PENGARUH STRATEGI AFFILIATE MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. RATAKAN MEDIA KREASI
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v5i3.1241Keywords:
Affiliate Marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi affiliate marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen dengan studi kasus pada PT. Ratakan Media Kreasi, sebuah marketplace produk digital di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, strategi affiliate marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Ratakan Media Kreasi. Begitu pula dengan brand image, yang juga memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, strategi affiliate marketing dan brand image secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
References
Benediktová, L., & Nevosad, L. (2008). Affiliate marketing perspective of content providers (Tesis master, Masaryk University, Brno, Czech Republic).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (7 ed.). Semarang, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Isaac, S., & Michael, W. B. (1981). Handbook in research and evaluation: A collection of principles, methods, and strategies useful in the planning, design, and evaluation of studies in education and the behavioral sciences (2nd ed.). San Diego, CA: EdITS Publishers.
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (5th ed.). Harlow, UK: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Boston, MA: Pearson.
Putri, N. A. (2024). Pengaruh social media marketing, user generated content, dan affiliate marketing terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee produk kecantikan. Jurnal Riset Manajemen Digital, 8(1), 1–12.
Sari, A. J., Udayana, I. B. N., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), 85–93.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabet.



