchez, L. C., Welsh, D. H. B., & Stein, W. C. (2022). Innovation drivers for export performance. Sustainable Technology and Entrepreneurship, 1(2). https://doi.org/10.1016/j.stae.2022.100013
Parrangan, E. R., & Yulianto, E. (2015). Analisis Strategi Perusahaan dalam ekspansi Pasar Luar Negeri. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(2), 10–19.
Poerwanto, P., & Shambodo, Y. (2020). Revolusi Industri 4.0: Googelisasi Industri Pariwisata dan Industri Kreatif. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 59. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i1.16956
Pogorelova, E. V., Yakhneeva, I. V., Agafonova, A. N., & Prokubovskaya, A. O. (2016). Marketing mix for e-commerce. International Journal of Environmental and Science Education, 11(14).
Purnomo, Y. J. (2023). Digital Marketing Strategy to Increase Sales Conversion on E-commerce Platforms. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(2). https://doi.org/10.61100/adman.v1i2.23
Putra, F. I. F. S., Aqmala, D., & Haziroh, A. L. (2022). Model Sustainability Digital Marketing Sebagai Jalan Pintas Umkm Bersaing di Era Society 5.0. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga, 1, 1–18.
Rosário, A., & Raimundo, R. (2021). Consumer marketing strategy and e-commerce in the last decade: A literature review. In Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research (Vol. 16, Issue 7). https://doi.org/10.3390/jtaer16070164
UU UMKM RI (2008).
Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis (1st ed.). UPP STIM YKPN.
Wu, R. S., & Chou, P. H. (2011). Customer segmentation of multiple category data in e-commerce using a soft-clustering approach. Electronic Commerce Research and Applications, 10(3). https://doi.org/10.1016/j.elerap.2010.11.002
Zhu, K., Kraemer, K., & Xu, S. (2003). Electronic business adoption by European firms: A cross-country assessment of the facilitators and inhibitors. European Journal of Information Systems, 12(4). https://doi.org/10.1057/palgrave.ejis.3000475